Siklus Nitrogen

Posted on
Siklus Nitrogen

Siklus Nitrogen – Selain oksigen dan juga unsur kimia yang lainnya, Nitrogen juga termasuk unsur kimia yang memiliki peran penting bagi hidup makhluk. Sebab, kandungan Nitrogen ini sudah dipastikan ada disetiap tubuh makhluk hidup.

Nitrogen juga merupakan komponen penting yang terdapat didalam DNA, RNA, dan juga protein. Semua organisme tentunya membutuhkan Nitrogen ini untuk hidup dan juga tumbuh.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Nitrogen, yuk kita simak penjelasan dibawah ini tentang Siklus Nitrogen beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Definisi Siklus Nitrogen

Siklus Nitrogen adalah sebuah proses perubahan dari suatu senyawa yang didalamnya mengandung unsur Nitrogen yang selanjutnya berubah menjadi berbagai macam bentuk kimiawi lain.

Perubahan tersebut dapat terjadi dengan cara yang biologis maupun non-biologis. Nitrogen Cycle ini sangat dibutuhkan didalam sistem ekologi, sebab jumlah persediaan dari nitrogen akan sangat berpengaruh bagi ekosistem, termasuk didalam produksi primer dan juga dekomposisi.

Selain itu, Nitrogen Cycle dapat terganguu akibat adanya aktivitas yang dilakukan manusia, seperti membakar bahan bakar fosil, adanya penggunaan pupuk nitrogen buatan dan juga pelepasan sebuah nitrogen ke dalam air limbah.

Baca Juga : Lumut Hati – Pengertian, Akar, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Gambar

Bentuk – Bentuk Nitrogen yang Ada Di Alam

Terdapat beberapa bentuk Nitrogen yang berada di alam, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Amonia

Sumber amonia yang terdapat didalam perairan umumnya diperoleh dari pemecahan nitrogen organik (protein dan urea) dan juga nitrogen anorganik yang terdapat didalam air dan juga tanah, yang berasal dari dekomposisi bahan organic oleh mikroba dan juga jamur (amonifikasi).

2. Nitrit

Sumber Nitrit ini bisa berupa sebuah limbah industri dan limbah domestik. Kadar Nitrit yang terdapat didalam wilayah perairan bersifat relatif sebab, akan segera dioksidasi menjadi sebuah Nitrat.

Nitrit merupakan sebuah bentuk peralihan yang berasal dari beberapa sumber seperti antara amonia dan nitrat (nitrifikasi), serta antara nitrat dan gas nitrogen (denitrifikasi) yang sudah terbentuk kedalam kondisi anaerob.

3. Nitrat

Nitrat merupakan sumber utama dari sebuah Nitrogen yang berada di perairan, sebab sebuah Amonium lebih disukai oleh tumbuhan. Kadar Nitrat yang terdapat didalam perairan yang tidak tercemar cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kadar Amoniumnya.

Selain itu, Nitrat adalah bentuk dari Nitrogen yang berfungsi sebagai sumber nutrien utama bagi pertumbuhan sebuah tanaman dan alga. Nitrat Nitrogen ini memiliki sifat yang mudah larut dan stabil didalam air.

Baca Juga : Perbedaan DNA Dan RNA

Proses Siklus Nitrogen

Siklus Nitrogen

Perlu kalian ketahui bahwa, Nitrogen Cycle ini yang nantinya akan mengubah sebuah Nitrogen dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Sebagian besar proses dari perubahan ini dilakukan oleh sebuah Mikroorganisme.

Dibawah ini terdapat beberapa proses dari Nitrogen Cycle yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Fiksasi, adalah langkah pertama yang terjadi didalam proses pembuatan Nitrogen yang nantinya akan digunakan oleh tanaman. Selanjutnya bakteri tersebut yang akan mengubah Nitrogen menjadi sebuah Ammonium.
  • Nitrifikasi, adalah proses selanjutnya, dimana amonium akan diubah menjadi sebuah Nitrat oleh bakteri. Nah, Nitrat adalah sebuah unsur yang sangat mudah untuk diserap oleh tanaman.
  • Asimilasi, adalah sebuah proses bagaimana tanaman tersebut akan mendapatkan Nitrogen kedalam tubuhnya.
  • Ammonifikasi, adalah salah satu bagian dari proses pembusukan, yaitu ketika tanaman atau hewan tersebut mati, maka pengurai seperti jamur dan bakteri akan mengubah Nitrogen untuk kembali menjadi Amonium, sehingga Nitrogen tersebut dapat memasuki sebuah Nitrogen Cycle.
  • Denitrifikasi, adalah sebuah proses yang nantinya akan mengembalikan nitrogen ekstra yang terdapat didalam tanah ke udara. Namun, terdapat bakteri khusus yang melakukan tugas ini juga.

Fakta Mengenai Nitrogen

Secara umum, terdapat beberapa data dan juga fakta tentang Nitrogen yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya :

  • Terdapat sekitar 78% dari atmosfer terdiri dari sebuah nitrogen. Namun, terdapat sebagian besar makhluk hidup yang ada di bumi ini tidak dapat menggunakannya secara langsung.
  • Sebuah Nitrogen yang dipakai untuk pembuatan pupuk, memiliki tujuan untuk membuat tanaman anda agar lebih cepat tumbuh.
  • Nitrous Oxide merupakan sebuah gas rumah kaca yang apabila gas tersebut terlalu banyak berada di atmosfer maka akan menyebabkan hujan asam.
  • Sebuah Nitrogen tidak memiliki warna, tidak berbau, dan juga tidak berasa.
  • Nitrogen ini juga dapat dipakai sebagai bahan peledak.
  • Bahkan sekitar 3% dari berat badan manusia adalah sebuah nitrogen.

Baca Juga : Bunga Sempurna – Pengertian, Bagian-bagian, Dan Contoh

Apa itu Siklus Nitrogen?

Siklus Nitrogen adalah sebuah proses perubahan dari suatu senyawa yang didalamnya mengandung unsur Nitrogen yang selanjutnya berubah menjadi berbagai macam bentuk kimiawi lain.

Bagaimana proses sebuah tanaman akan mendapatkan asupan Nitrogen?

Yaitu dengan cara menyerap nitrat dari tanah ke akar tubuh mereka. Kemudian nitrogen tersebut akan digunakan didalam asam amino, asam nukleat, dan juga klorofil.

Mengapa nitrogen sangat penting bagi kehidupan dari makhluk hidup?

Sebab, semua makhluk tidak hidup bisa hidup tanpa adanya nitrogen. Karena, hal ini merupakan bagian penting dari banyaknya sel dan juga proses yang terjadi, seperti asam amino, protein, dan bahkan DNA kita. Nitrogen juga diperlukan oleh tumbuhan untuk membuat klorofil pada tanaman, yang digunakan didalam proses fotosintesis untuk membuat makanan dan juga energi mereka sendiri.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi kita semua.