Sistem Pencernaan Pada Manusia

Posted on

Sistem Pencernaan Pada Manusia – Supaya gizi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari dapat diubah, dicerna dan juga diserap dengan baik, maka makanan tersebut harus melewati organ pencernaan terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan? Apa saja organ yang termasuk kedalam sistem pencernaan? Serta apa fungsi dari organ sistem pencernaan manusia?

Nah, untuk mengetahui hal-hal yang ada diatas, yuk kita simak penjabarannya yang ada dibawah ini.

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Definisi Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan manusia adalah salah satu sistem yang ada didalam tubuh manusia untuk membantu dalam proses mencerna makanan guna menghasilkan energi untuk seluruh anggota tubuh manusia.

Makanan yang sudah masuk kedalam mulut, kemudian akan melalui sebuah proses pencernaan yang berfungsi untuk mengubah makanan tersebut menjadi sebuah energi yang akhirnya akan melewati proses pembuangan melalui anus.

Baca Juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia

Proses Pencernaan Makanan Yang Ada Pada Manusia

Berdasarkan dengan prosesnya, sistem pencernaan makanan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut :

1. Proses Mekanis

Proses Mekanis merupakan salah satu proses yang mengubah makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk yang lebih halus atau kecil, proses ini dibantu oleh gerakan alat-alat pencernaan seperti gigi dan juga lambung.

Didalam proses pencernaan mekanis, tidak terjadi perubahan dari susunan molekul bahan makanan yang dicerna dalam tubuh manusia.

2. Proses Kimiawi

Proses Kimiawi merupakan suatu proses pelarutan dan juga pemecahan makanan yang dilakukan oleh enzim-enzim pencernaan dengan cara mengubah makan bermolekul besar menjadi makanan bermolekul yang lebih kecil.

Dengan adanya dua proses pencernaan yang saling berhubungan satu sama lain tersebut, maka akan memperoleh suatu proses pencernaan yang sempurna dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Namun, apabila salah satu dari proses pencernaan tersebut mengalami gangguan, maka akan sangat banyak masalah pencernaan yang menimpa tubuh manusia. Kedua proses diatas merupakan suatu bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Organ Penyusun Sistem Pencernaan Manusia

Terdapat beberapa organ tubuh manusia yang menyusun sistem pencernaan, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Rongga Mulut

Proses sistem pencernaan pada tubuh manusia dimulai dari bagian mulut, sebab makanan dan juga minuman untuk bisa masuk kedalam tubuh manusia harus melalui mulut.

Di dalam rongga mulut terdapat 2 proses pencernaan yaitu proses kimia dan mekanik. Selain itu, terdapat juga organ tambahan yang membantu pencernaan di dalam mulut, yiatu :

  • Lidah, adalah salah satu organ tambahan yang terdiri dari otot-otot volunter dan dapat digerakkan secara sadar untuk membantu proses mengunyah dan juga menelan serta mempunyai papila yang berfungsi sebagai indra pengecapan.
  • Gigi, adalah salah satu organ tambahan yang berfungsi untuk mengunyah, memotong, dan juga mengoyak makanan yang masuk kedalam mulut agar menjadi molekul yang lebih kecil.
  • Kelenjar air liur, adalah salah satu organ tambahan yang berfungsi untuk membantu memudahkan manusia didalam proses menelan makanan dan juga sebagai pelindung rongga mulut.

Baca Juga : Sistem Peredaran Darah Manusia

2. Kerongkongan

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Kerongkongan adalah salah satu organ penyusun sistem pencernaan manusia yang berfungsi sebagai saluran penghubung antara mulut dengan lambung, yang terletak di antara tenggorokan dan juga lambung.

Namun, dapat dikatakan juga bahwa kerongkongan ini berfungsi untuk menyalurkan makanan dari mulut dan menuju ke lambung. Dalam kerongkongan manusia terdapat sebuah gerakan peristaltik.

Peralistik yaitu gerakan yang terjadi ketika otot kerongkongan berkontrasksi sehingga akan mendorong makanan masuk ke dalam lambung.

3. Lambung

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Lambung atau didalam bahasa ilmiah disebut sebagai ventrikulus adalah bagian yang terletak di antara kerongkongan dan juga usus halus bagian kiri dari rongga perut bagian atas.

Bagian ini memiliki ukuran sekitar dua kepalan tangan manusia dan bentuknya mirip sekali dengan kantong yang menggelembung.

Lambung berfungsi untuk menyimpan makanan dan juga cairan yang tertelan dan kemudian mencampur makanan dan cairan pencernaan tersebut.

4. Usus Halus

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Usus halus adalah salah organ pencernaan yang berbentuk seperti sebuah tabung tipis yang panjangnya sekitar 10 meter seperti selang yang digulung, dimana permukaan pada bagian dalamnya dipenuhi dengan tonjolan dan juga lipatan.

Bahan makanan yang berasal dari lambung biasanya berbentuk semi padat atau chyme. Chyme inilah yang nantinya akan dilepaskan secara perlahan melalui otot pylori sphincter.

Terdapat tiga bagian utama yang ada didalam usus halus, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Usus 12 jari (duodenum), yaitu salah satu organ usus halus yang berfungsi didalam proses pencernaan makanan secara kimiawi dengan dibantu oleh getah empedu dan juga getah pankreas.
  • Jejunum, adalah salah satu organ usus halus yang berbatasan langsung dengan usus 12 jari dan ileum. Jejunum berfungsi untuk melakukan 90% penyerapan nutrisi dari makanan yang dicerna dalam tubuh.
  • Ileum, adalah salah satu organ yang berfungsi untuk menyerap nutrisi makanan yang belum terserap dalam proses sebelumnya dan berperan untuk mengatur katup ileosekal supaya tidak terjadi refluks dari usus besar ke usus halus.

5. Usus Besar

Usus besar adalah salah satu organ pencernaan yang terbagi menjadi menjadi tiga bagian utama yaitu usus besar naik, usus besar melintang dan juga usus besar turun. Umumnya, usus besar pada manusia berukuran sekitar 5 sampai 6 meter.

Fungsi utama dari usus besar adalah untuk membuang air dan juga garam yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia dan akan mengeluarkannya dalam bentuk limbah padat.

6. Anus

Anus adalah salah satu organ pencernaan didalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pintu keluar untuk feses yang sudah mengalami pembususkan sehingga dapat dikeluarkan.

Proses pengeluaran dari feses ini disebut sebagai defekasi. Defekasi dapat terjadi apabila ada rangsangan dari lambung dan juga usus halus yang berisi makanan menuju ke usus besar.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Pada Manusia

Apa yang dimaksud dengan Sestem Pencernaan?

Sistem pencernaan manusia adalah salah satu sistem yang ada didalam tubuh manusia untuk membantu dalam proses mencerna makanan guna menghasilkan energi untuk seluruh anggota tubuh manusia.

Apa yang dimaksud dengan gerak Peralistik yang terjadi didalam Kerongkongan?

Peralistik yaitu gerakan yang terjadi ketika otot kerongkongan berkontrasksi sehingga akan mendorong makanan masuk ke dalam lambung.

Apa fungsi utama dari Sistem Pencernaan Manusia?

Fungsi utama dari sistem pencernaan manusia adalah untuk mengubah bahan-bahan makanan untuk menjadi sari-sari makanan sehingga sumber makanan tersebut bisa diserap oleh tubuh dengan mudah. 

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Sistem Pencernaan Pada Manusia, semoga membantu dan juga bermanfaat untuk kita semua.