Senam Irama

Posted on

Senam Irama – Sebagian besar orang banyak yang menafsirkan bahwa senam SKJ, aerobik, ibu hamil, manula ataupun senam sejenis lainnya yang memanfaatkan alunan musik sebagai panduan dari gerakannya itu sebagai senam irama atau ritmik.

Senam Irama

Apa Anda salah satu dari mereka? Mungkin ada benarnya, sebab jenis-jenis dari senam tersebut memang memanfaatkan alunan musik sebagai panduan untuk gerakannya seperti halnya Rhythmic Gymnastics.

Namun, sebenarnya Rhythmic Gymnastics yang akan kita bahas kali ini, berbeda dengan jenis-jenis senam yang sudah disebutkan diatas. Untuk mengetahui secara jelas mengenai Senam Ritmik atau Irama, mari kita simak penjabaran dibawah ini.

Senam Irama Adalah?

Senam Irama

Senam irama atau ritmik (Rhythmic Gymnastics) merupakan salah satu cabang dari senam artistik yang mana seorang atlet ataupun sekelompok atlet senam akan memberikan pertunjukkan koreografinya dengan nuansa balet, akrobatik serta tarian modern dengan atau tanpa alat bantu senam seperti ball, ribbon, rope, gada serta hoop.

Umumnya, Rhythmic Gymnastics ini identik dilakukan oleh para kaum wanita, karena sejak zaman kuno latihan ritme ini telah didominasi oleh wanita karena mereka diciptakan di Eropa oleh para ahli seni.

Senam ritmik itu sendiri menyatukan banyak gerakan tarian balet, di mana tarian balet ini identik dengan wanita.

Prinsip Dari Rhythmic Gymnastics

Bagi kalian yang ingin menggeluti pekerjaan dibidang ini, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu prinsip dasar dari Rhythmic Gymnastic. Berikut adalah prinsip-prinsipnya, yaitu :

1. Irama

Seperti namanya, ritme sangat penting ketika kita akan melakukan Rhythmic Gymnastic. Tidak selamanya Ritme membahas tentang musik, akan tetapi ritme juga bisa diartikan sebagai tubuh yang melakukan gerakan yaitu ketika atlet bergerak dengan cepat, lambat dan sedang, serta dengan berbagai jenis mobilitas dan juga tingkat tubuh.

Dalam hal ini, musik dapat mendukung atau nuansa apresiasi atlet untuk gerakan tubuh yang terkait erat dengan masalah gerakan serta emosi.

2. Kontinuitas Gerak

Kontinuitas gerakan dengan gerakan seragam diatur dalam koreografi senam ritmik yang kontroversial. Gerakan dalam senam ritmik tidak dibentuk dengan menggabungkan berbagai jenis gerakan.

Serangkaian gerakan didasarkan pada konsep yang kuat dan juga pada ide-ide teater. Kelangsungan gerakan koreografi seperti aliran yang mengalir begitu saja dan transportasi cerita yang disampaikan oleh gerakan tubuh.

3. Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas tubuh juga memainkan peran penting dalam senam ritmik. Artinya, Fleksibilitas yang dimaksud disini adalah kompetensi yang dimiliki oleh tubuh dalam pelaksanaan dan pembuatan berbagai cara baik yang menggunakan alat atau tidak.

Meskipun anda sudah menjadi atlet Rhythmic Gymnastics yang profesional, namun bukan berarti bahwa latihan fleksibilitas tubuh sudah selesai.

Baca Juga :
Senam Adalah
Kebugaran Jasmani
Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat

Manfaat Dari Rhythmic Gymnastics

Berbagai macam jenis senam pastinya akan memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh, begitu juga dengan senam irama atau ritmik yang bisa membuat tubuh dari para atlet senam ini senantiasa terjaga kesehatan dan juga kebugarannya.

Tidak hanya itu saja, tubuh dari para atlet senam ini juga umumnya bisa terjaga proporsinya, seperti tetap tegap, ramping, lentur, fleksibel, luwes, dan juga penuh energi.

Ternyata bukan hanya atlet yang mendapatkan segudang manfaat dari senam ini, akan tetapi Rhythmic Gymnastics juga menawarkan manfaat dalam bentuk kesenangan bagi publik bahkan bisa memberikan rangsangan bagi masyarakat untuk melakukan olahraga.

Setiap bentuk koreografi dan juga kombinasi gerakan yang ditampilkan di dalam Rhythmic Gymnastics juga bertindak sebagai bidang referensi serta pengetahuan mengenai gerakan tubuh yang mungkin dapat dilakukan.

Tujuan Dari Adanya Rhythmic Gymnastics

Selain memiliki berbagai manfaat, tentunya Rhythmic Gymnastics ini juga memiliki berbagai tujuan yang hendak dicapai, yaitu antara lain :

  • Bertujuan untuk meningkatkan kinerja jantung.
  • Untuk meningkatkan fungsi dan juga kinerja paru-paru serta menambah daya tahan dan juga kekuatan.
  • Tingkatkan koordinasi tubuh untuk orang tua.
  • Menambah sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu anda untuk mencegah agar Anda terlindung dari berbagai macam penyakit.

Jenis – Jenis Senam Irama

Pada Rhythmic Gymnastics yang dipertandingkan dalam ajang olimpiade dan juga internasional terdapat dua kategori yang sekarang sedang diterapkan, yaitu sebagai berikut :

1. Individu

Rhythmic Gymnastics dalam kategori individu ini artinya senam tersebut hanya dilakukan oleh satu orang atlet saja yang memperlihatkan koreografinya dengan menggunakan alat maupun tanpa alat.

2. Berkelompok

Pada kategori ini, tentunya sangat berbeda dengan jenis dari Rhythmic Gymnastics individu, sebab dalam Rhythmic Gymnastics berkelompok ini para atlet senam umumnya hanya dapat memakai satu macam alat saja atau beberapa macam alat guna merangkai koreografi mereka.

F.A.Q

Apa itu Senam Irama?

Senam irama atau ritmik (Rhythmic Gymnastics) merupakan salah satu cabang dari senam artistik yang mana seorang atlet ataupun sekelompok atlet senam akan memberikan pertunjukkan koreografinya dengan nuansa balet, akrobatik serta tarian modern dengan atau tanpa alat bantu senam seperti ball, ribbon, rope, gada serta hoop.

Apa saja unsur-unsur Senam Irama?

Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam Senam Irama yaitu mulai dari Kelenturan, Kekuatan, Keterampilan, Keseimbangan, Keluwesan, Ketepatan dan juga Keindahan.

Alat apa saja yang digunakan untuk menunjang Senam Irama?

1. Ball
2. Ribbon
3. Rope
4. Gada
5. Hoop

Demikianlah ulasan singkat dalam artikel kali ini, semoga bisa dijadikan refrensi ya untuk kita semua.