Rantai Makanan Hewan

Posted on

Hallo sobat, kembali lagi dengan kami web rumus.co.id akan membahas artikel tentang Rantai Makanan Hewan – lengkap dengan pengertian, peranan, contoh, tahapan, ciri ciri, struktur, jenis dan fungsinya supaya mudah di pahami.

Rantai Makanan Hewan – merupakan salah satu bentuk organisme dalam rantai makanan sehingga dapat mengubah zat organik yang akan dijadikan zat anogarnik dengan tumbuhan yang sudah mati lalu mengembalikan dalam nutrisinya ke dalam tanah dalam tanaman untuk berfotosintesis, untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Rantai Makanan

Rantai-Makanan-Hewan

Rantai makanan adalah serangkaian proses makan dan makhluk hidup dalam urutan tertentu yang akan membetuk suatu aktifitas dalam kelangsungan hidup mereka.

Dalam proses ini juga akan terus berlanjut pada alam terhadap suatu ekosistem yang harus di ketahui dari berbagai jenis makhluk hidup dengan perannya masing-masing.

Rantai makanan memiliki bagian dari jaring makanan yang bergerak secara linier dari produsen ke konsumen teratas supaya dapat mengkonsumsi satu jenis organisme dalam rantai makanan sehinga jaringan dapat memakan organisme

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Peran rantai makanan

Peran rantai makanan adalah sebuah posisi dalam rantai makanan yang sangat penting karena pada bagian dari ekosistem yang rusak atau punah dalam anggota ekosistem lainnya akan terpengaruh.

Misalnya, populasi rumput lebih sedikit daripada rusa, sehingga populasi rusa tidak berkembang karena kebutuhan makanan yang tidak mencukupi.

Karena hanya tanaman yang menghasilkan energi dan dengan jumlah populasi rantai makanan semakin kecil, tetapi semua posisi dalam rantai makanan akan memainkan peran yan penting.

Yang disebabkan bagian dari ekosistem yang rusak atau berkurang dalam jumlah pada sektor makanan yang terpengaruhi.

Baca Juga: Fungsi Xilem

Tahapan Rantai Makanan

Rantai-makanan-Hewan-1

Dalam menemukan beberapa kata tentang rantai makanan maka kami akan memberikan penjelasan dari masing-masing tahapan dalam konsep nya adalah.

1. Produsen

Produsen adalah salah satu ciri dari makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan mereka sendiri sehingga dapat bertahan dengan pertumbuhan nya.

Tumbuhan dapat menghasilkan makanan yang akan digunakan sebagai sumber energi bagi tanaman disebut sebagai fotosintesis, sebagai produsen yang akan memakan tanaman yang lainnya:

Contohnya:

  • Penghasil ekosistem terestrial sebagai tanaman hijau
  • Bakteri rumput laut dan klorofil sebagai produsen ekosistem
  • Kedua kelompok organisme membentuk fitoplankton, pada perairan tanaman hijau.

Baca Juga: Tumbuhan Yang Hampir Punah

2. Konsumen

Konsumen adalah salah satu ciri makhluk hidup yang tidak bisa makan sendiri dan akan mendapatkan energi yang bergantung pada produsen atau makhluk hidup yang lainnya.

Konsumen ini dibagi menjadi tiga bagian diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumen primer – adalah konsumen pertama yang darinya mereka memperoleh energi langsung dari produsen.

Misalnya:

Makhluk hidup herbivora seperti sapi, kerbau, kelinci dan lainnya.

2. Konsumen sekunder – adalah konsumen sekunder yang membeli energi atau makanan dari konsumen primer.

Misalnya:

Hewan karnivora.

3. Konsumen tersier – adalah konsumen yang mendapatkan energi dengan mengkonsumsi konsumen sekunder.

Misalnya:

Hewan Elang, raja, harimau, singa dan lainnya.

3. Dekomposer

Dekomposer adalah salah satu ciri dari organisme yang bertugas dalam tubuh makhluk hidup yang akan memakan semua makhluk hidup di semua trofi.

Maka dalam organisme ini memiliki tugas untuk mengubah zat organik menjadi zat anorganik yang membentuk urutan dalam arah khusus pada rantai makanan.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Tingkatan dalam Rantai Makanan

Tingkat dalam organisme pada rantai makanan dalam ekosistem dengan tiga tingkatan trofik adalah.

A. Rantai makanan pemangsa – Rantai makanan berjalan di antara herbivora yang dimakan oleh hewan karnivora. Misalnya elang kelinci-ular.

B. Rantai makanan Saprofit – Rantai makanan membusuk organisme yag mati. Misalnya elang mati bakteri.

C. Rantai makanan parasit – Rantai makanan terjadi di antara organisme yang rusak. Misalnya, pohon menodai besar dan rantai makanan kutu manusia.

Contoh Rantai Makanan Hewan

  • Beras sebagai penghasil makanan untuk organisme dan akan menghasilkan biji padi
  • Tikus, sebagai konsumen utama, karena tikus adalah hewan yang memakan tanaman atau biasa disebut herbivora.
  • Ular, sebagai konsumen sekunder, karena ular pemakan hewan atau hewan karnivora yang akan memakan tikus sebagai sumber energi
  • Elang, teratas. Elang memakan ular untuk bertahan hidup
  • Selama dekomposisi elang akan mendapatkan zat dan nutrisi yang dapat diambil untuk fotosintesis.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan mengenai penjelsan tentang Rantai Makanan Hewan lengkap dengan contohnya, Semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pembelahan Mitosis