Seni Rupa Murni

Posted on

Seni Rupa Murni – Seni merupakan Suatu keahlian dalam membuat sebuah Karya yang dilihat dari segi Keindahan, Kehalusan, Bentuk, Fungsi dan bermutu.

Dalam pembentukannya Seni memiliki cabang yang beranekaragam, yaitu diantaranya adalah Seni Rupa Murni. Apa yang dimaksud dengan Seni Rupa Murni?

Seni Rupa Murni

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang Seni Rupa Murni beserta dengan Struktur-struktur yang terkait didalam pembentukannya.

Pengertian

Seni Rupa Murni adalah Suatu bentuk Karya Seni yang hanya menikmati dari keindahannya saja. Karena itu Karya Seni yang diciptakan hanya berfokus pada Nilai Keindahan (Estetis), dan tidak memperdulikan Nilai Fungsi pada pengunaannya.

Seni Rupa Murni ini sudah ada pada zaman Pra Sejarah, yang dalam pembuatannya menggunakan Getah Pohon dengan menempelkannya pada sebuah Batu atau benda-benda yang memiliki permukaan datar lainnya.

Ciri-Ciri

Dalam pembentukan Karya Seni dalam metode ini, terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari Seni Rupa lain-lainnya, yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki Nilai Keindahan (Estetika) yang tinggi
  • Tidak memiliki fungsi sebagai Alat dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggambarkan suatu Ekspresi dari Pembuat

Unsur-Unsur

Dalam pembentukan suatu Karya Seni dengan metode ini, terdapat unsur-unsur yang menjadi bagian dalam pembuatannya, yaitu sebagai berikut :

1. Garis

Seni Rupa Murni

Garis merupakan Suatu goresan yang terbentuk, dengan cara menarik dari suatu titik ke titik lainnya menggunakan sebuah Alat Tulis. Garis memiliki macam-macam bentuknya, yaitu Garis Lurus, Garis Melengkung, Garis Putus-putus, Garis Beraturan, dan Lain-lainnya.

2. Bidang

Seni Rupa Murni

Bidang merupakan Suatu bentuk benda dengan memiliki permukaan yang datar. Bidang ini terbentuk karena suatu Goresan Garis yang pada ujungnya bertemu kembali dengan Pangkal Utama dari Garis tersebut. Bidang memiliki bermacam-macam bentuknya, yaitu Bidang Geometrik (Segitiga, Persegi, Persegi Panjang, dan Lain-lain) dan Bidang Organik (Melengkung Bebas).

3. Warna

Seni Rupa Murni

Warna merupakan Spektrum tertentu yang terbentuk dalam Cahaya Sempurna (Berwarna Putih). Identitas dari suatu Warna dapat ditentukan pada Gelombang Cahaya Sempurna tersebut. Pada dasarnya Warna utama itu hanya ada 3 macam, yaitu Pink (Magenta), Kuning (Yellow), dan Biru Muda (Cyan), dan dari campuran ketiga Warna itulah dapat tercipta Warna-warna lainnya.

4. Tekstur

 

Seni Rupa Murni

Tekstur merupakan permukaan yang terdapat pada sebuah benda, permukaan ini memiliki berbagai macam bentuk sifatnya, yaitu ada yang permukaannya Halus, Kasar, Bergelombang, Runcing, dan Lain-lainnya. Permukaan yang Halus biasanya terdapat pada sebuah Kaca, dan Permukaan yang kasar biasanya terdapat pada sebuah Batu.

5. Nada Gelap Dan Terang

Seni Rupa Murni

Pada sebuah bentuk Karya Seni Rupa Murni 3D memiliki Sisi Terang pada suatu bagian, dan pada bagian lainnya memiliki Sisi Gelap. Karena pada penciptaan suatu Karya Seni Rupa Murni 3D yang baik, harus mampu menempatkan Nada Gelap dan Nada Terang pada bentuknya.

6. Ruang

Seni Rupa Murni

Ruang terbentuk dari dua atau beberapa Ruang yang berjarak pada Seni Rupa Murni 3D. Ruang ini juga bisa berupa Rongga yang terdapat dalam Seni 3D. Ruang yang berada pada Alam Kehidupan disebut sebagai Ruang Nyata, dan Ruang yang berada pada Gambar disebut sebagai Ruang Khayalan (Imajinasi).

Dasar Pembuatan

Pada pembuatan Seni Rupa Murni terdapat beberapa dasar (Asas-Asas) yang menyangkut berupa Komposisi dan Proporsi, dan berlaku terhadap semua jenis-jenisnya. Berikut adalah penjelasannya :

1. Komposisi

Komposisi adalah Tata Susunan pembentukan pada suatu benda, yang menyangkut Keseimbangan, Irama, Kesatuan, dan Keselarasan, dalam suatu Karya Seni Rupa Murni.

A. Keseimbangan (Balance) : Sebuah kesan yang dapat memberikan Rasa Mapan, yaitu Tidak berat pada salah satu sisi saja. Sehingga tidak terjadi timpang tindih dalam penempatan pada Unsur-unsur Rupa, yaitu Bentuk, Garis, Warna, dan Lain-lainnya.

B. Kesatuan (Unity) Suatu hubungan yang terkait antara Unsur-unsur Rupa dan mengarah pada pusat perhatian. Unsur-unsur yang terdapat pada sebuah Gambar yang baik, akan bersatu padu, tidak terkesan berantakan.

C. Irama (Rhytm) : Suatu penguraian pada kesan gerak yang ditimbulkan oleh Unsur-unsur yang dipadukan secara berdampingan dengan keseluruhannya. Irama dalam Seni Rupa Murni di ibaratkan sebagai Alunan lagu atau Musik, yang diatur dengan demikian rupa sehingga terbentuk suatu Keindahan, sedangkan Irama dalam sebuah Lukisan dapat diwujudkan sebagai pengaturan Warna dan Bidang.

D. Keselarasan (Harmony) Sebuah kesan yang sesuai antara suatu Unsur dengan Unsur-unsur lainnya, dalam suatu Kesatuan pada Penyusunannya. Contohnya pada gambar Buah Apel yang ukuran bentuknya lebih besar daripada Buah Pepaya.

2. Proporsi

Proporsi adalah Sebuah kesan perbandingan yang ideal (Sesuai, Seimbang, dan Benar), antara suatu Unsur dengan Unsur-unsur lainnya yang terbentuk dalam satu kesatuan Unsur Rupa. Karena apabila peng­gambaran pada bentuk Objek yang tidak proporsi, maka akan terlihat aneh. Contoh gambar pada Tangan Manusia yang ukurannya lebih panjang dari ukuran Kakinya.

Contoh Karya Seni

Seni Rupa Murni dapat diciptakan melalui Gagasan, Ekspresi, dan Kreativitas dari Pembuatnya, berikut ini terdapat beberapa contoh-contoh Karya Seninya :

1. Kerajinan Keramik

 

Seni Rupa Murni

Kerajinan Keramik adalah Suatu karya Seni Rupa Murni 3 Dimensi, yang terbuat dari bahan Tanah Liat yang dibentuk dan kemudian akan dibakar, sehingga mengalami suatu perubahan pada sifat Tanah tersebut. Kerajinan Keramik ini berfungi sebagai Hiasan pada Rumah, Toko, Perusahaan, atau juga bisa dijadikan sebagai bisnis jual beli.

2. Patung

Seni Rupa Murni

Patung adalah Suatu karya Seni Rupa Murni 3 Dimensi, yang terbuat dengan menggunkan Teknik Cetak, Pahat, atau Butsir, dan Bahan yang digunakan adalah Batu, Logam, Keramik, Tanah Liat dan Kayu. Patung berfungsi sebagai Hiasan atau Lambang dari suatu Daerah.

3. Lukisan

Seni Rupa Murni

Lukisan adalah Suatu karya Seni Rupa Murni 2 Dimensi atau 3 Dimensi, yang menggunakan Kanvas sebagai medianya, dan ditambahkan Goresan Cat berwarna dengan menggunakan Kuas atau Palet. Lukisan merupakan salah satu Seni Rupa Murni yang paling populer, karena berfungsi sebagai hiasan pada dinding Rumah, Kantor atau Toko.

4. Kaligrafi

Seni Rupa Murni

Kaligrafi adalah Suatu karya Seni Rupa Murni, yang dibentuk secara Visual berupa Tulisan dengan Desain tertentu. Kaligrafi ini dapat diterapkan pada semua Aksara atau Huruf. Aksara yang biasanya digunakan untuk Kaligrafi adalah Aksara Jepang (Katakana, Hiragana, dan Kanji), Aksara Arab, dan Aksara Mandarin. Kaligrafi berfungsi sebagai hiasan pada dinding.

5. Mosaik

Seni Rupa Murni

Mosaik adalah Suatu karya Seni Rupa Murni yang terbentuk dengan menyusun potongan-potongan kecil sebuah Kaca atau Batu berwarna dengan Motif dan bentuk tertentu. Mosaik merupakan Karya Seni yang pertama kali ditemukan pada daerah Mesopotamia, pada abad ke 3 SM, dan berfungsi sebagai hiasan pada dinding Gereja atau Masjid.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Seni Rupa Murni beserta Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur-unsur, Dasar Pembuatan, dan Contoh Karya Seninya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengertian Seni Rupa

Alat Musik Tradisional

Pengertian Puisi Adalah