Profesi Adalah

Posted on

Profesi Adalah – Dalam dunia kerja, terdapat sebuah istilah dari pekerjaan yang digeluti oleh seseorang, istilah tersebut dikenal juga dengan sebutan Profesi. Profesi merupakan istilah yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat.

Profesi Adalah

Meskipun, sangat familiar di telinga masyarakat luas, namun masih banyak dari mereka yang tidak mengetahui arti dari Profesi yang sesungguhnya. Bagi kalian yang tidak atau belum paham mengenai Profession, jangan khawatir.

Karena, dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang Profession dengan hal-hal yang berkaitan di dalamnya. Yuk simak penjabaran tersebut….

Profesi Adalah?

Profesi adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan ilmu pengetahuan serta kemampuan khusus, sehingga seseorang yang menggeluti pekerjaan tertentu harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal.

Selain itu, profesi memerlukan penguasaan teori yang sistematis, yang menjadi dasar untuk membentuk keterampilannya.

Oleh sebab itu, walaupun suatu pekerjaan memerlukan pendidikan dan keahlian khusus, pekerjaan itu tidak dapat digambarkan sebagai sebuah profesi kecuali jika ia memiliki landasan teori yang sistematis.

Definisi Profession Menurut Para Ahli

Selain pengertian dari Profession yang ada diatas, para ahli juga mengungkapkan definisi dari Profession, yaitu diantaranya adalah :

  • Peter Jarvis (1983:21), Profession merupakan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan studi intelektual atau pelatihan khusus, yang bertujuan untuk menawarkan layanan kompetensi kepada orang lain dengan upah tertentu.
  • Hughes E.C (1963), Profession adalah pekerjaan di bidang tertentu di mana seorang profesional mempunyai pengetahuan yang lebih spesifik tentang apa yang terjadi pada clientnya.
  • Schein E.H (1962), Profession merupakan serangkaian pekerjaan yang membentuk seperangkat norma yang sangat spesifik yang dihasilkan dari peran khusus dalam masyarakat.
  • Dedi Supriyadi (1998:95), Profession merupakan sebuah pekerjaan atau posisi yang membutuhkan keahlian, ketrampilan, tanggung jawab dan juga kesetiaan khusus dalam pekerjaan tersebut.

Baca Juga :
Perusahaan Multinasional Di Indonesia
Administrasi Keuangan
Tugas Sekretaris

Syarat – Syarat Profession

Terdapat beberapa syarat-syarat yang dijadikan sebagai pedoman untuk menjadi seorang Profesional, diantaranya adalah :

  1. Memiliki pengetahuan khusus dalam bidang atau ilmu tertentu.
  2. Mencakup berbagai kegiatan intelektual.
  3. Membutuhkan sejumlah persiapan yang cukup jauh, jadi bukan hanya latihan saja.
  4. Membutuhkan pelatihan berkelanjutan saat melakukan pekerjaan atau posisi.
  5. Memprioritaskan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.
  6. Adanya asosiasi profesional sesuai dengan bidang profesional masing-masing.
  7. Adanya kode etik atau norma saat melakukan pekerjaannya.

Ciri – Ciri Dari Profesi

Secara umum, terdapat beberapa ciri-ciri di dalam sebuah profesi, yang tidak dimiliki oleh jenis pekerjaan yang tidak termasuk kedalam profesi. Berikut adalah ciri-cirinya, yaitu diantaranya adalah :

  • Pengetahuan atau pengetahuan spesialis sesuai dengan bidang pekerjaan tempat mereka bekerja, di mana pengetahuan dan pengetahuan juga diperoleh dari pelatihan dan pengalaman.
  • Memiliki standar moralitas dan aturan yang cukup tinggi dan berlaku untuk profesional yang sesuai dengan kegiatan dalam kode etik profesional.
  • Ketika mempraktikkan profesinya, seorang profesional harus memiliki kepentingan bersama sebelum kepentingan pribadi.
  • Seorang spesialis juga harus memiliki izin khusus sehingga ia dapat bekerja secara profesional.
  • Seorang spesialis biasanya adalah anggota dari organisasi profesional pada bidang tertentu.

Etika Seorang Profession

Etika profesi tentu sangat erat kaitannya dengan bidang kerja setiap orang. Terdapat berbagai etika profesional yang harus dipatuhi setiap orang dalam pekerjaannya, yaitu sebagai berikut :

1. Tanggung Jawab

Tanggung jawab yang disebutkan di sini adalah tanggung jawab untuk pelaksanaan pekerjaan dan juga hasil pekerjaan. Selain itu, profesional harus bertanggung jawab atas dampak dari pekerjaannya pada kehidupan publik secara umum.

2. Berlaku Adil

Setiap orang dalam profesi apapun harus mempunyai sikap yang adil terhadap semua orang. Contoh yang paling jelas dari etika ini yaitu memberikan hak yang seharusnya jadi milik orang lain tanpa pandang bulu dan tidak membela kelompok tertentu dari orang lain.

3. Memiliki Kompeten

Dalam hal ini, seorang profesional harus melaksanakan pekerjaan sesuai dengan layanan profesinya dan melaksanakan pekerjaan atau tugas yang tersedia dengan hati-hati dan juga keseriusan.

4. Bisa Menjaga Rahasia

Sesuatu yang bersifat pribadi dan tidak harus diberitahukan kepada orang lain juga harus dirahasiakan. Ini sangat penting bagi seseorang dengan pekerjaan tertentu sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan dengan sangat baik.

Contoh – Contoh Profesi

Pada dasarnya terdapat banyak sekali profession yang ada di lingkungan masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Berikut ini beberapa contoh dari profession, yaitu diantaranya adalah :

  • Architect, merupakan pekerjaan yang dinilai sangat pakar dalam urusan merancang, mendesain, dan juga melaksanakan pengontrolan terhadap konstruksi pembangunan.
  • Accountant, merupakan seseorang yang memiliki keahlian di dalam bidang akuntansi serta beberapa hal lainnya terkait dengan informasi keuangan.
  • Doctor, merupakan seseorang yang berprofesi serta dianggap mempunyai pengetahuan dan juga kemampuan yang baik dalam bidang kesehatan.
  • Nurse (Perawat), yaitu seseorang yang berprofesi serta dianggap mempunyai ilmu pengetahuan yang baik dalam bidang merawat dan juga membantu untuk memulihkan orang yang sedang sakit.
  • Pengacara, merupakan seseorang yang berprofesi sebagai pengacara serta dinilai mampu dalam permasalahan hukum, sehingga mereka dipercaya untuk menyampaikan nasihat serta pembelaan terhadap orang yang terlibat dalam penyelesaian masalah hukum.

F.A.Q

Apakah semua pekerjaan termasuk kedalam Profesi?

Tidak. Sebab semua profesi dapat dikatakan sebagai pekerjaan, akan tetapi tak semua pekerjaan dapat dikatakan sebagai profesi. Karena, pada dasarnya profesi dan juga pekerjaan adalah 2 unsur yang berbeda.

Mengapa Dokter disebut sebagai Profesi bukan sebuah pekerjaan?

Sebab, Dokter merupakan seseorang yang berprofesi serta dianggap mempunyai pengetahuan dan juga kemampuan yang baik di dalam bidang kesehatan.

Mengapa dalam sebuah Profesi harus memiliki Kode Etik?

Sebab, Kode Etik merupakan sebuah tatanan etis yang sebelumnya disepakati oleh sekelompok orang tertentu.

Nah, itulah ulasan dalam artikel kali ini. Semoga pembahasan singkat di atas bisa menambah pengetahuan serta wawasan kalian semua, ya. Terimakasih.