Seni Kriya

Posted on

Seni Kriya (Craft Art) – Ragam seni rupa yang berkembang di Nusantara terdapat banyak sekali jenisnya, mulai dari Seni Rupa Murni, Terapan sampai Seni Rupa Kriya. Namun, Seni Rupa Kriya ini masih kurang diminati dikalangan masyarakat.

Seni Kriya

Untuk itu, sekarang saatnya kita akan mengenal lebih jauh mengenai Seni Kriya. Apa kalian sudah ada yang mengetahui apa itu Seni Kriya? Jika belum, nah tepat sekali jika kalian membuka website Rumus.co.id.

Sebab, dalam kesempatan kali ini Rumus.co.id akan menjelaskan mengenai Craft Art beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya. yuk kita simak penjabaran yang ada dibawah ini..

Seni Kriya Adalah?

Istilah Kriya ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu dari kata Krya yang berarti melakukan atau mengerjakan. Sehingga dapat didefinisikan bahwa Craft Art merupakan hasil dari pekerjaan manusia.

Secara umum, Kriya diartikan sebagai salah satu cabang seni kerajinan tangan yang mana proses pembuatannya ini memanfaatkan keterampilan tangan manusia sehingga di sebut sebagai hand made.

Jenis dari seni ini termasuk sebagai salah satu bentuk dari applied art nusantara yang sudah terkenal sejak zaman prasejarah atau zaman nenek moyang.

Tanpa kita sadari, hasil dari seni Kriya ini dapat kita jumpai di sekitar kita serta sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti, lemari pakaian, perhiasan, meja serta kursi kayu dan lainnya.

Definisi Craft Art Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi dari Craft Art yang disampaikan oleh para ahli, yaitu diantaranya adalah :

1. Prof. Dr. Soedarso Sp

Menurut Prof. Dr. Soedarso Sp, craft Art berasal dari bahasa Sansekerta yang sudah disebutkan di dalam kamus Wojowasito, dimana kriya berarti perbuatan dan juga pekerjaan. Istilah kriya ini memiliki arti lain dalam bahasa Jawa yaitu Damel = Membuat.

2. Prof. Dr. I Made Bandem

Menurut Prof. Dr. I Made Bandem, istilah kriya diperoleh dari kata kriya yang didefinisikan ke bahasa Indonesia yaitu pekerjaan, perbuatan atau ketrampilan tangan.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa definisi dari karya riya yang disampaikan oleh I Made Bandem yaitu sebuah ketrampilan yang diciptakan dari keterampilan tangan.

3. Prof. SP. Gustami

Menurut Prof. SP. Gustami, Kriya merupakan warisan yang berasal dari budaya adiluhung yang ada sejak zaman kerajaan di pulau Jawa. Seni kriya ini telah memperoleh tempat lebih tinggi di hati masyarakat jika di bandingkan dengan kerajinan.

Baca Juga :
Unsur – Unsur Seni Rupa
Seni Grafis
Seni Patung

Jenis – Jenis Craft Art

Secara umum, jenis-jenis dari Craft Art ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya dan berdasarkan dengan cara pembuatannya. Berikut ini merupakan penjelasan dari jenis-jenis Craft Art tersebut, yaitu :

1. Craft Art Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Jika dilihat berdasarkan dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, maka Craft Art ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :

  • Wood Crafts, merupakan salah satu hasil dari kerajinan Craft Art yang menggunakan bahan dasar kayu. Seperti, kursi, meja, tempat tidur dan lainnya.
  • Textile Craft, merupakan salah satu hasil dari kerajinan Craft Art yang dibuat menggunakan bahan dasar kain dan pembuatannya memanfaatkan unsur keindahan serta fungsional. Seperti kain tenun dan batik.
  • Ceramic Crafts, merupakan salah satu hasil dari kerajinan Craft Art yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tanah liat dan umumnya menggunakan beberapa teknik seperti Slab, Pilin, putar dan lain sebagainya.
  • Metal Crafts, merupakan salah satu hasil dari kerajinan Craft Art yang dibuat menggunakan bahan dasar logam dan juga teknik tertentu, seperti Cetak Lilin dan juga Bivalve.

2. Craft Art Berdasarkan Teknik Membuatnya

Jika dilihat berdasarkan dengan teknik yang digunakan untuk membuatnya, maka Craft Art ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :

  1. Carved Craft, merupakan salah satu jenis dari Craft Art yang dibuat dengan cara dipahat atau diukir sehingga dapat menciptakan bentuk yang diharapkan. 
  2. Batik Craft, merupakan salah satu jenis dari Craft Art yang dibuat dengan cara membuat gambar atau pola terlebih dahulu diatas permukaan kain dengan menggunakan bahan pewarna dan menggunakan teknik tertentu seperti, Tulis, Lukis dan Celup.
  3. Weaving Craft, merupakan salah satu jenis dari Craft Art yang dibuat dengan cara mengolah jalinan benang yang berbagai macam warna sehingga membentuk sebuah pola yang sangat indah.
  4. Woven Craft, merupakan salah satu jenis Craft Art yang dibuat dengan cara mengolah bahan dasar seperti rotan dan juga bilah bambu sehingga bisa menciptakan pola yang diinginkan.

F.A.Q

Apa itu Seni Kriya?

Kriya diartikan sebagai salah satu cabang seni kerajinan tangan yang mana proses pembuatannya ini memanfaatkan keterampilan tangan manusia sehingga di sebut sebagai hand made.

Fungsi dari Seni Kriya adalah?

1. Digunakan sebagai sarana untuk dekorasi.
2. Sebagai sarana edukasi dan komunikasi.
3. Menjadi mainan tradisional.
4. Sebagai benda yang bisa dipakai.

Nama lain dari Seni Kriya adalah?

Seni Kriya bisa juga disebut sebagai Handy Craft yang berarti kerajinan tangan.

Sekian ulasan dalam pembahasan yang ada diatas, semoga ulasan diatas bisa menjadi ilmu atau wawsan tambahan untuk kita semua.