Senam Adalah

Posted on

Senam Adalah – Kegiatan yang hampir sama dengan yang saat ini sudah dikenal dengan sebutan Senam sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, Cina Kuno, Mesir kuno dan juga India Kuno. Aktivitas tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Senam Adalah

Dengan perkembangan waktu, perkembangan senam sangat erat kaitannya dengan perkembangan kelas olahraga dan umum. Sebab, Para filsafat percaya, bahwa tingkat dari kebugaran jasmani seseorang sangat berpengaruh terhadap tingkat pendidikannya.

Di zaman modern, senam sudah dilakukan oleh semua orang, baik itu pria maupun wanita di tingkat yang berbeda. Mulai dari klub senam lokal, sekolah, universitas hingga ke kompetisi nasional, bahkan internasional.

Namun, apa sih sebenarnya senam itu? Apa saja jenis-jenisnya? Untuk megetahui itu semua mari kita simak penjabaran dibawah ini.

Senam Adalah ?

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang dalam pelaksanaannya melibatkan beberapa gerakan dari anggota tubuh yang memerlukan kecepatan, kekuatan, dan juga keselarasan dari gerakan fisik.

Gymnastics atau senam termasuk salah satu cabang olahraga yang mana bertujuan untuk melatih tubuh kita dengan melakukan berbagai macam gerakan tertentu secara sadar, sengaja atau terencana, dan juga dilaksanakan secara sistematis.

Secara umum, senam dilakukan dengan tujuan untuk membantu menambah kebugaran jasmani, menyampaikan nilai spiritual dan juga mengembangkan keterampilan dari setiap orang yang melakukannya.

Definisi Dari Senam Menurut Para Ahli

Setelah kita melihat beberapa dan memahami pengertian dari Gymnastics secara umum. Agar lebih memahaminya, Rumus.co.id akan menyajikan definisi dari Senam menurut Para Ahli, yaitu :

1. Imam Hidayat

Menurut Imam Hidayat, Gymnastics adalah latihan fisik yang secara sengaja, sadar, atau sistematis dipilih dan juga dibangun untuk meningkatkan kebugaran fisik, meningkatkan keterampilan, serta menyampaikan nilai-nilai mental.

2. Peter H Werner

Menurut Peter H Werner, Gymnastics adalah latihan fisik yang dilakukan di lantai ataupun pada perangkat lain yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kelincahan, koordinasi, kekuatan, fleksibilitas serta pengendalian diri.

3. Muhajir 

Menurut Muhajir, Senam merupakan cabang olahraga yang dipraktikkan dengan latihan gerakan sistematis dan juga disatukan secara keseluruhan dengan tujuan untuk membentuk serta meningkatkan kepribadian yang harmonis.

4. Mahendra

Menurut Mahendra, Senam merupakan suatu aktivitas utama yang paling berguna untuk pengembangan komponen fisik serta keterampilan motorik seseorang yang melakukan kegiatan ini.

5. Madijono

Menurut Madijono, Senam merupakan segala bentuk latihan fisik yang sistematis, teratur, dan juga terencana dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu untuk memberi manfaat bagi tubuh.

Sejarah Senam

Kata Senam berasal dari sebuah bahasa, yaitu bahasa Inggris Gymnastics, istilah senam ini sebelumnya berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu dari kata Gymnos yang berarti latihan dengan keadaan telanjang.

Penggunaan istilah ini mengacu pada jenis latihan yang dilakukan di tempat yang disebut sebagai Gymnasium, di mana para atlet Yunani kuno berlatih tanpa menggunakan pakaian.

Senam itu sendiri mempunyai arti sebagai gerakan atau olahraga, baik untuk kebugaran fisik ataupun untuk mencapai kinerja tertinggi. Di Indonesia, senam sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda.

Di Jepang, senam dikenal dengan sebutan Taiso. Sejak zaman Yunani kuno, senam sudah berkembang sangat cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Ini bisa dilihat dari gerakan yang dilakukan, pelatihan yang sistematis ataupun tujuannya.

Macam – Macam Senam

Senam Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sejak zaman Yunani kuno, Gymnastic sudah mengalami perkembangan yang sangat cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

Saat ini Gymnastic dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :

1. Artistic Gymnastics

Senam artistik merupakan salah satu bentuk senam yang paling populer dan umumnya dilakukan dalam konteks olimpiade olahraga. Gymnastics jenis ini biasanya memerlukan alat-alat khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Di bawah ini terdapat daftar nama dari alat-alat yang dibutuhkan dalam melakukan Senam Artistik yaitu :

  1. Saddle horse
  2. Horse jump
  3. Tiered bars
  4. Bracelets
  5. Single bar
  6. The bars are parallel

Baca Juga :
Kebugaran Jasmani
Sistem Reproduksi Pria
Sistem Reproduksi Wanita

2. Acrobatic Gymnastics

Senam akrobatik merupakan salah satu jenis latihan yang dalam mempraktekkannya melibatkan gerakan-gerakan akrobatik. Misalnya seperti jungkir balik dan juga mendarat atau berdiri di pundak pesenam lainnya.

Latihan ini memerlukan keseimbangan tubuh, kekuatan otot, keterampilan, serta koordinasi motorik yang baik. Acrobatic Gymnastics biasanya dilakukan dalam ajang kompetisi olahraga atau dalam seni bela diri.

3. Rhythmic Gymnastics Sportif

Senam ritmik sportif merupakan salah satu jenis latihan yang dihasilkan dari pengembangan senam ritmik. Umumnya senam ini dilakukan dengan disertai irama musik yang dapat menciptakan gerakan tubuh serta alat-alat yang indah.

4. Aerobic Sport

Aerobic Sport merupakan salah satu jenis senam yang berasal dari pengembangan senam aerobik, yaitu sebuah senam yang disertai dengan tarian khusus dan dipadukan dengan beberapa gerakan yang terbilak cukup sulit.

Didalam Gymnastics jenis ini terkandung unsur-unsur yang sangat unik, yaitu diantaranya adalah :

  • Aerobik
  • Akrobat
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Musik

5. Trampoline Gymnastics

Senam Trampolin sering diartikan sebagai salah satu jenis senam yang dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang disebut sebagai trampolin. Senam ini dilakukan dengan cara lompat-lompat diatas trampolin disertai dengan gerakan-gerakan tertentu.

6. Senam Umum

Senam umum merupakan salah satu jenis senam yang biasa dilakukan oleh masyarakat, sebab gerakannya yang lebih mudah untuk diikuti. Gymnastics ini memakai irama musik tertentu dan gerakan mereka disesuaikan dengan irama musik yang digunakan.

Contoh dari Senam Umum didalam lingkungan sekitar adalah :

  • Senam kebugaran jasmani.
  • Morning exercise
  • Healthy Gymnastics
  • Heart Exercise

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Senam?

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang dalam pelaksanaannya melibatkan beberapa gerakan dari anggota tubuh yang memerlukan kecepatan, kekuatan, dan juga keselarasan dari gerakan fisik.

Manfaat dari melakukan Senam adalah?

1. Melindungi kekuatan otot
2. Melindungi mobilitas sendi
3. Meningkatkan mobilitas tubuh.
4. Meningkatkan kefleksibilitasan tubuh.
5. Senantiasa mempertahankan tubuh Anda agar tetap sehat, segar dan juga bugar.

Jika melakukan Senam secara teratur maka manfaatnya adalah?

1. Menambah jumlah dari volume darah dalam tubuh.
2. Melancarkan sistem peredaran darah didalam tubuh.
3. Kadar osteoblas dan osteoklas akan tetap seimbang.
4. Membantu untuk menambah kontrol diri.

Itu dia informasi pada pembahasan kali ini, semoga ulasan kali ini membantu dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.

Related posts: