Rumusan Administrasi Kepegawaian Menurut Para Ahli

Posted on

Rumusan administrasi kepegawaian РKenapa harus ada administrasi kepegawaian? Seberapa penting administrasi kepegawaian terhadap perusahaan dan pegawai. Nah di bawah ini akan membahas pengertian, materi, jenis Рjenis, tujuan, ruang lingkup, dan rumusan administrasi kepegawaian menurut para ahli.

Sulit mencari pekerjaan saat ini bagi pelamar pekerjaan, administrasi kepegawaian adalah salah satu wadah untuk pelamar pekerjaan. Pengelolahan ini akan di berikan pelatihan, pengalaman dan motivasi-motivasi yang mendukung.

Pengertian Administrasi Kepegawaian

Pengertian administrasi kepegawaian adalah pengelolahan yang berhubungan dengan kepegawaian. Pengelolahan yang di lakukan adalah mengontrol, melaksanakan, menciptakan, dan penempatan pegawai pada perusahaan.

Mengapa harus ada administrasi kepegawaian? Karena dengan adanya administrasi kepegawaian akan ada pengelolahan pegewaian untuk pekerja yang akan di tempatkan pada sebuah perusahaan. Apa yang di butuhkan pegawai perusahaan akan terpenuhi. Saat ini banyak sekali lulusan bidang yang tidak sesuai dengan bidang kerja. Sehingga pekerja tersebut akan belajar dari nol kembali. Jika menerapkan administrasi kepegawaian akan mencari pegawai yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Administrasi kepegawaian contohnya job fair yang di lakukan oleh beberapa kelompok. Pada job fair tersebut banyak sekali pelamar pekerjaan dan ada perusahaan yang mencari pegawai. Dalam hal ini perusahaan akan menyeleksi dari setiap pegawai. Biasanya ada tes tertulis, logika dan wawancara. Untuk hasil akan di umumkan beberapa hari kemudian via email atau telephone.

Rumusan Administrasi Kepegawaian, Tujuan

Ada beberapa para ahli mendefinisikan tentang administrasi kepegawaian. Untuk lebih jelas silahkan lihat di bawah ini pengertian administrasi kepegawaian menurut para ahli :

Pengertian administrasi kepegawaian menurut M. Manullang (2008:11)

Administrasi kepegawaian adalah seni dan ilmu perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan tenaga kerja untuk tercapainya tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan adanya kepuasan hati pada diri para pegawai.

Pengertian administrasi kepegawaian menurut Handoko (2000:24)

Pengertian administrasi kepegawaian menurut Handoko adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan pembinaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan baik tujuan-tujuan individu ataupun organisasi.

Pengertian administrasi kepegawaian menurut Andrew f.Sikula (1990:11)

Personel administration is the implementation of human resources (man power) yang artinya administrasi kepegawaian adalah penempatan orang-orang kedalam suatu perusahaan.

Pengertian administrasi kepegawaian menurut Felix A. Nigro (1963:36)

Administrasi Kepegawaian adalah seni memilih pegawai-pegawai baru dan mempekerjakan pegawai-pegawai lama sedemikian rupa sehingga dari tenaga kerja itu diperoleh mutu dan jumlah hasil serta pelayanan yang maksimum.

Tujuan Administrasi Kepegawaian

Tujuan utama administrasi kepegawaian adalah pengelolahan, perekrutan dan pembinaan pegawai, dan menjadi wadah pencari kerja, serta membantu perusahaan mencari pegawai dengan cepat dan tepat. Berikut ini adalah tujuan administrasi kepegawaian antara lain:

  • Merekrut pegawai sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Mencari pegawai dengan cepat dan tepat
  • Mengembangkan sistem manajemen informasi kepegawaian
  • Dapat meningkatkan sumber daya manusia
  • Pegawai di berikan pelatihan dan peningkatan keterampilan
  • Meningkatkan pembinaan pegawai untuk akuntabilitas dan kesejahteraan pegawai
  • Peningkatan kinerja pelayanan kepegawaian dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah daerah guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik
  • Menjadi wadah pencarian pekerjaan
  • Memberikan pengalaman untuk pencari pekerjaan
  • Pegawai merasa termotivasi dengan adanya pelatihan
  • Menemukan pegawai yang berkopeten

Terima kasih anda sudah membaca artikel rumus.co.id. Semoga anda mendapatkan apa yang anda mau pada artikel ini. Kunjungi terus rumus.co.id banyak artikel-artikel rumus yang menarik dan tentunya bermanfaat. Anda juga bisa bertaya melalui kolom komentar di bawah dan memberikan saran kepada kami.

Baca Juga :

Related posts: