Sejarah Asean

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kesempatan kali ini kami akan menyampaikan pembahasan materi Sejarah Asean dengan pembentukannya – lengkap dengan pengertian, tujuan, asal usul, prinsip, supaya mudah dipahami.

Sejarah Asean – adalah negara-negara akan bergabung sejak tanggal 7 Januari 1984, sebagai Negara anggota ASEANyang dibentuk dari Para pendiri ASEAN yang memiliki keinginan kuat untuk menciptakan kawasan Asia.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Asean

Sejarah-Asean

Pengertian Asean adalah sebuah perhimpunan yang dibentuk dari Bangsa Bangsa Asia Tenggara yang ada Di Indonesia ASEAN juga disebut PERBARA atau Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara.

Dalam hal ini juga bahwa ASEAN terdiri dari sebuah negara-negara yang menjadi anggota dalam simbol negara-negara ASEAN, dengan sebuah organisasi yang terbuka.

Sehingga terdapat situasi di kawasan ini menghadapi konflik pada 1960-an, dalam perjuangan untuk pengaruh ideologis di negara-negara besar dan konflik antara negara-negara di kawasan ini.

Dan dapat menghambat perkembangan, setelah mengetahui latar belakang pendirian ASEAN, untuk mengetahui tujuan-tujuan ASEAN sebagai keunggulan dalam kemajuan di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Sosial Media

Tujuan ASEAN

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan tujuan dalam mendirikan ASEAN diantarnya adalah sebagai berikut:

  1. Mempercepat dalam pertumbuhan ekonomi dalam bidang sosial dan pengembangan budaya, sebagai persahabatan untuk memperkuat fondasi pada masyarakat.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas dengan penghormatan terhadap keadilan.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling mendukung dalam isu-isu di bidang ekonomi dan urusan sosial.
  4. Saling mendukung lembaga pendidikan.
  5. Untuk meningkatkan pada penggunaan pertanian dan industrinya.
  6. Pertahankan kerja sama dari berbagai organisasi, untuk kerja sama yang erat.

Asal Usul Sejarah ASEAN

Pembentukan ASEAN sebenarnya dipicu oleh pertentangan dua negara adidaya di dunia setelah Perang Dunia II melawan Uni Soviet sejak 1947 dan berlanjut selama beberapa tahun kedepannya.

Kawasan Asia Tenggara dengan persaingan ideologis antara kedua negara selama Perang Dingin, yang secara tidak langsung sebagai perang dalam kepentingan antara negara timur.

Hal ini akan menyebabkan lembaga yang diharapkan akan melindungi dan negara-negara di kawasan dengan mempersatukan, Sebelum ASEAN terbentuk dalam jumlah organisasi yang serupa di Asia Tenggara.

Namun, organisasi regional tampaknya akan berkembang karena banyak kepentingan dalam bidang ideologi yang berbeda dari para anggotanya yang memiliki banyak perbedaan di sisi yang berbeda.

Baca Juga: Ekonomi Internasional

Negara Negara ASEAN

Dari pembahasn diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa negara negara pendiri ASEAN adalah.

1. Negara pendiri ASEAN

ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, melalui Deklarasi Bangkok di Bangkok, Para pemimpin negara selama Deklarasi Bangkok saat itu

Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Narciso Ramos (Filipina), S. Rajaratnam (Singapura) dan Thanat Khoman (Thailand).

2. Negara anggota ASEAN

Pada tahun 1984 Brunei Darussalam sebagai anggota ASEAN pertama di luar lima negara, sebelas tahun kemudian, pada 1995, ASEAN kembali menerima anggota baru, Vietnam, Pada 1997, Laos dan Myanmar menyusul dua tahun kemudian, Dan akhirnya, Kamboja bergabung pada 1998

Prinsip Dasar Pada ASEAN

  • Semua anggota ASEAN akan berjuang untuk kemerdekaan pada kedaulatan dalam identitas nasional bersama.
  • Memenuhi sebuah kewajiban dan tanggung jawab untuk meningkatkan perdamaian regional.
  • Semua ancaman terhadap penggunaan dengan tindakan yang mematuhi hukum.
  • Mencoba menemukan cara dalam menyelesaikan perselisihan secara damai.
  • Anggota negara-negara ASEAN akan diizinkan dalam masalah internal dari negara.
  • Menjaga nasional dengan negara anggota yang terbebas dari menghormati hak-haknya.
  • Negara-negara anggota ASEAN memiliki hukum internasional yang akan dipatuhi.
  • Tekankan pada nilai kebersamaan dengan persatuan dan menghormati agama pada masyarakat ASEAN.
  • Hubungan politik dan ekonomi pada budaya eksternal.

Sekian sobat pembahasan yang dapat Rumus.co.id sampaikan artikel tentang Sejarah Asean, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: