Pengertian, dan Rumusan Capaian Pembelajaran PKBM

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) fungsi PKBM dan rumusan capaian pembelajaran PKBM. Simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian PKBM

Pengertian PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) adalah suatu wadah yang menampung seluruh kegiatan belajar masyarakat. Tujuan PKBM adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, keahlian dan keterampilan yang di kelolah masyarakat dan di hasilkan masyarakat.

Dengan adanya PKBM maysrakat dapat lebih mandiri dalam sosialnya dan memenuhu kebutuhan hidup. Pknm dimaksudkan agar mayarakat mempunyai pendapatan sendiri terkait dengan keterampilan yang di milikinya.

Masyarakat yang dapat mengikuti PKBM adalah masyarakat yang terbuka akan pengetahuan, serta kaingintahuan yang tinggi. Dalam setiap pembelajaran ada manfaat yang dapat bias di ambil. PKBM terus disempurnakan terutama dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan lembaga, sasaran, kondisi daerah serta model pengelolaan.

PKMB merupakan Lembaga di luar sistem Pendidikan formal, tetapi Lembaga Pendidikan yang di kembangkan oleh masyarakat, dikelola masyarakat dan untuk masyarakat. Sistem PKBN perlu di kembangkan di pedesaandan perkotaan untuk mendongkrak perekonomian.

Pembelajaran PKBM berperan dalam pembelajaran masyarakat dalam pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan sarana dan prasarana potensi sekitar. Pemanfaatan sumberdaya di sekitar dengan baik dan menghasilkan produk atau jasa yang menghasilkan nilai yang tinggi.

Ibu rumah tangga perlu dengan PKBM untuk mengisi waktu luar dan dapat bersosialisasi dengan ibu rumah tangga yang lain. Pemanfaatakn PKBM dapat menjadi penambah penghasilan bagi kehidupan mereka.

Pengertian, Fungsi, dan Rumusan Capaian Pembelajaran PKBM

Rumusan Capaian Pembelajaran PKBM

Berikut ini adalah capaian pembelajaran PKBM antara lain:

1.      Program keaksaraan fungsional

Indonesia terdapat 5,2 juta orang usia 10 sampai 44 tahun yang masih buta huruf, apabila ditambah dengan anak yang putus sekolah (drop out) maka jumlah tersebut akan mencapai 6 juta orang (Depdiknas, 2006). Tujuan dalam pembelajaran ini meningkatkan keaksaraan dasar warga masyarakat yang belum bias baca tulis. Pengembangan dan pembelajaran tergantung dalam kebutuhan dan mata pencaharian masyarakat.

2.      Pengembangan anak dini usia (early childhood)

PKBM bukan hanya untuk orang dewasa tetapi juga adan pembelajaran untuk anak usia dini. Program ini dikembangkan di PKBM diperhatikan anak pada usia dini. Rendahnya kualitas hasil pendidikan di Indonesia selama ini cerminan rendahnya kualitas SDM Indonesia. Sehingga anak usia dini harus mengikuti PKBM yang di kembangkan. Anak dini tersebut akan terlatih menjadi anak yang produktif.

3.      Program kesetaraan (equivalency education)

Terlalu tinggi angka putus sekolah mengakibatkan seteraan ini memiliki range yang jauh. Peran PKBM sebagai pusat pembelajaran masyarakat memiliki peran dalam penambahan program-program pembelajaran masyarakat. Program kesetaraan melingkupi program Kelompok Belajar paket A setara SD/MI, Kelompok Belajar Paket B setara SMP/MTs dan Kelompok Belajar Paket C SMA/MA.

4.      Kelompok belajar usaha

Selain belajar mengenai pengetahuan dan aksara di PKBM ini juga belajar berusaha. Dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada menciptakan produk dan jasa yang memiliki daya jual di pasaran. Diberikannya pelatihan dalam berwirausaha.

5.      Pengembangan program magang pada PKBM

Magang jiga bias dilakukan masyarakat jika ingin lebih mengenai pembelajaran PKBM.

Salah satu program yang teridentifikasi dikembangkan PKBM adalah program magang. Dalam PKBM magang dibagi dalam dua kegiatan ada magang individual dan ada magang kelompok. Magang individual adalah magang yang dilakukan oleh satu orang warga belajar pada kegiatan-kegiatan pelatihan atau keterampilan tertentu. Sedangkan magang kelompok adalah pemagangnya lebih dari 1 orang biasanya 2 sampai dengan 5 orang. Jenis keterampilan yang dimagangkan sangat bervariasi dan tergantung kebutuhan dan kesiapan warga belajar serta kesiapan PKBM dalam meyiapkan program-program yang sesuai dengan dunia industri. Sasaran magang adalah warga belajar yang minimal sudah terbebas dari buta huruf atau telah menyelesaikan pendidikan dasar (Paket A dan B, SD/MI, SMP/MTs) serta memiliki dasar keterampilan tertentu.

Fungsi PKBM

Berikut ini adalah fungsi PKBM antara lain:

1.      Tempat Masyarakat Belajar

Tempat masyarakat belajar (learning society) dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan pelatihan. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan kemampuan dan keterampilan dengan baik menghasilkan nilai rupiah.

2.      Tempat Tukar Belajar

Tempat tukar belajar (learning exchange) sebagai tempat bertukar informasi, keterampilan dan pengetahuan. Dalam perkumpulan PKBM dapat terjadi komunikasi atau pembelajaran yang di lakukan. Saling belajar dan saling berbagi ilmu untuk tujuan yang sama.

3.      Pusat Pengetahuan dan Informasi

Pusat pengetahuan dan informasi masyarakat yang berkumpul bertukar informasi. PKBM dapat menjadi perpustakaan masyarakat yang menyediakan informasi pengetahuan. Selain itu PKBM dapat menjadi pengembang pengetahuan.

4.      Sentra Pertemuan Berbagai Lapisan Masyarakat

Tempat berkumpulnya masyarakat dari berbagai kelangan. Masyarakat biasa saja hingga yang bertitle tinggi. Mereka saling bertukar informasi masing-masing tergantung pengalaman mereka. Berkumpulan dari berbagai lapisan masyarakat berbagai bidang kemudian saling bertukar infromasi.

5.      Pusat Penelitian Masyarakat

Tempat pusat penelitian masyarakat yang sedang melakukan penelitian. Dalam hal ini masyarakat menjadi objek utama dalam penelitian. Studi kasus dalam suatu daerah yang dapat mengembangkan potensi dan keterampilan. Didalam PKBM banyak peneliti atau mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dalam lingkup masyarakat.

6.      Kursus keterampilan

Salah satu keterampilan yang di ajarkan PKBM adalah keterampilan computer (software dan Hardware), keterampilan bahasa inggris, tata busana dan lain-lain. Program-program tersebut dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mendukung profesi (profesional).

Baca Juga:

Rumusan Asas Dasar Negara RI Dikemukakan Oleh

Rumusan Apa Yang Dihasilkan Panitia Sembilan

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Rumusan Capaian Pembelajaran PKBM. Terima kasih sudah mengunjungi rumus.co.id, kunjungi terus akan ada artikel menarik dan bermanfaat.