Proses Terjadinya Hujan

Posted on

Materi Proses Terjadinya Hujan – lengkap dengan Pengertian, proses hujan, jenis dan bentuk hujan, dampak dan manfaat hujan, lengkap dengan contoh gambar agar mudah dipahami.

Adapun materi pokok yang terkandung dalam artikel yang akan di dibahas adalah mengenai proses terjadinya hujan, kenapa demikian karena musim hujan akan terjadi di setiap wilayah dalam setiaptahunnya.

Untuk mempermudahkan tentang ilmu pengetahuan alam ini lansung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Hujan Adalah

Proses-Terjadinya-Hujan

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di setiap wilayah sehingga familiar awam yang berubah dan menutupi langit dan siklus yang terjadi pada bumi bumi agar tetap stabil. Indonesia memiliki curah hujan cukup tinggi karena cenderung bisa dipastikan akan terjadi hujan.

Proses tersebut akan berlangsung hujan sehingga saat hujan turun sangat banyak sekali dampak yang akan terjadi seperti Banjir, rusaknya jalan, dan pencemaran pada lingkungan.

Baca Juga : Sistem Tata Surya

Proses Terjadinya Hujan

Gambar Terjadinya Hujan
Gambar Terjadinya Hujan

 A. Awan Kecil Menjadi Besar

Adanya perubahan Awan kecil menjadi besar dan hembusan angin yang sangat kencang sehingga membuat awan akan terjadi perubahan bentuk dan pergeseran ke tempat lain. Hal ini kemudian akan menyatu kepada perubahan awan yang lebih besar dan warnanya menjadi semakin kelabu.

 B. Uap Air Menjadi Padat

Suhu Uap Air Menjadi Padat kemudian sehingga terbentuk lah peranan penting pada proses kondensasi untuk mendapatkan uap air menjadi sebuah embun. Hal ini akan terbentuk dari titik air yang kecil kemudian berubah ke suhu udara yang semakin tinggi supaya memadat dan menjadi awan tebal.

C. Air Menguap Karena Panas Matahari

Sumber energi di sebabkan Air Menguap Karena Panas Matahari yang menerangi permukaan bumi sehingga terbntuk efek panas dan terjadinya hujan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan air yang menguap ke arah udara menjadi segumpalan embun air sungai atau kandungan makhluk hidup lainnya.

D. Terjadilah Hujan Turun

Adanya sumber energi semakin kelabu sehingga Terjadinya Hujan Turun , kemudian titik air menjadi semakin berat dan membentuk efek yang mengakibatkan embun air tidak terbendung. Makan akan membuat butiran air pada permukaan bumi, hal ini berlangsung dimana air daerah sekitarnya.

Baca Juga : Jaringan Tumbuhan

Jenis Atau Bentuk Hujan

Setelah kita melihat proses terjadinya hujan di atas maka terdapat pula beberapa jenis hujan yang terdapat pada dunia di permukaan bumi, seiring berjalannya waktu dari berbagai macam suhu yang tidak tertur maka jenis-jenis hujan yang ada di permukaann bumi adalah sebagai berikut.

A. Hujan rintik-rintik

Gambar Hujan rintik
Gambar Hujan rintik

Hujan rintik-rintik merupakan salah satu butiran hujan yang menjatuhkan air dari langitkrena hal ini hujan yang turun tidak terlalu lebat, sehingga dieameternya mencapai ukuran 1,2- 1,5mm hujan yang terjadi maka berlapisan yang rendah pada permukaan bumi.

B. Hujan es

Gambar Hujan es
Gambar Hujan es

Hujan es merupakan salah satu butiran hujan yang turun pada permukaan bumi berbentuk butiran es atau hujan batu yang sering di kenal di setiap wilayah, sehingga hujan ini seakan-akan membentuk menjadi kristal yang jatuh ke permukaan bumi. Biasanya hujan es ini jarang sekali terjadi karena hal ini diiringi dengan hujan yang sangat lebat, dan tidak terlalu lama.

C. Hujan asam

Gambar Hujan asam
Gambar Hujan asam

Hujan asam ini disebabkan oleh salah satu pencemaran udara dari tempat-tempat industri dan efek dari rumah kaca, dan mengakibatkan endapan awan yang menimbulkan hujan asam, hal ini akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan sekitar.

Dengan adanya kandungan oksida dan nitrogen dari asap pabrik atau asap industri pada udara dan membentuk asam makaakan mengakibatkan kerusakan seperti :

  • Kerusakan pada hutan
  • Menimbulkan bau yang tidak sedap
  • Kerusakan pada sungai atau danau
  • Merusak alat pernapasan
  • Menimbulkan gangguanpada lingkungan hidup

Dampak Dan Manfaat Hujan

Beberapa manfaat yang ditimbulkan karena terjadinya hujan dapat salahs satunya adalah menyuburkan jenis tanah dan tumbuhan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup di muka bumi ini.

Dampak Hujan

Gambar Dampak Hujan
Gambar Dampak Hujan

Dampak negatif terjadinya hujan terlalu besar pada lingkungan akan menyebabkan rusak nya lingkungan sehingga pohon-pohon akan tumbang dan air sungai akan menguap banjir dan lumpur akan bertebaran di sepanjang jalan .

Manfaat Hujan

Gambar Manfaat Hujan
Gambar Manfaat Hujan

Turunnya hujan sudah padti terdapat manfaat bagi petani di antara manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesuburuhan pada lahan pertanian
  2. Sumber air bersih akan mudah bagi makhluk hidup
  3. Dapat pembangkit sumber Listrik Tenaga Air (PLTA)
  4. Sumber kehidupan bagi ternak perikanan
  5. Melestarikan alam dan lingkungan hidup
  6. Menjaga keberlangsungan hutan yang indah
  7. Menjaga ketersediaan air pada tanah
  8. Memperbaiki kualitas udara yang sejuk

Demikianlah lah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai proses terjadinya hujan, semoga denganadanya artikel ini bisa menambah wawasan kita semua dan memberikan manfaat. Terima Kasih