Rumus Energi Listrik

Posted on

Rumus Energi Listrik – Energi Listrik merupakan suatu energi yang sangat diperlukan oleh seluruh manusia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Apalagi dizaman modern ini hampir 90% seluruh kegiatan manusia yang menggunakan alat-alat teknologi selalu mengandalkan energi listrik.

Rumus Energi Listrik

Karena tanpa adanya energi listrik ini semua alat-alat teknologi yang digunakan oleh manusia tidak akan dapat bekerja dengan baik, seperti : Televisi. Radio, Mobil, Motor, Komputer, apalagi yang namanya Internet yang sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang energi listri beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalamnya.

Pengertian Energi Listrik

Energi Listrik adalah Sebuah energi utama yang berfungsi untuk peralatan-peralatan elektronik yang didalamnya tersimpan Arus Listrik dengan Satuan Ampere (A), Tegangan Listrik dengan Satuan Volt (V),  dan ketentuan kebutuhan Konsumsi Daya Listrik dengan Satuan Walt (W). 

Rumus & Contoh Soal Energi Listrik

Energi Listrik terjadi karena suatu aliran muatan listrik yang terdapat didalam rangkaian listrik tertutup. Berikut ini adalah penjelasannya dalam bentuk rumus.

RumusKeterangan
W : Energi Listrik
W = V.I.tV  : Tegangan Listrik
     = P.tI   : Kuat Arus Listrik
t   : Waktu
P : Daya Listrik

Contoh Soal Pertama

Pertanyaan :Pada sebuah lampu pijar dengan daya sebesar 80 Watt dan tegangan listrik sebesar 220 Volt, lalu terpasang pada sumber listrik berpotensial 110 Volt. Jadi seberapa besar daya yang telah dipakai lampu pijar itu tersebut?

Diketahui :

Besar Daya (P1) : 80 Watt

Potensial Listrik (V2 ) : 110 Volt

Tegangan Listrik (V1 ) : 220 Volt

Jawaban :

Rumus Energi Listrik

 

 

 

 

Jadi Besarnya Daya yang telah dipakai lampu pijar tersebut sebesar 40 Watt.

Contoh Soal Kedua

Pertanyaan :Pada sebuah rumah menggunakan listrik dengan daya sebesar 500 Watt, dan memiliki tegangan listrik sebesar 110 Volt. Jika penerangan pada rumah itu menggunakan sebuah lampu dengan daya sebesar 100 Watt dan tegangan listrik sebesar 220 Volt. Maka berapakah jumlah lampu maksimum yang dapat dipasang?

Diketahui :

Besar Daya (P) : 500 Watt & 100 Watt

Tegangan Listrik (V) : 110 Volt & 220 Volt

Jawaban :

1. Hambatan pada lampu :

Rumus Energi Listrik

 

 

 

 

2. Besar daya pada lampu dengan tegangan 110 Volt :

Rumus Energi Listrik

 

 

 

 

3. Jadi apabila rumah tersebut menggunakan daya sebesar 500 Watt :

Rumus Energi Listrik

 

 

 

Maka jumlah lampu maksimum yang dapat dipasang dirumah tersebut sebanyak 20 buah.

 

Perubahan Energi Listrik

Dalam Hukum Energi bahwa, setiap energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dihilangkan, tetapi setiap energi dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya. Pada hal ini energi listrik dapat melakukan suatu perubahan bentuk energi lainnya, yaitu diantaranya adalah Energi Bunyi, Energi Cahaya, Energi gerak, Energi Dorongan, dan Energi lain-lainnya.

Pada berikut ini kita akan membahas perubahan-perubahan bentuk energi listrik menjadi energi lainnya :

1. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Cahaya

Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Lampu Pijar atau Neon. Karena ketika Aliran Arus Listrik, pada Elemen Panas (Filamen) yang terdapat didalam Lampu Pijar atau Neon tersebut mudah sekali terbakar, oleh sebab itu pada bola lampu diisi dengan Gas Argon dan Nitrogen agar Filamen tidak mudah terbakar sehingga dapat bercahaya mencapai suhu 1.000 Kalor.

2. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Kalor

Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Alat Pemanas Air. Karena ketika Arus Listrik yang terdapat pada kompor listrik, mampu membuat perubahan Energi Kalor pada Alat Pemanas Air, hal ini dapat kita lihat akan Air yang berada didalam Alat Pemanas tersebut akan mengalami pendidihan.

3. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Kimia

Dalam bentuk perubahan ini terjadi pada sebuah Logam Emas. Pada saat ini proses pelapisan Logam Emas yang membutuhkan Energi Listrik sehingga mampu menguraikan Senyawa Kimia yang terdapat pada Logam Emas dan perlahan-lahan terlepas menjadi partikel-partikel kecil yang akan menjadi melapisi Emas tersebut.

4. Energi Listrik Berubah Bentuk Menjadi Energi Gerak

Dalam bentuk perubahan Energi Listrik menjadi Energi Gerak (Kinetik) ini terjadi pada sebuah Batu Baterai yang digunakan pada sebuah mainan mobil-mobilan, karena pada Batu Baterai tersebut memiliki Energi Arus Listrik sehingga dapat bergerak melaju.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Energi Listrik beserta Pengertian, Rumus-Rumus, dan Contoh Soalnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.