Repeater Adalah

Posted on

Repeater Adalah – Apabila berbicara mengenai jaringan yang terdapat pada komputer, maka terdapat banyak sekali hal – hal yang sulit untuk dipahami, terutama bagi orang – orang yang awam.

Repeater Adalah

Terlebih lagi jika kita telah membahas tentang jaringan dalam ruang lingkup yang lebih jauh, misalnya seperti jaringan MAN dan juga WAN. Namun, hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk kita berhenti mempelajarinya.

Dengan cara melakukan pengenalan sekaligus pemahaman terhadap perangkat komputer yang digunakan untuk menyusun sebuah jaringan, tentunya menjadi hal yang paling mendasar untuk kita pahami.

Nah, dalam pembahasan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjabaran tentang salah satu perangkat yang digunakan untuk menyusun jaringan, yaitu Repeater. Apa itu Repeater? Apa fungsi Repeater? Yuk kita simak.

Repeater Adalah?

Repeater sering diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk menguatkan sinyal. Artinya, dengan menggunakan alat ini, maka sinyal yang semula lemah bisa ditingkatkan lagi daya jangkaunya. Sehingga, sinyal ini dapat dipakai dalam ruang lingkup yang lebih lebar.

Dengan kata lain, Repeater merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menerima sebuah sinyal data serta mengirimkannya kembali dengan daya yang lebih besar. 

Umumnya, perangkat jaringan ini kerap dipakai dalam sistem jaringan yang jangkauannya cukup lebar dan juga jauh. Dengan memanfaatkan alat ini, maka kualitas dari data yang akan dikirimkan ke satu node akan sama dengan yang diterima oleh node lainnya.

Macam – Macam Repeater

Repeater Adalah

Secara umum, Repeater dibedakan menjadi beberapa macam. Dibawah ini merupakan penjelasan dari macam-macam Repeater, yaitu diantaranya adalah :

1. Optical Communications Repeater (OCR)

Repeater untuk komunikasi optik adalah salah satu jenis repeater yang fungsinya adalah untuk memperluas jangkauan sinyal jaringan pada kabel serat optik.

Dengan adanya jenis repeater ini, terdapat suatu informasi digital dalam serat optik, yang memanifestasikan dirinya sebagai impuls cahaya dari foton dan dapat merambat secara acak dalam serat optik.

2. Radio Repeater

Radio repeater adalah jenis repeater yang fungsinya untuk memperkuat sinyal radio. Secara umum, repeater jenis ini memiliki antena yang berfungsi sebagai penerima dan pemancar.

3. Telephone Repeater

Telephone Repeater adalah salah satu jenis repeater yang dipasang pada saluran telepon yang memiliki sinyal buruk karena jaraknya yang sangat jauh, sehingga sinyal yang diterima oleh pengguna telepon dapat dipisahkan.

Baca Juga :
Bridge Adalah
Router Adalah
Pengertian Osi Layer

Fungsi Dari Repeater

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari Repeater dalam jaringan komputer, yaitu diantaranya adalah :

  • Berfungsi untuk memperluas daya jangkauan sinyal.
  • Membantu wilayah yang minim akan sinyal agar lebih mudah untuk memperoleh sinyal.
  • Sebagai alat yang digunakan untuk meneruskan sekaligus memaksimalkan daya sinyal jaringan.
  • Dapat mempercepat proses pengiriman serta penerimaan sebuah data terhadap sesama pengguna jaringan komputer.
  • Untuk mengurangi penggunaan kabel jaringan yang ribet.

Cara Kerja Dari Repeater

Pada dasarnya, cara kerja dari sebuah Repeater yaitu menerima data sekaligus mengirimkannya kembali. Secara umum, dalam perangkat ini terdapat dua buah komponen yang bertugas untuk menerima serta mengirimkan data.

Namun, sebelum sinyal dari data yang diterima tadi dikirimkan, maka frekuensi data tersebut akan diubah terlebih dahulu dengan menggunakan Repeater, sehingga frekuensi datanya menjadi lebih luas.

Ada dua jenis sistem yang digunakan oleh repeater untuk menambah frekuensi data, yaitu sistem analog dan juga sistem digital. Dalam sistem analog, data yang akan dikirimkan oleh repeater mempunyai kualitas yang berbanding lurus dengan konsumsi daya.

Sementara itu, dalam sistem digital, kualitas data yang diterima oleh repeater akan diperbarui terlebih dahulu sebelum data tersebut dikirimkan kembali ke node lainnya.

Keunggulan serta Kekurangan Repeater

Bagi anda yang ingin menggunakan perangkat jaringan satu ini, maka ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja keunggulan serta kekurangan dari perangkat ini, yaitu diantaranya adalah :

1. Keunggulan Repeater

  • Perangkat yang dapat memperkuat, mengubah, dan menggabungkan semua fungsi sinyal input digital yang akan dikirim kembali.
  • Repeater bekerja dengan sinyal fisik aktual serta tidak akan mencoba untuk menafsirkan data yang akan dikirim.
  • Sebagai perangkat yang memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal.
  • Perangkat analog yang dapat memperkuat sinyal input terlepas dari jenisnya (analog atau digital).

2. Kekurangan Repeater

  • Tidak sungguh-sungguh untuk memberikan pengaruh terhadap kinerja jaringan.
  • Hanya khusus untuk terhubung dengan media yang berbeda.
  • Memperluas jarak fisik sebuah jaringan komputer.
  • Harus di letakkan di tempat yang cukup tinggi.

F.A.Q

Apa itu Repeater?

Repeater merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menerima sebuah sinyal data serta mengirimkannya kembali dengan daya yang lebih besar. 

Bagaimana cara menggunakan Repeater?

1. Pertama, sambungkan repeater ke sumber daya listrik.
2. Kemudian, hubungkan ssid repeater ke perangkat lainnya, seperti laptop
3. Setelah terhubung, selanjutnya buka browser dan ketikkan IP address yang sudah tertera di manual book.
4. Lalu, login dengan menggunakan user serta password “admin” sesuai dengan petunjuk yang tertera.
5. Jika sudah, maka akan ditemukan sebuah ssid di area sekitar.
6. Setelah itu, pilihlah salah satu dari ssid yang akan ditambahkan jarak jangkaunya.

Komponen yang terdapat dalam Repeater adalah?

1. Receiver (RX)
2. Transmitter (TX)
3. Regulator
4. Carrier Operated Relay
5. Power Supply Regulator
6. Dummy Load
7. Kapasitor
8. Kipas Dummy Load

Demikianlah ulasan dari artikel kali ini yang dapat kami berikan, semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kalian memahami apa itu Repeater dan fungsinya.