Sinopsis Adalah

Posted on

Sinopsis Adalah – Tahukah kalian, bahwa keberhasilan sebuah film atau kesuksesan penjualan suatu karya tulis seperti Novel, sangat dipengaruhi oleh menarik atau tidaknya sinopsis dari cerita yang disuguhkan.

Sinopsis Adalah

Sebab, dengan adanya Sinopsis, maka para pembaca dapat menemukan inti dari pembahasan cerita yang disajikan dengan cepat dan sesuai dengan selera bacaanya.

Jika mengingat betapa pentingnya sebuah sinopsis dalam cerita, maka tidak bisa sembarangan dalam pembuatannya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Sinopsis, yuk simak.

Sinopsis Adalah?

Sinopsis merupakan sebuah ringkasan atau garis besar dari suatu naskah cerita yang bertujuan untuk menggambarkan isi dari sebuah film, buku, atau pementasan yang dilakukan, baik itu secara konkrit ataupun secara abstrak.

Secara etimologis, Sinopsis berasal dari sebuah kata, yaitu dari kata Synopical yang berarti ringkas atau singkatan.

Berdasarkan dari asal katanya, Sinopsis adalah ringkasan dari suatu materi yang berupa tulisan panjang, baik itu fiksi dan non-fiksi serta sinopsis umumnya ditulis dalam bentuk sebuah narasi. Synopsis umumnya dipakai untuk mengetahui dan juga memahami teks yang akan dibaca atau dipentaskan.

Dalam ringkasan, keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan lainnya dihapuskan. Namun, isi dan gagasan umum penulis tetap dipertahankan. Saat menulis, ringkasan umumnya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dari halaman 1 hingga 3 atau seperlima dari teks asli.

Fungsi Dari Synopsis

Secara umum, Synopsis biasanya dijadikan sebagai prolog dari sebuah naskah, baik itu dalam naskah pendek maupun naskah panjang. Di bawah ini, fungsi lainnya dari Synopsis adalah :

  • Untuk memberikan informasi atau deskripsi singkat tentang isi cerita.
  • Berikan deskripsi yang jelas dan juga sederhana tentang urutan, kronologi dari cerita yang ada dalam teks.
  • Berfungsi sebagai prolog atau epilog untuk sebuah karya tulis yang akan disajikan atau dipentaskan.
  • Memudahkan para pemain atau aktor untuk berimprovisasi sebagai pedoman desain.

Baca Juga :
Seni Teater
Pengertian Drama
Contoh Cerita Rakyat

Hal-Hal yang Dibutuhkan Dalam Penulisan Sinopsis

Dalam proses penulisan Synopsis, tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu diantaranya adalah :

  1. Tentukan Tema Terlebih Dahulu
    Untuk memudahkan proses pembuatan ringkasan (Synopsis), topik harus ditentukan terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin memilih pertemanan atau friendship. Kemudian ambil referensi dari karya yang memiliki unsur-unsur ini.
  2. Perhatikanlah Alur yang Digunakan
    Perhatikan alur yang digunakan dalam teks. Karena tujuan utama dari Synopsis adalah untuk memberikan pembaca gambaran singkat dan jelas, tentukan tindakan dalam skrip, dan pilih konflik yang paling menarik dalam teks atau buku.
  3. Perhatikanlah Penokohan Dalam Naskah
    Penokohan dalam sinopsis juga harus ditekankan saat membuat sinopsis. Jadi pembaca akan kagum dengan tokoh dalam teks yang terlihat lebih fantastis dan lebih menyentuh. Jangan biarkan gambar naskah rusak karena teknik penokohan yang salah.

Cara Membuat Synopsis

Di bawah ini terdapat beberapa langkah atau tahapan penulisan Synopsis yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  1. Baca seluruh teks atau teks asli terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengetahui konten teks secara umum.
  2. Kumpulkan ide-ide utama atau garis bawahi ide-ide utama utama.
  3. Kembangkan ide paling penting yang ditemukan dalam bentuk ringkasan pendek dan juga jelas.
  4. Gunakan kalimat yang jelas, efektif, dan menarik sehingga mudah dipahami dan urutan sinopsisnya dapat menggambarkan apa yang ingin Anda katakan.
  5. Apabila Anda ingin menulis dialog atau monolog, Anda hanya cukup dengan membuat garis besarnya saja.
  6. Sinopsis tidak boleh menyimpang dari keseluruhan isi cerita.

Contoh Synopsis

Setelah memahami penjabaran yang ada di atas, dibawah ini terdapat contoh dari Synopsis yang akan Rumus.co.id berikan agar kalian lebih memahaminya, yaitu sebagai berikut :

Sinopsis Dari Film Ayat – Ayat Cinta

Data Diri Film :

Judul : Ayat – Ayat Cinta
ISBN : 979-3604-02-6
Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Diterbitkan : Desember 2004
Jumlah Halaman : 419 halaman

Sinopsis Singkat 1 :

Film dari Ayat-Ayat Cinta ini pertama kali diangkat dari sebuah novel karangan Habiburrahman El Shirazy.

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda Indonesia bernama Fahri. Fahri berasal dari keluarga yang sangat sederhana, kini ia tengah melanjutkan studi S2nya di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Film dari AAC ini dimainkan oleh empat tokoh utama, yaitu Fedi Nuril berperan sebagai Fahri, Rianti Cartwright berperan sebagai Aisha, Carissa Puteri sebagai Maria serta Zaskia Adya berperan sebagai Noura.

Sosok Fahri di dalam film ini digambarkan sebagai pemuda yang sangat aktif di dalam kegiatan organisasi islam serta memiliki iman yang cukup kuat. Selain kerajinannya, Fahri juga sedang menghadapi masalah dalam jodoh.

Sebab, orang tua Fahri memintanya untuk segera menikah, namun Fahri sendiri masih bingung dengan persepsi jodoh. Walaupun, banyak diantara teman-teman wanita Fahri yang menyatakan cintanya melalui surat terhadap dirinya.

Akan tetapi, Fahri masih belum menjumpai alternatif yang Allah berikan untuk dirinya. Fahri tinggal di Asrama lantai satu di Mesir bersama dengan tiga teman laki-lakinya.

Fahri memiliki seorang tetangga sekaligus sahabatnya yang tinggal di lantai tiga, yaitu seorang gadis Mesir yang bernama Maria.

Sinopsis Singkat 2

Maria dalam film ini diceritakan sebagai wanita yang sangat cantik dan pintar di dalam bidang komputer. Ia sudah banyak membantu Fahri dalam bidang komputer, karena ia masih belum memahaminya.

Maria juga sering memberikan makanan serta ashir mangga kegemaran Fahri. Tak disangka Maria ternyata jatuh hati dengan Fahri, namun ia tak berani untuk mengungkapkan perasaannya kepada Fahri.

Kemudian muncul Nurul yaitu teman Fahri di kampus yang tak lain ia juga jatuh hati kepada Fahri, Nurul pun meminta pamannya guna melamar Fahri untuk dirinya.

Sampai pada suatu hari, Fahri bertemu dengan seorang gadis bercadar yang bernama Aisha. Mereka bertemu dalam sebuah kereta saat perjalanan pulang setelah melaksanakan Talaqqi bersama Syaikh Utsman Abdul Fattah.

Sejak peristiwa Fahri membela Agama Islam dari tuduhan kolot dan juga kaku di Metro, Aisha mulai jatuh hati dengan Fahri dan begitu juga dengan Fahri. Akhirnya mereka menikah, memang sebelumnya mereka sudah dijodohkan.

Beberapa bulan setelah menikah, akhirnya Aisha dinyatakan sedang hamil, mendengar kabar tersebut mereka sangat bahagia. Namun disisi lain, Maria sahabat Fahri sedang koma di rumah sakit. Konflik yang dialami Fahri datang bertubi-tubi.

F.A.Q

Apa itu Sinopsis?

Sinopsis merupakan sebuah ringkasan atau garis besar dari suatu naskah cerita yang bertujuan untuk menggambarkan isi dari sebuah film, buku, atau pementasan yang dilakukan, baik itu secara konkrit ataupun secara abstrak.

Ciri utama dari Sinopsis adalah?

Ciri utama dari Sinopsis yaitu memiliki Alur cerita yang sama dengan alur cerita aslinya, namun kronologis dari tersebut cerita disusun secara singkat.

Secara etimologis, Sinopsis berarti?

Secara etimologis, Sinopsis berasal dari sebuah kata, yaitu dari kata Synopical yang berarti ringkas atau singkatan.

Demikianlah penjabaran dari ulasan kali ini tentang Sinopsis beserta hal-hal di dalamnya, semoga membantu. Terimakasih.