Ruang Lingkup Biologi

Posted on

Hallo sobat kami dari rumus.co.id akan menyampaikan artikel makalah tentang Ruang Lingkup Biologi – lengkap dengan pengertian, objek, ciri ciri, struktur, jenis, tingkatan, karakteristik dan contohnya supaya mudah di pahami.

Ruang Lingkup Biologi – adalah ilmu yang mempelajari kondisi dan sifat makhluk hidup sebagai spektrum dengan beragam struktur dalam kehidupan organisme secara keseluruhan dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Lingkup Biologi

Ruang-Lingkup-Biologi

Biologi adalah sebuah ungkapan dari kata “bios” yang berarti kehidupan, dan “logo” berarti sains sehingga dapat berhubungan dengan segala sesuatu yang hidup di dunia.

Dalam dunia biologi dapat digunakan sebagai salah satu mata pelajaran sebagai pengamatan dan percobaan dalam segala hal, dan akan di jadikan sebuah eksperimen yang telah berkembang.

Dalam para peneliti dan ilmuwan yang membagi bidang biologi sehingga masing-masing dapat berkonsentrasi pada satu bidang, dalam ruang lingkup biologi sebagai struktur organisasi dalam kehidupan biologis.

Baca Juga: Rantai Makanan Di Laut

Karakteristik Ruang Lingkup Biologi

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa karakteristik yang terdapat dalam ruang lingkup biologi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai objek pemeriksaan benda konkret yang akan ditangkap oleh indera
  • Dapat dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris
  • Sebagai langkah dalam bentuk sistematis yang standar
  • Sebagai penalaran yang deduktif dengan konstruktif dalam penentuan hal yang tertentu.

Baca Juga: Rantai Makanan Di Sungai

Objek Biologi

Penjelasan singkat diatas tentang dapat juga membagi perkembangan makhluk hidup dalam objelk biologi menjadi lima katergori adalah.

1. Monera  – adalah sebuah objek yang memiliki sel prokariotik denan kandungan bakteri yang akan membetuk perubahan suatu bidang yang sempurna.

2. Protista – adalah sebuah objek makhluk hidup yang memiliki sel eukariotik dalam protista yang akan menyerupai binatang sebagai jenis tanaman (jamur).

3. Fungi  – adalah sebuah objek makhluk hidup yang tidak tidak bisa makan sendiri dan dapat bertahan hidup dengan bantuan parasit.

4. Plantae – adalah sebuah objek makhluk hidup dalam bidang tumbuhan yang terdiri dari banyak sel dengan membentuk jaringan dan bersifat autotrofik.

5. Animalia – adalah sebuah objek makhluk yang memasuki Animalia dengan cara heterotrof yang bergantung pada makhluk lain.

Baca Juga: Rantai Makanan Di Sawah

11 Ruang Lingkup Biologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Dari pembahasan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa macam ilmu biologi dalam pengetahuan diantaranya adalah sebagai beriku.

1. Unsur

Unsur adalah sebuah zat tunggal yang tidak dapat dibagi menjadi zat yang lebih kecil dengan kandungan Elemen sebagai struktur terkecil dalam kehidupan suatu organisme.

2. Molekul

Molekul adalah sebuah zat kimia yang murni terdiri dari beberapa elemen yang dapat dipecahkan menjadi bagian-bagian penyusun H20 dalam zat senyawa dari atom hidrogen unutk atom oksigen

3. sel

Sel adalah suatu zat dengan unit terkecil dan fungsional dalam tubuh makhluk hidup sehingga organisme hidup terdiri dari sel-sel penyusunnya.

4. Jaringan

Jaringan adalah sebuah kelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan organisme yang memiliki jaringan sel yang berbeda.

5. Organ

Organ adalah suatu kumpulan sel jaringan yang dapat bekerja bersama dengan membentuk fungsi dalam tubuh seperti mata, hidung, ginjal, otak, jantung dan lain sebagainya.

6. Sistem organ

Sistem organ adalah sebuah kumpulan dari beberapa organ yang bekerja untuk membentuk fungsi yang lebih luas di dalam tubuh dengan sistem pencernaan dan sistem pernapasan.

7. Organisme

Organisme adalah sebiah kumpilan makhluk hidup yang tunggal atau individu sebagai sistem organ yang dapat bekerja sama untuk melakukan fungsi kehidupannya.

8. Populasi

Populasi adalah sebuah kelompok individu yang mirip dan hidup di satu tempat dengan gabungan dari populasi manusia atau populasi hewan yang tertentu.

9. Komunitas

Komunitas adalah sebuah ilmu dalam bologi sebagai kumpulan populasi dengan makhluk hidup yang dapat berinteraksi satu sama lain pada habitat yang tertentu.

9. Ekosistem

Ekosistem adalah sebnuah kesatuan dengan lingkungannya yang dapat membentuk interaksi atau saling ketergantungan seperti ekosistem hutan, ekosistem air tawar dan lain sebagainya.

10. Bioma

Bioma adalah salah satu bagian yang terkecil dari ekosistem darat seperti hutan hujan tropis dan hutan gurun.

11. Biosfer

Biosfer adalah suatu tempat yang di mana makhluk hidup akan menjalani hidup mereka dengan berbagai tempat dalam kehidupan makluk hidup.

Baca Juga: Keseimbangan Ekosistem

Tingkatan Ruang Lingkup Biologi

Berdasarkan rung lingkup dalam biologi terdapat juga beberapa tingkatan dalam golongan diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Ilmu biologi – adalah bagaimana biologi memandang sebagai bagian dari masyarakat dan akan mendapatkan manfaatnya.

2. Sejarah – adalah sebuah konsep yang dapat membetuk tahapan masalah biologi yang akan terbentuk

3. Evolusi – adalah sebuah masalah dengan mendiskusikan bagaimana cara makhluk hidup dapat berevolusi sepanjang tahun

4. Keragaman – adalah sebuah hal tentang bagaimana keragaman yang terjadi pada makhluk hidup

5. Genetika – adalah sebuah makhluk hidup yang akan mencoba dalam meningkatkan keturunan atau membuat keturunan yang baru dengan sifat yang berbeda

6. Organisme– adalah sebuah bidang yang terhubungan dengan organisme dan lingkungannya denan membentuk ekosistem atau mempertahankan keseimbangannya

7. Etologi – adalah sebuah masalah yang membahas perilaku makhluk hidup yang ada

8. Struktur – adalah sebuah topik yang berkaitan dengan struktur dan fungsi setiap makhluk hidup

9. Regulasi – adalah sebuh subjek yang membahas berbagai sistem pengaturan tubuh seseorang

Baca Juga: Perubahan Wujud Zat

Demikialah pembahasn dari kami, tentang ruang lingkup biologi, semoga apa yang sudah kai samapaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Sintesis Protein