Sejarah Sumpah Pemuda

Posted on

Sejarah Sumpah Pemuda – Salah satu peristiwa penting dan juga bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu dikenal sebagai hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Sejarah Sumpah Pemuda

Nah, di tahun 2020 ini Bangsa Indonesia akan memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-92 tahun. Sumpah Pemuda ini diselenggarakan pada tangga 27 hingga 28 Oktober 1928 pada Kongres Pemuda II yang diadakan di Batavia (Jakarta).

Namun, masih banyak dari kita yang belum mengerti dan juga memahami apa makna yang sebenarnya dari kata Sumpah Pemuda? Ya, Sumpah Pemuda merupakan pergerakkan kemerdekaan RI yang dilaksanakan oleh para kaum pemuda pemudi di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menyatakan sebuah ikrar yang berisikan tentang Satu tanah air, satu bangsa dan juga satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia.

Untuk lebih jelas dan rinci lagi, yuk simak ulasan dibawah ini yang akan Rumus.co.id berikan hanya untuk kalian. Yuk simak.. Yuk simak.. ūüôā

Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah tonggak penting dalam sejarah gerakan kemerdekaan Indonesia. Bahkan sumpah ini dianggap sebagai kristalisasi pikiran untuk menekankan cita-cita dasar negara Indonesia.

Sedangkan, yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” yaitu keputusan dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari tanggal 27 hingga 28 Oktober tahun 1928 di Batavia (Jakarta).

Dalam Keputusan ini menegaskan cita-cita dari bangsa Indonesia bahwa akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan juga “bahasa Indonesia”.

Sangat diharapkan bahwa keputusan ini dapat menjadi asas dari setiap “perkumpulan bangsa Indonesia” serta supaya “disebarkan dalam berbagai macam surat kabar dan juga dibacakan di tempat rapat perkumpulan”.

Istilah dari “Sumpah Pemuda” itu sendiri sebenarnya tidak muncul ketika putusan kongres pemuda II ini diadakan, tetapi diberikan ketika kongres tersebut sudah selesai.

Sebenarnya, Sumpah Pemuda terjadi karena adanya inisiatif dara para pemuda pemudi bangsa Indonesia yang turut bangkit bersatu untuk melawan bangsa portugis yang sedang menjajah Indonesia.

Kala itu, bangsa Indonesia memang sudah berjuang untuk melawan para penjajah yang datang dengan tujuan untuk mencuri dan juga menguasai rempah-rempah yang dihasilkan oleh rakyat Indonesia. 

Di zaman itu juga, sudah lahir banyak sekali pahlawan Indonesia, akan tetapi mereka masih ada dalam daerahnya masing-masing guna mempertahankan wilayah tempat tinggalnya. Seperti pangeran Ponorogo , Cut Nyak Dien, Tuanku Imam Bonjol, serta tokoh-tokoh lainnya.

Baca Juga :
Makna Sumpah Pemuda
Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Peristiwa Rengasdengklok

Latarbelakang Pembentukan Sumpah Pemuda

Pada tahun 1908 kehadiran Dr. Sutomo, Dr. Cipto Mangunkusumo dan EFE. Douwes Dekker yang telah memulai berdirinya organisasi Budi Utomo. Tujuannya yaitu untuk mempromosikan pendidikan, peternakan, pertanian dan juga sosial budaya.

Organisasi ini menjadi cikal bakal dari banyak gerakan kemerdekaan Republik Indonesia serta organisasi pemuda lainnya seperti Jong Betawi, Jong Ambon, pemuda Timor, Jong Minahasa, Jong Java dan juga Sekar Rukun.

Salah satu organisasi pemuda yang terus berjuang untuk mencapai persatuan Indonesia adalah Asosiasi Masyarakat Adat Indonesia. Organisasi PI ini terdiri dari anak-anak muda Indonesia dari berbagai suku yang sedang menuntut ilmu di Negara Kincir Angin Belanda.

Pada saat itu, tidak ada lagi perbedaan regional atau suku antara kaum muda, yang menyadari bahwa mereka hanya akan menghalangi keinginan dan aspirasi mereka untuk kemerdekaan. Ini adalah latar belakang kongres pemuda dan formulasi Sumpah Pemuda.

Tujuan Dari Ikrar Sumpah Pemuda

Ikrar Sumpah Pemuda diformulasikan dan juga dibuat bukan semata-mata tidak memiliki tujuan yang pasti. Nah, berikut ini merupakan tujuan dari adanya sumpah pemuda yaitu diantaranya adalah :

  1. Meningkatkan jiwa dan juga rasa nasionalisme para pemuda pemudi bangsa Indonesia serta seluruh masyarakat nusantara guna mengusir, melawan dan juga menentang penjajah yang ada di Indonesia.
  2. Untuk mengokohkan dan juga menebalkan rasa persatuan serta kesatuan dalam diri setiap bangsa Indonesia.
  3. Meningkatkan upaya-upaya serta aktivitas untuk mencapai kemerdekaan dari Bangsa Indonesia.
  4. Untuk menghapus rasa kedaerahan yang terus menerus menjadi penghalang dari bangsa Indonesia untuk bersatu.
  5. Melaksanakan dan juga mewujudkan cita-cita guna mengumpulkan semua pemuda-pemudi Indonesia.

Isi Dari Teks Sumpah Pemuda

Di bawah ini merupakan Bunyi dari teks Sumpah Pemuda yang diciptakan pada 28 Oktober 1928, yaitu diantaranya adalah :

  1. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah yang satoe, Tanah Indonesia
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa yang satoe, Bangsa Indonesia
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.

Makna Dari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda menjadi momentum berharga dan juga sangat penting bagi rakyat Indonesia. Ketika para pemuda dan pemudi yang hidup di zaman kuno mempunyai semangat serta tekad yang sangat kuat guna mencapai kemerdekaan.

Maka para pemuda dan pemudi yang hidup di era ini, harus terus melanjutkan perjuangan para pendahulu kita. Warisan yang diberikan oleh para tokoh pahlawan kita sangatlah indah dan juga fantastis.

Yaitu, mereka wafat dan meninggalkan dunia ini dan memberikan kemerdekaan kepada generasi bangsa selanjutnya. Tugas kita sekarang hanyalah memajukan dan juga meningkatkan kualitas bangsa karena terdapat tantangan yang lebih berat dalam setiap evolusi waktu.

F.A.Q

Insiden apa yang terjadi saat Kongres Pemuda II berlangsung?

Terdapat insiden yang tidak menguntungkan pada saat Kongres Pemuda II berlangsung. Polisi Belanda secara terbuka menegur pemimpin pertemuan konvensi pemuda II agar tidak membahas tentang kemerdekaan Indonesia.

Bahkan terdapat beberapa orang yang masih menyebut tentang kemerdekaan Indonesia ditangkap dan juga ditahan di daerah terpencil. Hal tersebut justru membuat rasa benci terhadap para penjajah semakin besar.

Apa arti sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia?

Arti sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia yaitu bersatunya para pemuda-pemudi saat Indonesia belum merdeka, yang mampu meningkatkan semangat dan juga mempunyai rasa nasionalisme yang sangat kuat terhadap bangsa ini.

Siapa yang menulis Teks Sumpah Pemuda?

Yang memiliki tugas untuk menulis teks sumpah pemuda adalah Moehammad Yamin yang kemudian ditandatangani dengan Soegondo Djojopuspito yaitu ketua dari kongres tersebut.

Demikian ulasan dalam artikel kali ini, semoga bisa membantu para reader untuk memahaminya, terutama adik-adik dibangku sekolah.

Related posts: