Rumus Matematika SMP

Posted on

Rumus Matematika SMP – SMP merupakan singkatan dari kalimat (Sekolah Menengah Pertama). Di Indonesia sendiri, setiap warga negara yang akan memasuki kejenjang pendidikan SMP, harus mengambil jenjang pendidikan terlebih dahulu TK (Taman Kanak-Kanak) selama 2 tahun, pada umur 5 atau 6 tahun. Kemudian berlanjut kedalam jenjang pendidikan SD (Sekolah Dasar) selama 6 tahun, pada umur 7 tahun.

Rumus Matematika SMP

Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan SD (Sekolah Dasar), berlanjut kembali ke jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama), selama 3 tahun, pada umur 13 tahun. Dan kemudian berlanjut ke jenjang pendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), selama 3 tahun, pada umur 16 tahun.

Lalu terakhir berlanjut menjadi seorang Mahasiswa di sebuah Universitas, sesuai dengan jurusan yang diminati, 3 tahun atau lebih sesuai dengan gelar yang akan diambil seperti D3, S1, S2, dan S3.

Penjelasan diatas merupakan struktur-struktur pendidikan yang berada di Indonesia atau mungkin juga berada di Negara lainnya. Tetapi pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang pelajaran yang berada di SMP (Sekolah Menengah Pertama), khususnya pelajaran yang sebagian besar, tidak di sukai oleh kalangan pelajar, yaitu Matematika.

Pengertian Matematika

Sebelum kita memasuki Rumus-Rumus Matematika SMP (Sekolah Menengah Pertama), terlebih dahulu kita akan membahas apa itu Matematika? Serta siapakah penemu Matematika?. Berikut adalah pengertian Matematika serta Tokoh Ilmuwan Penemu Matematika :

Matematika (Dalam Bahasa Yunani : μαθημα – mathēma, artinya “Pengetahuan, Pemikiran, Pembelajaran”) adalah Ilmu yang mempelajari hal-hal seperti Struktur, Perubahan, Besaran, Pecahan, Perkalian, Pembagian, Dll.

Para ahli Ilmu Matematikawan merangkai dan menggunakan berbagai pola untuk digunakan dalam merumuskan Konjektur baru, dan membangun kebenaran melalu cara Metode Deduksi yang ketat, kemudian diturunkan pada aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang memiliki kesesuaian.

Tokoh Ilmuwan Penemu Matematika

Berikut ini adalah Tokoh Ilmuwan yang menemukan Matematika yang telah kita pelajari ilmunya sampai saat ini :

1. Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti

Rumus Matematika SMP

Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti adalah Ilmuwan Astronomis, Alkimiawan, Matematikawan, serta Seorang Ulama Arab Islam yang lahir dari Al-Andalus sekarang Kota Madrid (Negara Spanyol).

Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti, Beliau adalah Seorang Ilmuwan Matematikawan yang menuliskan sebuah risalah Matematika yang berjudul Al-Mutamalat, dalam risalah ini Beliau menjelaskan mengenai penerapan penjualan dan penjaka, penggunaan Al-Jabar, Operasi Geometri dan Ilmu Perhitungan.

Abul Qasim Maslamah bin Ahmad Al-Majriti meninggal dunia pada tahun 1007 M (397 Hijriyah).

2. Muhammad Ibn Jabir Ibn Sinan Abu Abdulah (Al-Battani)

Rumus Matematika SMP

Muhammad Ibn Jabir Ibn Sinan Abu Abdullah (Al-Battani) dikenal sebagai Bapak Trigonometri. Beliau merupakan Tokoh besar Bangsa Arab dan Gubernur Syria, Beliau merupakan Ilmuwan Astronom Muslim terbesar dan Ilmuwan Matematikawan ternama di Dunia. Beliau lahir pada tahun 858 M, di Harran dekat Urfa, Upper Mesopotamia (Negara Turki).

Muhammad Ibn Jabir Ibn Sinan Abu Abdullah (Al-Battani) orang pertama yang  melahirkan atau menemukan Trigonometri untuk level yang lebih tinggi yang menyusun Tabel Cotangen. Salah satu penemuannya yang terkenal yaitu Gagasan Al-Mawarzi tentang Tangen dalam mengembangkan persamaan untuk menghitung Tangen, Contangen dan menyusun perhitungan Tabel Tangen. 

Muhammad Ibn Jabir Ibn Sinan Abu Abdullah (Al-Battani) juga menemukan fungsi kebalikan dari Garis Potong, dan menghasilkan Tabel Consecan yang disebut sebagai Tabel Bayangan untuk setiap gelar dari 1 ° sampai 90 °.

Muhammad Ibn Jabir Ibn Sinan Abu Abdullah (Al-Battani) meninggal dunia pada tahun 929 M.

Rumus Matematika SMP

Setelah kita membahas tentang pengertian Matematika dan juga Tokoh Penemuan Matematika, berikut ini adalah Contoh Soal beserta Rumus-Rumus Matematika SMP (Sekolah Menengah Pertama) yakni sebagai berikut :

NODaftar Materi Matematika SMP
1Rumus Perpangkatan & Bentuk Akar
2Rumus Barisan & Deretan Aritmatika
3Rumus Deret Geometri
4Perbandingan Bertingkat
5Rumus Bangun Tabung
6Rumus Bangun Kerucut
7Rumus Bangun Bola
8Statistika
9Mean (Nilai Rata-Rata)
10Median (Nilai Tengah)
11Modus (Nilai yang sering muncul)
12Rumus Peluang
13Koordinat Kartesius
14Rumus Fungsi Kuadrat

Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini :

1. Rumus Perpangkatan & Bentuk Akar

Rumus Matematika SMP

2. Rumus Barisan & Deretan Aritmatika

Rumus Matematika SMP

3. Rumus Deret Geometri

Rumus Matematika SMP

Keterangan :
a : Suku Pertama
r : Rasio
n : Banyaknya Suku
Un : Suku Ke-n
Ut : Suku Tengah
Sn : Jumlah n Suku Pertama

4. Perbandingan Bertingkat

Rumus Matematika SMP

5. Rumus Bangun Tabung

Rumus Matematika SMPRumus Matematika SMP

6. Rumus Bangun Kerucut

Rumus Matematika SMPRumus Matematika SMP

7. Rumus Bangun Bola

Rumus Matematika SMP

8. Statistika

Pada kelas 9 SMP (Sekolah Menengah Pertama) tentu saja kita pernah belajar tentang Statistike yang meliputi diantaranya, yaitu : Mean (Nilai Rata-Rata), Median (Nilai Tengah), & Modus (Nilai yang sering muncul).

Berikut adalah Rumus-Rumus dari Mean (Nilai Rata-Rata), Median (Nilai Tengah), & Modus (Nilai yang sering muncul) :

9. Mean (Nilai Rata-Rata)

 

Rumus Matematika SMP

10. Median (Nilai Tengah)

Rumus Matematika SMP

11. Modus (Nilai yang sering muncul)

Rumus Matematika SMP

12. Rumus Peluang

Rumus Matematika SMP

13. Koordinat Kartesius

Koordinat Kartesius disusun dalam bilangan x dan y

Rumus Matematika SMP

Koordinat Kartesius ditentukan dalam bilangan x dan y. Kita bisa menentukan bilangannya dengan memperhatikan pada titik 0. Kemudian lihat angka yang berada pada sumbu x dan y nya.

Perhatikan Tabel Kwadran di bawah ini :

Rumus Matematika SMP

14. Rumus Fungsi Kuadrat

Fungsi Kuadrat memiliki suatu Grafik yang seperti Koordinat Kartesius tetapi pada bentuknya berupa Parabola terbuka ke atas (a ˃ 0) & terbuka ke bawah (a ˂ 0).

Berikut ini adalah Grafik Fungsi Kuadrat :

  • Tentukan nilai y = f(x)= ax²+bx²+c kepada sumbu x, apabila y = 0
  • Tentukan nilai titik potong, apabila x = 0
  • Tentukan sumbu simetri menggunakan rumus
  • Rumus Matematika SMP

 

  • Kemudian, tentukan titik puncak y = f (x) menggunakan rumus.
  • Rumus Matematika SMP

 

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Rumus Matematika SMP beserta Pengertian, Tokoh Ilmuwan Matematika, Rumus-Rumus Matematika.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.