Sifat – Sifat Gelombang dan Contoh Soal Gelombang

Posted on

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas tentang gelombang berjalan kali ini kita akan membahas materi tentang sifat yang dimiliki gelombang, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari mulai definisi, macam – macam,  sifat – sifat, rumus beserta contoh soal gelombang  dan pembahasannya lengkap.

Pengertian Gelombang

Gelombang yaitu sebuah getaran yang merambat. Gelombang juga dapat berpindah ketempat satu ketempat lainnya dengan menggunakan menggunakan media tertentu. Gelombang juga dapat bergerak tanpa menggunakan media seperti pada ruang yang hampa.

Gelombang
Gelombang

Ketika merabat, sebuah gelombang tersebut memindahkan energi dari satu tempat ketempat lainnya tanpa memindahkan medium yang dilaluinya tersebut.

Pengertian Muka Gelombang

Muka Gelombang yaitu sebuah garis atau permukaan pada suatu lintasan gelombang yang sedang merambat, dimana semua partikelnya pada garis atau permukaan tersebut memiliki fase gelombang yang sama. Ada dua macam muka gelombang, yaitu muka gelombang lurus, dan muka gelombang lingkaran. Dalam medium homogen, gelombang akan merambat pada garis lurus, searah berkas, gelombang seperti ini disebut gelombang bidang.

Sifat – Sifat Gelombang

Gelombang memiliki beberapa sifat – sifat tertentu, yaitu sebagai berikut :

1. Dispersi Gelombang :

Dispersi Gelombang merupakan perubahan bentuk sebuah gelombang ketika gelombang merambat melalui suatu medium. Suatu medium dimana laju gelombang tidak bergantung pada panjang gelombang atau frekuensinya dapat disebut medium nondispersif.

2. Pemantulan Gelombang :

Pemantulan Gelombang yaitu ketika sebuah gelombang menabrak sebuah penghalang atau sampai di ujung (batas) maka akan mengakibatkan suatu medium yang dirambatinya, sebagian gelombang tersebut dipantulkan. Sudut Pantul merupakan sudut yang dibentuk oleh sinar (berkas) pantul terhadap garis yang tegak lurus pada permukaan pantulannya.

3. Pembiasan Gelombang :

Pembiasan Gelombang yaitu Jika gelombang datang pada suatu permukaan batas yang memisahkan dua daerah dengan laju gelombang berbeda, sebagian gelombang juga akan dipantulkan dan sebagian yang lain akan ditransmisikan (diteruskan). Pembelokan berkas gelombang yang diteruskan disebut Pembiasan (refraksi).

4. Difraksi Gelombang :

Difraksi Gelombang adalah suatu pembelokan atau penyebaran gelombang karena melewati suatu celah kecil atau ujung sebuah penghalan. Ketika lebar celah lebih besar dibanding panjang gelombang dari berkas – berkas gelombangnya, maka efek difraksinya kecil. Ketika celah lebih sempit, maka efek difraksinya menjadi lebih jelas. Efek difraksi terbesar yaitu pada saat lebar celah sama dengan panjang gelombang berkas.

5. Interferensi Gelombang :

Interferensi Gelombang adalah Ketika dua gelombang koheren (memiliki frekuensi dan selisih fase tetap) bertemu, maka akan terjadi interferensi gelombang. Jika dua sumber koheren S1 dan S2 menghasilkan dua muka gelombang lingkaran, kedua muka gelombang itu akan bertemu dan membentuk pola interferensi pada permukaan air.

6. Polarisasi Gelombang

Polarisasi Gelombang dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • Polarisasi Vertikal :

Adalah sebuah gelombang pertama yang anda peroleh dengan cara menggerakkan tali ke arah atas dan ke arah bawah.

  • Polarisasi Horizontal :

Adalah sebuah gelombang kedua yang anda peroleh dengan cara menggerakkan tali ke arah samping.

7. Efek Doppler

Efek Doppler adalah ketika gelombang dan penerima bergerak saling mendekati, frekuensi yang terdeteksi lebih besar daripada frekuensi sumber. Jika suatu sumber gelombang dan penerima bergerak relatif satu sama lain, frekuensi yang terdeteksi oleh penerima tidak sama dengan frekuensi sumbernya.

Contoh Soal Tentang Gelombang

1. Ada sebuah gelombang yang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, tentukan panjang gelombangnya!

Penyelesaian :

Diketahui :

  • ν = 340 m/s
  • f = 50 Hz

Ditanya : λ = …..?

  • λ = ν / f
  • λ = 340 / 50
  • λ = 6,8 meter

Jadi, hasilnya adalah = 6,8 meter

Inilah pembahasan lengkap tentang sifat – sifat yang dimiliki gelombang beserta materi, contoh soal dan pembahasannya, semoga bermanfaat…

Baca Juga : 

Gelombang Stasioner
Cepat Rambat Gelombang