Sistem Pemerintahan

Posted on

Sistem Pemerintahan – Setiap negara yang ada di dunia, baik itu yang berdaulat ataupun yang tidak, tentunya memiliki sistem pemerintahan yang bertugas untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan negara.

Sistem Pemerintahan

Pemerintah diartikan sebagai sebuah sistem atau sekelompok orang yang memiliki kewenangan guna mengatur komunitas agar tetap terorganisir, baik itu sebuah negara ataupun wilayah yang terdapat di dalam negara itu sendiri.

Di dalam kehidupan bernegara, tentunya terdapat banyak sekali jenis atau bentuk dari Government System yang diterapkan oleh negara-negara yang ada di dunia ini.

Sebelum kita mengetahui bentuk-bentuk dari Sistem Pemerintahan, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari Government System yang dijelaskan dibawah ini.

Definisi Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan atau Government System diartikan sebagai sebuah sistem yang didalamnya tersusun atas beberapa komponen, dimana komponen-komponen tersebut menjadi satu tatanan yang utuh dan berperan penting dalam mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan negara.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, maka Government System didefinisikan dalam arti luas dan juga sempit, yaitu sebagai berikut :

  • Dalam arti luas, Government System merupakan semua kegiatan yang dijalankan oleh suatu negara, yang terdiri dari eksekutif, legislatif dan juga yudikatif do dalam pelaksanaan negara demi mewujudkan kepentingan rakyat. 
  • Dalam arti sempit, Government System merupakan semua kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota dari lembaga eksekutif saja, yaitu presiden dan juga jajarannya.

Government System yang diterapkan di dalam suatu negara tentunya harus dijauhkan dari yang namanya sifat statis. Sebab, sifat tersebut nantinya dapat menyebabkan kerugian bagi pemerintahan itu sendiri, apalagi jika tidak hanya statis, tetapi juga mutlak.

Nantinya hal ini dapat menimbulkan berbagai macam protes yang dilancarkan oleh masyarakat, sebab sistem pemerintahannya akan dinilai dapat membebani kaum minoritas atau alias warga kecil.

Baca Juga :
Negara Serikat
Demokrasi Di Indonesia
Demokrasi Parlementer

Macam – Macam Dari Government System

Government System yang diterapkan antara negara yang satu dengan negara yang lainnya bisa sama bisa juga tidak. Hal ini tentunya karena Government System yang diterapkan di suatu negara harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan juga situasi dari negara yang berkaitan.

Berikut ini merupakan penjelasan dari macam-macam atau bentuk Government System, diantaranya adalah :

1. Sistem Presidensial

Presidensial merupakan salah satu jenis Sistem yang mana didalamnya menganut pemilihan kekuasaan eksekutif melalui pemilu atau pemilihan umum. Dalam sistem ini rakyatlah yang akan memilih siapa yang akan menjadi presidennya.

Kemudian presiden yang terpilih tersebutlah yang nantinya akan melaksanakan tugasnya sebagai seorang kepala negara atau pemimpin sekaligus sebagai kepala pemerintahan.

Presiden juga memiliki kekuatan untuk memilih dan menunjuk pejabat pemerintah. Presiden juga menerima jaminan konstitusional mengenai kewenangannya di bidang legislatif. Indonesia menjadi salah satu negara yang menganut sistem pemerintahan ini.

2. Sistem Parlementer

Parlementer adalah salah satu Government System yang mana di dalam sistem ini, parlemennya memiliki peranan yang cukup penting seperti memilih dan juga mengangkat Perdana menteri.

Begitu juga sebaliknya, bahwa parlemen dapat mencabut jabatan Perdana Menteri dengan memberikan statement bahwa “mosi tidak dapat dipercaya”. 

Pada sistem pemerintahan parlemen ini tentunya dimungkinkan adanya perdana menteri serta presiden. Akan tetapi di dalam sistem ini presiden hanya bertugas sebagai kepala negara saja. Negara-negara yang menganut sistem ini yaitu Belanda, Malaysia, dan juga Jepang.

3. Sistem Semi Presidensial

Semi Presidensial merupakan salah satu Government System yang dihasilkan dari gabungan antara Presidensial dengan Parlementer. Karena presiden dipilih secara langsung oleh rakyat, maka ia memiliki kewenangan yang luas dan juga kuat.

Dalam sistem pemerintahan ini, Presiden akan melaksanakan kekuasaannya atau kewenangannya bersama-sama dengan seorang Perdana Menteri. Perancis adalah salah satu negara yang menganut Government System ini.

4. Sistem Komunis

Dalam sistem komunis, seluruh Government System sepenuhnya dikendalikan oleh partai komunis. Partai komunis ini bersifat anti kapitalis. Artinya, kekuasaan akan bertahan penuh serta tidak mengakui kepemilikan akumulasi modal pada individu.

5. Sistem Demokrasi Liberal

Dalam Demokrasi Liberal kebebasan dari setiap individu sangat ditekankan. Sistem Demokrasi liberal ini juga bisa disebut sebagai demokrasi konstitusional. Artinya, hak-hak yang dimiliki oleh individu sangat dilindungi oleh UU atau konstitusi.

Setiap keputusan yang dibuat oleh pemerintah tidak melanggar kebebasan yang dimiliki oleh individu. Negara-negara yang menganut Government System ini diantaranya adalah Amerika Serikat dan negara Persemakmuran.

6. Sistem Liberal

Liberal yang dimaksudkan disini memiliki arti bebas. Dalam hal ini Kebebasan meliputi segala hal, baik itu persamaan hak-hak maupun berpolitik. Dalam sistem liberal ini, keberadaan pembatasan oleh pemerintah dan agama sangat ditentang.

F.A.Q

Apa itu Sistem Pemerintahan?

Sistem Pemerintahan atau Government System diartikan sebagai sebuah sistem yang didalamnya tersusun atas beberapa komponen, dimana komponen-komponen tersebut menjadi satu tatanan yang utuh dan berperan penting dalam mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan negara.

Indonesia menganut Sistem Pemerintahan apa?

Negara Indonesia saat ini menganut sistem pemerintahan Presidensial dengan pemerintahan yang berbentuk Republik dan juga menggunakan sistem politik Demokrasi.

Tujuan dari Sistem Pemerintahan adalah?

Adanya sistem pemerintahan ini bertujuan agar pemerintah tetap menjaga kestabilan negara.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang ada diatas, semoga bisa menjadi pengetahuan dan wawasan yang baru untuk kita semua.