Router Adalah

Posted on

Router Adalah – Di dalam dunia komputer, tak selamanya kita hanya memakai komputer ataupun laptop saja. Tetapi, laptop atau komputer yang kita gunakan di rumah dan juga kantor membutuhkan perangkat yang lainnya untuk beberapa kebutuhan, misalnya untuk bertukar data.

Router Adalah

Untuk memastikan efektivitas selama jam kerja, maka penggunaan dari jaringan lokal sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, penggunaan dari perangkat yang efisien untuk memproses berbagai jenis jaringan juga sangat diperlukan.

Baik itu dalam jaringan area lokal (LAN), MAN dan lain sebagainya. Alat atau perangkat tersebut bernama Router. Nah, untuk mengetahui tentang Router dan hal-hal yang ada didalamnya, yuk simak penjabarannya dibawah ini.

Router Adalah?

Router kerap diartikan sebagai suatu perangkat keras dalam jaringan komputer yang berperan untuk mengkoneksikan beberapa Network, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan berbeda jika dilihat dari segi teknologinya.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Router merupakan sebuah hardware dalam komputer yang bertugas untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan internet, dari satu komputer ke komputer lainnya, dan proses tersebut disebut sebagai Routing.

Dalam setiap router memiliki DHCP dan NAT yang mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut fungsi dari kedua fasilitas ini, yaitu :

  • DHCP adalah sebuah protokol yang mana didasarkan dengan arsitektur klien atau server serta memfasilitasi penugasan alamat IP dalam jaringan sehingga alamat IP dapat dibagikan.
  • NAT merupakan sebuah metode yang berfungsi untuk menghubungkan lebih dari satu komputer yang mana alamat IP atau koneksi internet dapat dibuat untuk alamat IP lainnya.

Jenis – Jenis Router

Router dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, berikut ini penjelasan dari jenis-jenis Router, yaitu sebagai berikut :

1. Berdasarkan Pengaplikasiannya

  1. Application Router, merupakan sebuah media yang dapat diinstal dalam sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi ini dapat bekerja seperti router. Contohnya seperti Aplikasi WinGate, WinProxy Winroute, SpyGate dan masih banyak lagi.
  2. Router Hardware, merupakan sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti Router. Dengan kemampuannya tersebut, maka hardware ini bisa digunakan untuk membagikan alamat IP serta membagikan jaringan internet.
  3. PC Router, merupakan sebuah komputer yang sudah ditransformasikan sedemikian rupa sehingga bisa dipakai sebagai Router. Komputer yang akan dikonversi ke Router terlebih dahulu harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router, misalnya seperti Microtics.

2. Berdasarkan Mekanismenya

  • Static Router, adalah salah satu jenis router yang dapat menjalankan proses routing (pemblokiran) jaringan, yang mana prosesnya dilaksanakan secara manual oleh administrator.
  • Dynamic Router, adalah salah satu jenis router yang menjalankan proses routing jaringan, yang mana prosesnya dilaksanakan secara otomatis oleh administrator.
  • Wireless Router, adalah salah satu jenis router yang mampu mengirimkan paket data tanpa menggunakan kabel.

Baca Juga :
Switch Adalah
HUB Adalah
Topologi Hybrid

Fungsi Router Secara Umum

Secara umum, Router berfungsi untuk mendistribusikan sebuah alamat IP, baik itu secara statis atau dinamis ke semua komputer yang terhubung dengan Router. Berikut ini fungsi lain dari Router adalah :

  1. Untuk mengkoneksikan beberapa jaringan komputer sehingga pengguna dapat mengirim data dari satu network ke network yang lainnya.
  2. Digunakan untuk mentransfer informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
  3. Digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan area lokal melalui koneksi DSL (Digital Subscriber Line) atau disebut juga sebagai router DSL.
  4. Bertindak sebagai firewall untuk menyaring paket data berdasarkan sumber dan alamat yang dituju.
  5. Digunakan untuk menganalisis paket data yang memasuki jalur paling optimal dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Cara Kerja Dari Router

Router Adalah

Secara umum, cara kerja dari Router yaitu dengan cara merutekan paket data atau informasi yang disebut sebagai proses Routing. Dengan adanya proses routing ini, maka router bisa mengetahui rute atau arah perjalanan dari informasi yang dikirim.

Yaitu mengetahui apakah informasi tersebut berada dalam satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju merujuk ke jaringan lain, maka router akan meneruskannya ke jaringan tersebut.

Begitupun sebaliknya, jika paket tujuan berada di jaringan yang sama, maka router akan mencegah paket tersebut keluar serta akan meneruskan paket tersebut pada jaringan yang sama sampai paket mencapai tujuan.

F.A.Q

Apa itu Router?

Router kerap diartikan sebagai suatu perangkat keras dalam jaringan komputer yang berperan untuk mengkoneksikan beberapa Network, baik itu jaringan yang sama ataupun jaringan berbeda jika dilihat dari segi teknologinya.

Proses Routing di dalam Router adalah?

Routing merupakan sebuah proses mengirimkan data yang dimulai dari satu tempat ke tempat lain yang dituju.

Proses Routing terjadi di?

Proses routing dalam Router umumnya terjadi pada lapisan ke 3 dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Demikianlah ulasan dari artikel kali ini yang dapat Rumus.co.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru para pembaca.