Simbiosis Mutualisme Beserta Contoh, Pengertian, dan Gambar

Posted on

Simbiosis Mutualisme – Simbiosis berasal dari bahasa Yunani συμβίωσις yang artinya hidup bersama, berasal dari kata σύν “bersama” dan βίωσις “hidup” yaitu semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat antara dua organisme biologis yang berbeda-beda, baik itu mutualisme, komensalisme, atau parasitisme.

Simbiosis mutualisme
Simbiosis mutualisme

Organisme yang terlibat , masing-masing disebut dengan simbion, bisa berasal dari spesies yang sama ataupun berbeda. Tahun 1879, Heinrich Anton de Bary mendefinisikan “organisme beda yang hidup bersama”.

Simbiosis mampu menjadi sesuatu yang obligat, yang memiliki arti satu atau kedua simbion sepenuhnya bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup, atau fakultatif saat mereka umumnya bisa hidup mandiri.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis yaitu semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat antara dua organisme biologis yang berbeda

Mutualisme yaitu suatu interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan pada kedua belah pihak.

Pengertian Simbiosis Mutualisme yaitu interaksi yang erat serta khusus antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis tetapi saling menguntungkan bagi kedua pihak

Macam-Macam Bentuk Simbiosis

Perlu diketahui yaitu terdapat bentuk-bentuk simbiosis, berikut adalah jenisnya

  1. Simbiosis Komensalisme
  2. Simbiosis Kompetisi
  3. Simbiosis Mutualisme
  4. Simbiosis Amensalisme
  5. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis diklasifikasikan berdasarkan keterikatan fisik Simbiosis yang organismenya mempunyai persatuan tubuh disebut dengan simbiosis konjungtif, dan simbiosis di mana mereka tak bersatu disebut simbiosis disjungtif Ketika satu organisme hidup di organisme lain seperti mistletoe, disebut dengan ektosimbiosis, saat satu partner hidup di dalam jaringan organisme lain, seperti Symbiodinium pada koral maka disebut dengan endosimbiosis.

Contoh Simbiosis

Contoh Simbiosis Mutualisme

Mutualisme merupakan hubungan sesama makhluk hidup yang sama sama diuntungkan.

simbiosis mutualisme
simbiosis mutualisme

Di bawah ini adalah contoh simbiosis mutualisme dari berbagai ekosistem daratan dan lautan beserta proses interaksinya

Bunga dengan kupu-kupu

Bunga dengan kupu-kupu
Bunga dengan kupu-kupu

Interaksi antara bunga dan kupu-kupu menjadi contoh simbiosis mutualisme yang umum dikenal. Kupu-kupu menghisap madu dan nektar pada sari kelopak bunga untuk dijadikan makanan. Proses itu juga membantu penyerbukan dari bunga.

Keuntungan akan didapatkan oleh kupu-kupu yang mendapat makanan yaitu berupa madu dan nektar. Sementara bunga juga mendapatkan keuntungan sebab proses penyerbukannya dibantu kupu-kupu.

Bunga dengan lebah

Bunga dengan lebah
Bunga dengan lebah

Sama seperti halnya interaksi bunga dan kupu-kupu, contoh simbiosis mutualisme yang lain yaitu hubungan antara bunga dan lebah. Lebah menghisap madu dan nektar dari kelopak bunga dan membantu proses penyerbukan bunga

Keuntungan didapatkan oleh lebah yang mendapat makanan yaitu berupa madu dan nektar. Sementara bunga juga memiliki keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu lebah.

Bunga dengan kumbang

Bunga dengan kumbang
Bunga dengan kumbang

Contoh simbiosis mutualisme yang berupa penyerbukan bunga berikutya, yakni interaksi bunga dan kumbang. Contoh ini sama prosesnya dengan hubungan bunga dan lebah juga bunga dan kupu-kupu. Kumbang mendapat nektar dan membantu proses penyerbukan dari bunga.

Keuntungan didapatkan kumbang yang mendapat makanan yaitu berupa madu dan nektar. dan bunga mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu kumbang.

Lalat dengan bunga raflesia

Lalat dengan bunga raflesia
Lalat dengan bunga raflesia

Lalat dan bunga raflesia adalah contoh simbiosis mutualisme antara hewan dan tumbuhan. Bunga raflesia dikenal bunga dengan bau yang tidak sedap serta dijuluki bunga bangkai. Hal ini dimanfaatkan lalat hinggap di bunga raflesia untuk mencari makanan.

Keuntungan didapatkan lalat yang mendapat makanan secara gratis. dan bunga raflesia mendapat keuntungan sebab dibantu proses penyerbukannya oleh lalat.

Zebra dengan wildebeest

Zebra dengan wildebeest
Zebra dengan wildebeest

Di savana Afrika, terdapat kawanan hewan yang tinggal termasuk zebra dan wildebeest. Kedua spesies sangat akrab satu sama lain. Kedua kawanan ini juga kerap bermigrasi bersama. Dalam memakan, keduanya sering melakukan pembagian dimana zebra memakan rumput panjang dan wildebeest akanmemakan rumput pendek.

Dalam hubungannya dengan pemangsa, keduanya juga adalah menguntungkan satu sama lain. Wildebeest mempunyai insting lebih peka, sementara zebra mempunyai penglihatan lebih tajam. Jika ada pemangsa, keduanya akan memperingatkan satu sama lain.

Burung jalak dengan kerbau

Burung jalak dengan kerbau
Burung jalak dengan kerbau

Hubungan jalak dan kerbau juga menjadi salah satyu contoh simbiosis mutualisme lainnya. Burung jalak hinggap di punggung kerbau untuk mencari kutunya di kulitnya. Kerbau akan merasa terbantu dengan adanya burung jalak yang memakan kutu di kulitnya itu

Keuntungan didapatkan oleh burung jalak yang mendapat makanan berupa kutu. Sementara kerbau mendapat keuntungan karena rasa gatal yang diakibatkan kutu menjadi berkurang.

Burung bangau dengan kuda nil

Burung bangau dengan kuda nil
Burung bangau dengan kuda nil

Interaksi burung burung bangau dan kuda nil juga adalah contoh simbiosis mutualisme. Burung bangau memakani kutu-kutu dan parasit yang terdaapat di punggung kuda nil. Kuda nil tentu diuntungkan dengan adanya burung bangau tersebut.

Keuntungan didapatkan burung bangau yang mendapatkan makanan. dan kuda nil juga mendapatkan keuntungan karena tubuhnya menjadi bersih dan terbebas dari kutu.

Buaya dengan burung plover

Buaya dengan burung plover
Buaya dengan burung plover

Contoh simbiosis mutualisme selanjjutnya yaitu interaksi buaya dan burung plover. Burung plover mempunyai kebiasaan memakan kotoran juga sisa-sisa makanan yang ada pada mulut dan gigi buaya. Buaya tentu juga mendapatka keuntungan dari kebiasaan itu

Keuntungan didapatkan burung plover yang mendapat makanan secara gratis. Sementara buaya mendapat keuntungan sebab menjadi terbebas dari penyakit mulut karena kotorannya dibersihkan.

Demikianlah pembahasa mengenai simbiosis mutualisme, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :