Rumusan Akhir Pancasila

Posted on

Rumus.co.id – sebelumnya kuta sudah membahas mengenai rumusan dasar negara yang outentik dan rumusan dasar negara suekarno, M yamin dan suepomo. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai rumusan akhir Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rumusan Akhir Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia berarti lima dasar yang dapat di jadikan dasar dan perjanjian luhur bangsa Indonesia. Ada beberapa tokoh yang membuat dasar negara Indonesia dengan berbagai versi. Tokoh-tokoh tersebut adalah Ir Suekarno, Muh Yamin dan Mr Suepomo.

Dr suepomo dalam perumusan dasar negara yang terdiri dari persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir dan batin, musyawarah, keadilan rakyat.

Muh yamin dalam perumusan dasar negara yang terdiri dari Ketuhanan Yang Maha Esa, Kebangsaan Persatuan Indonesia, Rasa Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ir Suekarno dalam perumusan dasar negara yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia atau nasionalisme, Internasionalisme atau peri kemanusiaan, Mufakat atau demokrasi, Kesejahteraan social, Ketuhanan. Rumusan yang di sampaikan suekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dikenal sebagai lahirnya Pancasila. Ir suekarno juga yang memberinama Pancasila yang berarti lima dasar untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rumusan Akhir Pancasila

Rumusan Akhir Pancasila pada Pembukaan UUD 1945

Rumusan akhir terdapat pada pembukaan Undang Undang Dasar 1945 pada sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Rumusan yang sebelumnya dibuat oleh panitian Sembilan pada piagam Jakarta yang di bentuk eleh BPUPKI.

Pada tanggal 18 Agustus 1945 secara resmi memutuskan dan mengesahkan bahwa sadar negara Indonesia adalah Pancasila yang berisi 5 dasar. Dalam hal ini di sebutkan juga pada Undang-undang Dasar 1945 pada alinea ke empat dan kalimat terakhir. Pada saat itulah 5 dasar Pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia sampai sekarang.

Dalam UUD 1945 yang sudah di sahkan oleh PPKI terdapat dua bagian yaitu pembukaan dan bagian batang tubuh UUD yang berisi 37 Pasal, 1 aturan peralihan terdiri 4 pasal, 1 aturan tambahan terdiri 2 ayat. UUD 1945 ada 4 alinea dan alinea ke empat berisikan rumusan Pancasila.

5 Rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

5 Rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang sah sebagai dasar negara Indonesia:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

5 rumusan ini benar karena mempunyai kedudukan konstitusional dan juga di sahkan mewakili seluruh rakyat Indonesia yaitu PPKI dan si sepakati oleh seluruh bangsa Indonesia.

Rumusan akhir Pancasila di sebar luaskan agar bangsa Indonesia mengetahui bahwa Indonesia sudah merdeka. Kemerdekaan Indonesia di siarkan di berbagai radio dalam negeri hingga luar negeri. Setalah Indonesia merdeka, Indonesia mengalami fase orde baru yang menggantikan orde lama.

Berikut ini adalah artikel yang berkaitan dengan dasar negara Indonesia:

Rumusan Dasar Negara yang Otentik Terdapat pada

5 Rumusan Dasar Negara Ir Suekarno, M Yamin, Suepomo

5 Rumusan Pancasila dalam Naskah Piagam Jakarta

Demikian pembahasan mengenai rumusan akhir Pancasila. Kunjungi terus rumus.co.id banyak sekali artikel-artikel menarik dan tentunya bermanfaat.