Pengertian Rumusan Masalah Makalah dan Cara Membuatnya

Posted on

Rumusan Masalah Makalah – Rumusan masalah adalah bagian penting dalam makalah atau laporan. Dengan adanya rumusan masalah dalam sebuah makalah atau laporan maka akan menjawab permasalahan. Berikut ini adalah pembahasan mengenai rumusan masalah makalah dan cara membuat rumusan masalah. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Rumusan Makalah

Pengertian rumusan makalah adalah sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan pembahasan atau solusi masalah. Rumusan makalah sangat penting di dalam sebuah makalah atau laporan. Untuk merumuskan sebuah rumusan makalah perlu mempelajari arti dari 5W 1H. 5W 1 H adalah bentuk pertanyaan berupa apakah, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana. Tetapi paling banyak yang di gunakan adalah apakah dan bagaimana.

Rumusan Masalah Makalah

Rumusan makalah dalam sebuah laporan terletak pada bab 1 bersama latarbelakang, tujuan, manfaat dan keaslian penelitian. Jawaban dari rumusan masalah akan letakkan di bab pembahasan. Di dalam bab pembahasan satu persatu akan di uraikan dan yang peling penting adalah adanya kesimpulan pada bab terakhir yaitu goal dari rumusan masalah.

Menentukan rumusan masalah tidaklah sulit, hanya perlu mengetahui permasalahan dan solusi yang akan di buat. Rumusan masalah dan later belakang juga berkaitan, pada latar belakang di uraikan masalah yang timbul dan di rumusan masalah adalah pertanyaan yang bisa menjawab permasalahan.

Rumusan masalah adalah titik sentral dalam sebuah makalah atau laporan. Dalam hal ini rumusan masalah menentukan pambahasan dan kesimpulan. Kesimpulan akan di bahas berdasarkan rumusan masalah yang telah di buat. Apakah kesimpulan sudah menjawab permasalahan pada latar belakang dan rumusan masalah. si pembaca akan melihat rumusan masalah terlebih dahulu, maka akan ada gambaran tentang bagaimana pembahasa pada bab pembahasan.

Jenis Rumusan Masalah

Ada 3 jenis rumusan masalah yaitu deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Di bawah ini adalah pembahasan dari masing-masing jenis rumusan masalah:

1. Rumusan Masalah Deskriptif

Rumusan masalah deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan menyajikan gambaran lengkap suatu masalah atau fenomena. Dalam hal ini deskriptif mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan msalah dan untut yang terlibat.

2. Rumusan Masalah Komperatif

Rumusan masalah Komperatif adalah rumusan yang membahas mengenai perbandingan antar variable dengan beberapa variable. Dalam sebuah penelitian ada juga yang membahas mengenai perbandingan suatu variabel untuk menentukan variabel mana yang baik dan di rekomendasikan.

3. Rumusan Masalah Asosiatif

Rumusan masalah asosiatif adalah rumusan yang menghubungkan variabel satu dengan yang lain. Berbeda dengan komperatif yang membandingkan, asosiatif ini mencari hubungan variabel yang berkaitan dan memiliki pengaruh.

Cara Membuat Rumusan Masalah

Di bawah ini adalah cara membuat rumusan masalah, perhatikan dengan baik agar bisa membuat rumusan masalah yang baik dan benar serta menjawab permasalahan.

  • Menentukan permasalahan (pada latar belakang)
  • Rumusan masalah adalah kalimat tanya
  • Rumusan masalah yang baik adalah jelas, padat dan tidak bertele-tele
  • Rumusan masalah sebagai petunjuk pembahasan dan kesimpulan
  • Rumusan masalah menjadi titik sentra makalah
  • Rumusan masalah sebagai kalimat tanya dan pada kesimpulan menjawab permasalahan

Dari cara membuat rumusan masalah di atas ada hal yang sangat penting dalam membuat rumusan maslaah. Hal yang paling penting adalah latar belakang, rumusan masalah, dan kesimpulan harus berkaitan dan singkron. Jika tidak ada hubungannya atau tidak memjawab permsalahan maka makalah bisa di sebut gagal.

Sekian pembahasan kami mengenai rumusan masalah makalah dan cara membuatnya. Semoga anda mendapatkan apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel-artikel yang menarik dan tentunya bermanfaat.

“Teruslah Belajar, karena dunia tidak membutuhkan orang yang bodoh”