Seni Musik Adalah

Posted on

Seni Musik Adalah – Siapa didunia ini yang tidak pernah mendengar musik. Bahkan bayi yang masih didalam kandungan pun sudah didengarkan musik oleh orang tuanya melalui bagian luar perut ibunya.

Seni Musik Adalah

Jika dilihat dari segi fungsinya, seni musik dapat dipakai sebagai media untuk mengusir rasa jenuh, mengekspresikan diri, hingga sebagai media untuk menenangkan diri dan fikiran.

Namun, sebenarnya apasih Seni Musik itu? Apa fungsinya? dan Apa saja macam-macamnya? Untuk mengetahui hal-hal tersebut, yuk kita simak penjabaran dibawah ini.

Seni Musik Adalah?

Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media suara sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi bagi para senimannya. Menurut sejarawan, Musik berasal dari sekelompok nama dewi seni Yunani kuno, yaitu Musae.

Artistic Music sering diartikan sebagai bidang seni yang berkaitan erat dengan nada dan juga irama yang keluar dari alat musik tersebut. Seni musik umumnya berkaitan dengan perasaan yang dirasakan oleh seseorang. 

Unsur lain yang terdapat dalam seni musik adalah ritme, yaitu susunan hentakan nada yang teratur. Seperti yang sudah kita ketahui, seni musik memiliki banyak model musik.

Khususnya genre untuk musik yang saat ini sedang dikembangkan. Berbagai macam jenis alat musik pun telah dikembangkan untuk memuaskan dan memanjakan para pecinta musik.

Baca Juga :
Seni Teater
Alat Musik Tradisional
Seni Rupa Murni

Unsur – Unsur Dalam Seni Musik

Terdapat elemen yang sangat penting dalam seni musik yang menjadi dasar pembentukan musik yang kita dengarkan hari ini. Berikut ini adalah elemen-elemen seni musik, yaitu sebagai berikut :

  1. Irama, merupakan panjang pendeknya suatu nada yang terdapat dalam musik serta memberikan ketukan terhadap musik sehingga membuat musik menjadi lebih indah. 
  2. Melodi, sering diartikan sebagai tinggi rendahnya sebuah nada secara berurutan dan tersusun dalam suatu frase.
  3. Harmoni, merupakan sekumpulan nada dan juga melodi yang saling beraturan, sehingga menciptakan suara yang enak untuk didengar.
  4. Birama, merupakan suatu ketukan nada yang ada didalam musik, umumnya tanda birama ditulis dalam bentuk angka pecahan. Contohnya seperti 2/4, 3/4, 6/8 dan sebagainya.
  5. Tangga Nada, merupakan urutan nada yang diatur secara bertahap dan dipisahkan oleh jarak tertentu antara nada satu dengan nada lainnya.
  6. Tempo, merupakan suatu hal yang berkaitan erat dengan cepat atau lambatnya musik dalam sebuah lagu. Apabila melodi dalam sebuah lagu diputar lebih cepat, maka tempo dalam lagu tersebut juga akan lebih cepat.
  7. Dinamika, merupakan unsur paling penting dalam sebuah musik. Dinamika adalah suatu tanda yang digunakan untuk memainkan nada yang berhubungan dengan volume, sehingga dapat menghasilkan suara yang besar dan merdu untuk di dengarkan. 
  8. Timbre, atau dapat juga disebut sebagai warna bunyi yang bertugas untuk mewakili kualitas suara musik.

Jenis – Jenis Genre Musik

Seni Musik Adalah

Terdapat beberapa genre dari musik yang berkembang dari dulu hingga sekarang, yaitu sebagai berikut ini :

  • Klasik, adalah genre musik yang bunyi dan harmonisasinya sangat menarik dibandingkan dengan jenis genre musik lainnya. Karena sifatnya yang tenang, hal ini lah yang membuat para pendengarnya merasa santai dengan jenis musik ini.
  • Jazz, adalah genre musik yang berasal dari Amerika pada abad ke-60 serta didominasi oleh alat-alat musik seperti biola, piano, saksofon, bass, dan masih banyak lagi dengan lirik yang dalam.
  • Reggae, adalah salah satu genre musik dengan karakteristik ritme backbeat dan progresi akord yang relatif lebih sederhana.
  • Pop, kata pop ternyata berasal dari sebuah kata “Populer” yaitu merupakan salah satu genre musik yang paling mudah diterima oleh telinga masyarakat sehingga mempunyai peminat yang banyak.
  • Dangdut, merupakan salah satu genre musik yang lahir di Indonesia. Genre musik ini adalah hasil penggabungan antara musik India dan Melayu dengan sedikit sentuhn Campursari.

Macam – Macam Seni Musik

Seni Musik Adalah

Seiring berjalannya waktu, musik sudah mulai mengalami perkembangan sehingga terdapat perbedaan jenis musik di setiap masanya. Berikut ini merupakan jenis-jenis musik dari waktu ke waktu, yaitu sebagai berikut :

1. Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan salah satu warisan leluhur setiap kelompok etnis di Indonesia. Sebab, setiap daerah di Indonesia harus mempunyai alat musik yang berbeda serta tujuan penggunaannya juga berbeda.

Karakteristik dari Musik Tradisional, yaitu :

  • Bagian dari budaya dalam lingkungan masyarakat.
  • Menggunakan alat musik daerah.
  • Adanya penggunaan bahasa nasional di setiap lirik lagunya.
  • Umumnya tidak terdapat notasi.
  • Dapat dipelajari secara lisan.

2. Musik Kontemporer

Musik kontemporer merupakan salah satu jenis musik yang sudah mulai memperkenalkan berbagai macam unsur musik yang belum pernah dipakai pada periode sebelumnya.

Jenis dari musik ini sudah mulai muncul dan berkembang sejak tahun 90-an. Karakteristik dari Musik Kontemporer, yaitu :

  • Mempunyai irama musik yang lebih kompleks.
  • Ada harmoni yang tidak disonan atau selaras.
  • Melodi dari setiap liriknya cenderung kurang.
  • Menggunakan suara yang bersifat elektronik dan sintetis.
  • Didominasi dengan alat musik tiup dan drum.

3. Musik Modren

Musik modern adalah jenis musik baru yang cenderung lebih dinamis dan menggunakan teknologi tertentu, baik dalam hal instrumen maupun dalam penyampaiannya. Karakteristik dari Musik Modren, yaitu :

  • Sudah melibatkan berbagai macam alat musik modern.
  • Adanya sentuhan teknologi maju, baik itu dari segi instrumennya maupun penyampainnya.
  • Memiliki tempo musik yang cenderung lebih cepat.
  • Umumnya dipakai sebagai media aktualisasi diri serta komersial.
  • Memakai unsur bahasa internasional ataupun nasional.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Seni Musik?

Seni musik adalah cabang seni yang menggunakan media suara sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi bagi para senimannya.

Fungsi Seni Musik secara umum yaitu?

1. Sebagai media untuk mengekspresikan diri.
2. Media untuk komunikasi.
3. Sebagai media untuk pendidikan.

Seni Musik menurut David Ewen adalah?

Seni musik menurut David Ewen yaitu ilmu dan seni yang menggabungkan ritme dengan berbagai nada, baik dari segi vokal dan instrumental, yang berisi melodi serta harmoni sebagai bentuk ekspresi dari semua hal yang ingin disampaikan lebih dalam lagi dari sisi emosional.

Nah, itu dia informasi yang bisa Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.