Seni Patung

Posted on

Seni Patung – Dalam dunia seni rupa, tentunya terdapat berbagai macam jenis seni, baik yang 3 Dimensi ataupun yang 2 Dimensi. 3 Dimensional Art adalah salah satu jenis Fine Art yang memiliki volume serta menempati ruang.

Seni Patung

Sedangkan, untuk 2 Dimensional Art merupakan sebuah Fine Art yang hanya mempunyai dua sisi saja yang dapat dinikmati , yaitu panjang dan juga lebar.

Di dalam 3 Dimensional Art terdapat berbagai macam jenis, salah satunya yang akan kita jabarkan dalam pembahasan kali ini, yaitu Seni Patung (Sculpture Art). Untuk mengetahui informasinya, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Seni Patung Adalah?

Seni Patung merupakan salah satu hasil dari karya Fine Art yang dibuat dengan cara membentuk bahan yang memiliki volume, tinggi, serta lebar seperti kayu, batu, tanah liat, logam atau bahan-bahan yang lainnya.

Pembuatan dari karya Sculpture Art ini dapat dilakukan dengan cara substraktif maupun aditif. Substraktif artinya mengurangi bahan-bahan yang dipakai seperti dipotong, dipahat, dicukil.

Sedangkan, cara aditif artinya menambah bahan yang digunakan seperti mengecor serta mencetak.

Pengertian dari Sculpture Art Menurut Para Ahli

Guna membantu kita untuk melengkapi pemahaman mengenai definisi dari Sculpture Art, di bawah ini beberapa pendapat yang di sampaikan oleh para ahli seni rupa yang menafsirkan Sculpture Art.

1. Mikke Susanto

Menurut Mikke Susanto, Sculpture Art merupakan salah satu hasil dari karya 3 dimensi yang pembuatannya menggunakan metode atau cara subtraktif maupun aditif.

2. Soenarso dan Soeroto

Menurut Soenarso dan juga Soeroto bahwa Sculpture Art merupakan semua hasil dari karya seni dalam bentuk yang meruang atau memiliki ruang.

3. KBBI

Menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI), Sculpture Art diartikan sebagai benda tiruan, yang bentuknya dapat menirukan bentuk dari tubuh manusia dan juga hewan yang proses pembuatannya dengan cara dipahat.

4. B.S Mayers

Menurut B.S Mayers, Sculpture Art ini adalah jenis karya 3D yang tidak terkait dengan latar belakang atau bidang dalam bangunan. Karya ini dapat diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga harus terlihat menarik atau signifikan dalam semua aspeknya.

Baca Juga :
Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Macam-Macam Seni Rupa
Contoh Seni Rupa Terapan
Seni Rupa Terapan

Jenis – Jenis Seni Patung

Seni Patung

Di bawah ini terdapat berbagai macam jenis-jenis patung yang sering kita jumpai, baik di gedung museum ataupun patung yang digunakan sebagai monumen. Berikut adalah jenis-jenis patung, yatu :

  1. Relief, merupakan salah satu jenis Sculpture Art tertua yang dapat kita jumpai pada bagian dinding-dinding bangunan, Candi atau benda-benda zaman dahulu. Relief juga dikategorikan sebagai salah satu dari jenis Sculpture Art yang dibuat pada bidang dua dimensi.
  2. Patung 3 Dimensi, merupakan salah satu jenis Sculpture Art yang bisa kita lihat dari segi ataupun sudut pandang manapun. Umumnya, Sculpture Art jenis ini bisa kita jumpai di kuil-kuil dari peninggalan zaman Yunani Kuno, Romawi dan lainnya.
  3. Patung Kinetis, merupakan salah satu jenis karya 3 dimensi yang bisa bergerak. Karya 3 dimensi jenis ini dapat bergerak dengan memanfaatkan alat bantuan seperti tenaga mesin, air maupun tenaga angin.

Fungsi dari Sculpture Art

Terdapat beberapa fungsi dari Sculpture Art berdasarkan dengan jenis dan bentuknya, yaitu sebagai berikut :

  1. Sculpture Decoration, salah satu Sculpture Art yang dibuat dengan fungsi untuk memberikan dan menambah kesan keindahan pada sebuah ruangan ataupun lingkungan eksterior.
  2. Monument Sculpture, salah satu Sculpture Art yang dibuat dengan fungsi untuk mengenang jasa dari para pahlawan atau komunitas tertentu.
  3. Sculpture Crafts, salah satu Sculpture Art yang dibuat dengan fungsi untuk memenuhi permintaan pasar, sehingga bisa diminati dan juga dibeli sesuai dengan keperluan umum yang tak spesifik.
  4. Architectural Sculpture, salah satu Sculpture Art yang dibuat dengan fungsi untuk mendukung atau mengintegrasikan konstruksi bangunan sehingga bisa lebih terintegrasi serta serasi dengan desain arsitektur bangunan yang sudah terancang dengan baik.
  5. Religious Statue, salah satu Sculpture Art yang memiliki unsur serta makna religius dan umumnya digunakan sebagai media untuk beribadah bagi umat agama tertentu.

Teknik-Teknik Dalam Sculpture Art

Berikut merupakan beberapa teknik umum yang digunakan dalam pembuatan Sculpture Art, diantaranya adalah :

  1. Chisel Technique (Teknik Pahat), adalah salah satu teknik yang digunakan untuk membuat Sculpture Art dengan mengurangi bahan menggunakan alat pahat. Selain menggunakan alat pahat, palu pun dibutuhkan untuk membantu pekerjaan dari alat pahat terhadap bahan patung.
  2. Grain Technique (Teknik Butsir), merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk memodelkan bahan lunak dan mengurangi bahan dengan memakai alat khusus butsir dan menambahkan bahan bila diperlukan. Teknik Butsir ini biasanya dipakai untuk mengolah bahan yang lunak seperti lilin, tanah liat atau tanah liat pemodelan.
  3. Welding Techniques, adalah teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan cara menggabungkan satu bahan ke bahan lainnya dengan tujuan untuk memperoleh bentuk yang diinginkan. Teknik yang satu ini umumnya dipakai untuk menghubungkan bahan logam dan kemudian merakitnya menjadi bentuk yang diinginkan.
  4. Teknik Cor, adalah salah satu teknik yang dilakukan dengan cara membuat cetakan terlebih dahulu, baru bahan coran dituangkan ke cetakan, ketika sudah mengering maka akan menghasilkan bentuk yang sesuai dengan cetakannya.

F.A.Q

Apa itu Seni Patung?

Seni Patung merupakan salah satu hasil dari karya Fine Art yang dibuat dengan cara membentuk bahan yang memiliki volume, tinggi, serta lebar seperti kayu, batu, tanah liat, logam atau bahan-bahan yang lainnya.

Alat apa saja yang digunakan untuk membuat Seni Patung?

1. Palu
2. Pahat
3. Meja Putar
4. Cetakan
5. Mesin Las
6. Tang

Mengapa Patung dikategorikan sebagai Seni Rupa 3 D?

Sebab, Sculpture Art mempunyai ukuran lebar, panjang serta tinggi atau yang disebut sebagai volume dan juga bisa dinikmati dari sudut pandang manapun.

Demikian artikel singkat yang ada diatas, semoga bisa membantu adik-adik untuk mempelajarinya…