Seni Rupa Terapan

Posted on

Seni Rupa Terapan – Dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kehidupan masyarakat senantiasa hidup berdampingan dengan apa yang berhubungan dengan seni, khususnya dengan seni rupa.

Seni Rupa Terapan

Berdasarkan fungsinya bagi kehidupan masyarakat, seni rupa dibedakan menjadi dua jenis, dan salah satunya yang akan kita bahas secara rinci pada kesempatan kali ini, yaitu Seni Rupa Terapan.

Apa itu Seni Rupa Terapan?

Seni Rupa Terapan sering diartikan sebagai salah satu cabang seni yang menghasilkan segala sesuatu yang mengandung unsur fungsi yaitu estetika dan praktis.

Cabang seni ini umumnya mampu menghasilkan suatu karya seni yang mengandung unsur keindahan dengan kualitas serta ekspresi yang dapat dilihat oleh indra penglihatan serta dapat dirasakan oleh indra peraba dalam tubuh manusia.

Akan tetapi pada pemanfaatan dari Applied Fine Arts ini lebih memfokuskan terhadap fungsi kegunaannya atau praktis dibandingkan fungsi keindahan atau estetika dari karya seni itu sendiri.

Jenis – Jenis Applied Fine Arts

Secara umum, jenis-jenis dari seni rupa terapan dikelompokkan atau digolongkan berdasarkan dengan fungsinya, masanya beserta dengan wujudnya. Berikut ini merupakan penjabaran dari beberapa jenis Applied Fine Arts, yaitu :

1. Applied Fine Arts Berdasarkan Wujudnya

  • Dwimatra, merupakan salah satu jenis karya seni yang hanya mempunyai unsur panjang serta lebar saja. Sehingga, karya seni ini hanya bisa dilihat dari satu arah saja. Sebagai contoh misalnya wayang kulit dan kain tenun.
  • Trimatra, merupakan salah satu jenis karya seni yang mempunyai unsur panjang, lebar dan tinggi atau disebut sebagai ruang. Sebagai contoh misalnya rumah yang kita tempati dan senjata tradisional.

2. Applied Fine Arts Berdasarkan Fungsinya

  1. Kegunaan (Praktis), merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang memiliki fungsi praktis atau kegunaan seperti segala sesuatu yang kita gunakan dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh misalnya meja, kursi, lemari pakaian serta perabot rumah tangga yang lainnya.
  2. Keindahan (Estetika), merupakan salah satu jenis karya seni rupa yang memiliki fungsi estetika atau keindahan. Sebagai contoh misalnya fas bunga, hiasan dinding dan masih banyak lagi.

Bantuk – Bentuk Seni Rupa Terapan

Berikut ini merupakan beberapa bentuk atau macam dari Applied Fine Arts yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  1. Seni Arsitektur (Bangunan), adalah salah satu karya seni di mana para seniman menciptakan rancangan desain seni ini untuk pembangunan sebuah gedung atau bangunan lainnya.
  2. Illustration Art, adalah suatu jenis karya seni yang mana bentuknya hanya berupa sebuah gambar ataupun sebuah foto. Umumnya memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi.
  3. Graphic Art, adalah salah satu jenis karya seni yang mana hanya menggunakan media kertas dalam penciptaannya serta melewati proses percetakan untuk menyajikan hasil dari karya seninya.
  4. Seni Kriya, merupakan salah satu jenis karya seni yang mana proses pembuatannya hanya mengandalkan keterampilan ataupun skill tangan (hand skill) serta kreativitas agar menghasilkan karya seni yang tetap memperlihatkan unsur fungsionalnya. 

Baca Juga :
Jenis – Jenis Seni Rupa
Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa
Seni Musik Adalah
Seni Rupa Murni

Contoh Dari Applied Fine Arts

Seni Rupa Terapan

Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Applied Fine Arts dalam menunjang kehidupan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut :

1. Pakaian

Saat ini, pakaian sudah tidak lagi hanya berfungsi sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sandang saja.

Sebab, saat ini terdapat banyak sekali model pakaian yang diciptakan oleh para desainer, mulai dari bentuk hingga gambar yang menghiasi pakaian tersebut sehingga dapat mempercantik para pemakainya.

2. Arsitektur Bangunan

Bangunan-bangunan megah yang anda lihat serta anda tempati saat ini, juga termasuk kedalam contoh karya seni rupa terapan. Arsitektur yang menghiasi bangunan merupakan salah satu karya seni yang mengandung unsur keindahan yang sangat mudah untuk diihat oleh indra penglihatan.

3. Alat-alat Rumah Tangga

Perabotan atau alat-alat rumah tangga juga dapat disebut sebagai hasil dari karya Applied Fine Arts. Sebagai contoh dari perabotan rumah tangga yang juga disebut sebagai hasil karya seni yaitu seperti tempat tidur ukir, meja serta kursi. 

4. Anyaman

Anyaman sebenarnya merupakan salah satu jenis seni dari hasil karya seni kriya. Seni anyaman umumnya berasal dari seni yang menggunakan teknik menganyam serat alami yang berasal dari tumbuhan, namun saat ini sudah menggunakan bahan dari serat sintetis.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Seni Rupa Terapan?

Seni Rupa Terapan sering diartikan sebagai salah satu cabang seni yang menghasilkan segala sesuatu yang mengandung unsur fungsi yaitu estetika dan praktis.

Fungsi secara umum Seni Rupa Terapan yaitu?

Secara umum Seni Rupa Terapan mengandung dua unsur fungsi yaitu estetika dan juga praktis.

Fungsi sosial dari Seni Rupa Terapan yaitu?

1. Sebagai media hiburan.
2. Untuk sarana komunikasi.
3. Sebagai sarana edukasi dan juga rekreasi.

Demikianlah pembahasan dari ulasan yang Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca.