Rumus Besaran Turunan, Pengertian, dan Tabel Besaran Turunan

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus besaran turunan dan pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas soal rumus alkana.  Dan di dalam rumus besaran turunan terdapat dimensi dan banyak rumus yaitu rumus usaha(W), muatan listrik(Q), energi potensial (EP), molaris zat (M), frekuensi (f), tekanan(t), dan daya(p).

Pengertian Besaran Turunan

Pengertian dari besaran turunan itu sendiri sebenar nya sesuai dengan namanya iyalah sebuah besaran fisika yang diturunkan dari satu atau pun lebih dari besaran pokok.

Dan perlu kalian semua tahu bahwa selain besaran turunan ada juga hal yang lain nya, yang harus kalian semua tahu yaitu besaran pokok.

Maksud kata dari kata di turunkan di sini merupakan sebuah penguraian besaran. Misal nya dalam sebuah contoh yaitu besaran luas merupakan hasil dari turunan atau hasil kali 2 besaran panjang yaitu ( p x l ).

Lalu contoh dari besaran turunan lain nya yaitu Volume. Kenapa volume karna volume termasuk ke dalam besaran turunan karena ia merupakan sebuah hasil kombinasi atau perkalian dari 3 besaran panjang. Dan jika di uraikan dalam rumus nya, ketiga besaran panjang tersebut yaitu seperti ini ( p ) panjang, ( l ) lebar dan ( t ) tinggi dengan satuan nya adalah m ( meter ).

Dengan demikian, secara tepat dapat di simpulkan bahwa besaran turunan iyalah sebuah besaran yang elemen nya terdiri dari beberapa besaran pokok.

Dan berikut ini tabel daftar lengkap dari besaran turunan. Dan agar lebih jelas, saya akan berikan beserta pengertian singkat tentang masing – masing jenis silahkan lihat saja di bawah ini.

Tabel Besaran Turunan :

Tabel Rumus Besaran Turunan

Rumus Besaran Turunan

  1. Luas

Luas L  = ( p ) panjang  x ( l ) lebar

                = ( m2 )

Rumus luas iyalah L = panjang x lebar . Yang mana p termasuk ke dalam  besaran panjang dengan satuan nya yaitu meter dan l juga termasuk ke dalam besaran panjang ( m ).

2. Volume

Volume V  = ( p ) panjang  x ( l ) lebar x ( t ) tinggi

                      = ( m3 )

Rumus volume iyalah V = p . l . t. Dan ketiga nya sama – sama memiliki satuan yang sama yaitu meter ( m ). Sehingga hasil perkalian nya menghasilkan sebuah satuan besaran volume yaitu meter kubik ( m3 ).

  1. Percepatan

Percepatan ( a ) = ( v )  kecepatan : ( t ) waktu

                                        = m ( s2 )

Percepatan atau perlajuan dengan satuan SI nya adalah ( a ) iyalah sebuh besaran hasil turunan dari besaran kecepatan ( m/s ) dibagi waktu ( s ). Sehingga rumus yang di hasilkan nya iyalah a = v : t.

  1. Massa Jenis

Massa jenis ( ρ ) = massa ( m ) : volume ( v )

                                  = kg ( m3 )

Masa jenis iyalah sebuah besaran hasil turunan dari besaran massa ( kg ) dan dibagi besaran volume ( m3 ).  Jadi rumus fisika yang dihasilkan dari iyalah seperti ini ρ = m / v. Dan satuan nya iyalah kilogram per meter kubik ( kg/m3 ).

  1. Gaya

Gaya ( F ) = massa ( m ) x percepatan ( a )

                    = newton ( N )

Gaya ( F ) iyalah sebuah besaran turunan dari hasil perkalian antara masa ( m ) dengan percepatan ( a ). Dengan percepatan ( a ) iyalah hasil dari turunan besaran dengan  kecepatan ( v ) dan besaran waktu ( t ) dan dengan satuan akhir yaitu ( m/s2 ).

Jadi rumus yang di hasilkan iyalah F = m x a.

Sehingga satuan dari gaya iyalah kilogram meter persekon kuadrat ( kg m/s2 ) dan akhir nya di sebut dengan satuan N ( Newton ).

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus besaran turunan beserta pengertian nya dan rumus nya semoga bermanfaat…

Baca Juga :