Rumus Kecepatan Dan Kelajuan Beserta Perbedaan dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumus.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas materi tentang rumus archimedes, kali ini kita akan membahas materi tentang kecepatan dan kelajuan, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap mulai dari pengertian kecepatan dan kelajuan, jenis-jenis, perbedaan, rumus, Contoh serta pembahasannya.

Pengertian Kelajuan

Di dalam kinematika, kelajuan(atau laju) suatu objek (simbol: v) merupakan besarnya (magnitudo) kecepatan objek tersebut; oleh karena itu, kelajuan adalah besaran skalar. Sedangkan kelajuan sesaat ialah limit dari kecepatan rata-rata ketika selang waktu mendekati nol. Kecepatan memiliki arah sedangkankelajuan tidak.

Pengertian Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran vektor yaitu besaran yang memiliki besar dan arah. Kecepatan dapat kita didefinisikan sebagai perubahan posisi sebagai fungsi waktu. Definisi ini didapatkan dari hasil diferensial perpindahan sebagai fungsi waktu. Kelajuan pun dapat  kita didefinisikan sebagai perubahan jarak sebagai fungsi waktu.

Macam – Macam Kelajuan dan Kecepatan

Suatu benda yang bergerak, faktanya nilai kelajuan maupun kecepatannya tidak selalu konstan tetapi selalu berubah setiap saat. Seperti misalnya ketika kita berkendara di jalan bebas hambatan dengan berkendara di jalan yang sempit dan ramai.

Tentunya kita akan merasa nyaman berkendara di jalan bebas hambatan bukan?

Ketika kita berkendara di jalan yang sempit dan ramai, terkadang kelajuan atau kecepatan kendaraan tinggi, rendah bahkan terpaksa harus berhenti karena macet.

Oleh karena itu nilai kelajuan maupun kecepatan suatu benda yang bergerak tidak selalu konstan maka dikenal istilah rata-rata dan sesaat pada kelajuan atau kecepatan.

A. Macam – Macam Kelajuan

Dalam Fisika, kelajuan dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Kelajuan Rata-Rata
Kelajuan rata-rata merupakan jarak total yang ditempuh suatu benda yang bergerak selama selang waktu tertentu.

2. Kelajuan Sesaat
Kelajuan sesaat merupakan kelajuan rata-rata yang waktu tempuhnya mendekati nol.

B. Macam – Macam Kecepatan

Sama halnya dengan kelajuan, kecepatan juga dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata merupakan total perpindahan yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak selama selang waktu tertentu.

2. Kecepatan Sesaat
Kecepatan sesaat merupakan kecepatan rata-rata yang selang waktunya mendekati nol.

Perbedaan Kecepatan dan Kelajuan

Besaran skalar seperti kelajuan hanya mengacu kepada besarnya suatu tindakan (magnitudo). Di sisi lain, besaran vektor mengacu pada besar dan arah dari suatu tinda kan. Contohnya, kelajuan ialah besaran skalar sehingga dapat dinyatakan dalam kalimat seperti “Doni bergerak dengan kelajuan 5 meter per detik”.

Kecepatan dapat kita nyatakan dalam kalimat seperti “Doni bergerak dengan kecepatan 5 meter per detik ke arah utara”. Terdapat nya arah membuat kecepatan menjadi besaran yang lebih komprehensif dibandingkan dengan kelajuan dalam perhitungan rumus-rumus fisika.

Definisi ilmiah kelajuan merupakan jarak tempuh dibagi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Sedangkan kecepatan ialah laju perpindahan per satuan waktu dengan suatu arah tertentu.

Maka sebenarnya perbedaan keduanya sangat sederhana, yakni bahwa kecepatan memiliki arah sedangkan kelajuan tidak memiliki arah.

Rumus Kelajuan Dan Kecepatan

1. Rumus Kelajuan Rata-Rata

Dalam Fisika kelajuan rata-rata digambarkan sebagai v bar, jarak yang ditempuh digambarkan dengan s dan waktu tempuh dilambangkan t, secara matematis persamaan kelajuan rata-rata ialah sebagai berikut :
Rumus kelajuan rata rata
Rumus kelajuan Rata-Rata

2. Rumus Kecepatan Rata-Rata

Sesuai dengan definisi kecepatan rata-rata di atas, maka secara matematis persamaan kecepatan rata-rata dapat ditulis sebagai berikut :
Rumus Kecepatan Rata-Rata
Rumus Kecepatan Rata-Rata

3. Rumus Kelajuan Sesaat dan Kecepatan Sesaat

Kelajuan sesaat merupakan total jarak yang ditempuh suatu benda pada selang waktu yang sangat pendek. Sementara itu, kecepatan sesaat ialah total perpindahan yang ditempuh suatu benda pada selang waktu yang sangat pendek. Karena kecepatan sesaat terjadi pada waktu yang sangat pendek, maka kelajuan sesaat adalah besar/nilai dari kecepatan sesaat. Kecepatan sesaat dirumuskan sebagai berikut :
Rumus Kelajuan Sesaat dan Kecepatan Sesaat
Rumus Kelajuan Sesaat dan Kecepatan Sesaat

Contoh Soal Kelajuan dan Kecepatan

Rama berjalan ke Selatan sejauh 80 m, kemudian berbalik arah ke Utara menempuh jarak 50 m. perjalanan tersebut memerlukan waktu selama 50 s. Hitunglah berapa kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata Rama dalam perjalanannya?

Penyelesaian :


Rumus jarak total
Jarak total= AC
AC =AB + BC
AC =80 m + 50 m
AC =130 m

 

Rumus perpindahan
Perpindahan= AC
AC =AB − BC
AC =80 m − 50 m
AC =30 m

Jadi :
Kelajuan rata-rata =jarak total/waktu tempuh
Kelajuan rata-rata =130 m/50 s
Kelajuan rata-rata =2,6 m/s

Kecepatan rata-rata =perpindahan/waktu tempuh
Kecepatan rata-rata =30 m/50 s
Kecepatan rata-rata =0,6 s.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai materi tentang kelajuan dan kecepatan, Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait :