Rumus Rubik 4×4 Tercepat Beserta Gambar Lengkap

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus rubik 4 x 4 dan pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas soal rumus luas selimut tabung. Dan di dalam rumus kubik 4 x 4 terdapat rumus rubik 4×4 pdf, rumus rubik 4×4 parity, rumus rubik 4×4 tercepat beserta gambar lengkap.

Cara bermain rubik 4 x 4 sebenar nya gampang – gampang susah, tapi ada banyak gampang nya dan susah nya sedikit. Karena pada inti nya teknik untuk bermain rubik 4 x 4 ialah sama dengan rubik 3 x 3. Prinsip dasar dari kedua nya adalah sama, mempunyai center, edge dan corner. Soal rumus nya pun bisa di katakan 80% sama, hanya saja nanti nya antara algoritma nya akan ada sedikit perbedaan rumus yang akan gunakan.

Perbedaan ini di sebabkan karena pada kubus rubik 3 x 3 memiliki 3 layer dan 1 titik center sedangkan kubus 4 x 4 memiliki 4 layer dan 4 titik center ( 2 x 2 ).

Nah, oleh karena itu jika kalian ingin bermain rubik 4 x 4, sebelum nya saya sarankan kalian mahir terlebih dahulu rubik 3 x 3, ataupun paling tidak bisa memahami nya di luar kepala. Dan jika belum tidak masalah kalian bisa mempelajari terlebih dahulu.

Jika kalian sudah mahir, barulah kita lanjutkan pada level 4 x 4. Baiklah seperti biasa agar tidak mengalami kebingungan saat mempraktekkan rumus nya, sebelum nya akan saya jelaskan bagian – bagian dari rubik 4 x 4 dan arah pergerakan nya.

Bagian – Bagian dari Rubik 4 x 4

Arah Pergerakan dari Rubik 4 x 4 (4 x 4 notations)

  • U ( Up ) = ialah gerakan memutar sisi atas searah dengan jarum jam.
  • Uw ( U double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi atas searah dengan jarum jam.
  • U’ ( U aksen ) = ialah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan dengan arah jarum jam.
  • u ( inner up ) = ialah gerakan memutar sisi atas bagian dalam ( layer ke-2 dari atas kebawah ) searah dengan jarum jam.
  • F ( Front ) = ialah gerakan memutar sisi depan searah dengan jarum jam.
  • Fw ( F double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi depan searah dengan jarum jam.
  • F’ ( F aksen ) = ialah gerakan memutar sisi depan berlawanan dengan arah jarum jam.
  • f ( inner front ) = ialah gerakan memutar sisi depan bagian dalam ( layer ke-2 dari depan ) searah dengan jarum jam.
  • L ( Left ) = ialah gerakan memutar sisi kiri searah dengan jarum jam.
  • Lw ( L double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi kiri searah dengan jarum jam.
  • L’ ( L aksen ) = ialah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan dengan arah jarum jam.
  • l ( inner left ) = ialah gerakan memutar sisi kiri bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam.
  • R ( Right ) = ialah gerakan memutar sisi kanan searah dengan jarum jam.
  • Rw ( R double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi kanan searah dengan jarum jam.
  • R’ ( R aksen ) = ialah gerakan memutar sisi kanan berlawanan dengan arah jarum jam.
  • r ( inner right ) = ialah gerakan memutar sisi kanan bagian dalam ( layer ke-2 dari pinggir ) searah dengan jarum jam.
  • B ( Back ) = ialah gerakan memutar sisi belakang searah dengan jarum jam.
  • Bw ( B double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi belakang searah dengan jarum jam.
  • B’ ( B aksen ) = ialah gerakan memutar sisi belakang berlawanan dengan arah jarum jam.
  • b ( inner back ) = ialah gerakan memutar sisi belakang bagian dalam ( layer ke-2 dari belakang ) searah dengan jarum jam.
  • D ( Down ) = ialah gerakan memutar sisi bawah searah dengan jarum jam.
    Dw ( D double ) = ialah gerakan memutar 2 sisi bawah searah dengan jarum jam.
  • D’ ( D aksen ) = ialah gerakan memutar sisi bawah berlawanan dengan arah jarum jam.
  • d ( inner down ) = ialah gerakan memutar sisi bawah bagian dalam ( layer ke-2 dari bawah ke atas ) searah dengan jarum jam.

Rumus Rubik 4×4

  • Menyelesaikan Center Nya

Berbeda dengan rubik 3 x 3 yang sudah ada center yang konstan ( tetap ). Center ini tidak akan berubah posisi nya walaupun di putar ke arah manapun. Sedangkan untuk rubik 4 x 4 center nya akan bisa selalu berubah atau berpindah posisi nya.  Dan bagian center rubik 4 x 4 terdiri dari 2 × 2 piece muka kubus, dan inilah yang harus kamu selesaikan satu per satu.

Pada dasar nya posisi center pada rubik 4 x 4 dengan rubik 3 x 3 adalah sama. Kita ambil contoh sisi putih kita letakkan di bagian atas, maka sisi kuning nya akan menjadi berlawanan dengan sisi putih nya. Sisi biru misal nya berada di depan, maka sisi belakang akan nampak warna hijau, dan jika sisi orange berada di sebelah kiri maka sisi merah lah yang akan berada di sebelah kanan. Mudah nya, kita letakkan putih di atas, kuning di bawah, maka sisi samping nya ialah MBOH ( merah, biru, orange, hijau ).

Maka selesaikan lah center masing – masing sisi dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

  • Menyamakan 2 Buah Pinggir Yang Bersebelahan

Ada 12 buah pasang pinggir yang harus di samakan. Di rubik 4 x 4 akan ada sepasang pinggir seperti gambar A di bawah ini, dan kita akan menyelesaikan satu per satu pinggir – pinggir nya agar menjadi seperti pada gambar B. Silahkan ikuti langkah nya. Dan kamu bebas bisa mencari kondisi yang sesuai dengan gambar rubik nya.

Ada 12 buah pasang pinggir yang harus di selesaikan. Nah, ketika tersisa 2 buah pasang pinggir, maka gunakan rumus berikut ini. Dan sesuaikan dengan posisi warna nya. Ini adalah penyelesaian double edge ( degde ) yang terakhir.

Jika semua pinggir ( dedge ) sudah bertemu dengan pasangan nya, maka hasil nya akan tampak seperti ini :

Lalu setelah ini, selesaikan langkah nya dengan menggunakan rumus 3 x 3. Pertama membuat 1 buah layer, lalu menyusun layer kedua nya. Ada perbedaan sedikit dengan rubik 3 x 3. Jika rubik 3 x 3 setelah tersusun layer kedua nya, maka langkah selanjut nya ialah kalian bisa langsung membuat palang ( + ), tapi pada rubik 4 x 4 seteah tersusun 2 buah layer nya, sebelum membentuk palang ( + ) kita akan bertemu dengan kondisi seperti gambar di bawah ini. Peluang kondisi ini adalah 50% terjadi ( gambar di bawah nya dengan sisi atas nya kuning ) :

Di samping kondisi yang di atas, ada juga kondisi yang akan sering terjadi ( dengan peluang nya yang sama besar yakni 50%) ialah seperti pada gambar di bawah ini :

Nah, setelah bisa menyelesiakan dengan cara-cara di atas, selebihnya bisa di selesaikan dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada rubik 3x3x3. Seperti menyamakan sisi palang dengan center, Finishing I dan Finishing II. Itulah penjelasan lengkap tentang rumus rubik 4 x4 selamat mencoba dan semoga bermanfaat…