Prinsip Geografi – Persebaran, Interelasi, Deskripsi, dan Korologi

Posted on

Prinsip geografi – Adalah dasar untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi. Berikut adalah penjelasan mengenai dasar-dasar prinsip geografi beserta pengertian ilmu geografi dan kaitanya dengan negara Indonesia, Untuk lebih jelasnya sima pembahasa dibawah ini

Prinsip geografi
Prinsip geografi

Pengertian Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari lokasi dan persamaan, serta perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan bumi.

Pembagian ilmu geografi adalah meliputi geografi fisik, geografi manusia, geografi teknik geografi manusia-lingkungan, perencanaan dan pengembangan wilayah, ekologi budaya dan politik, penelitian resiko bencana serta geografi sejarah.

Sementara aspek geografi dibedakan menjadi dua yakni aspek fisik (topografi, biotik, non-biotik) dan aspek sosial (ekonomi, budaya, politik). Ilmu geografi diajarkan mulai pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Kaitannya geografi dengan wilayah Indonesia, geografi berfungsi menentukan letak geografis Indonesia dan kondisi wilayah, pengaruh dan dampak lain yang ditimbulkan.

Prinsip Geografi

Prinsip geografi terdiri dari empat macam, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi (keruangan). Berikut Penjelasan lengkapnya

1. Prinsip Persebaran

Bahwa gejala atau fenomena geografi ada di mana-mana dan tersebar di permukaan bumi. Gejala / fenomena geografi tersebut bisaberupa fenomena fisik atau fenomena sosial yang persebarannya tak merata di permukaan bumi. Misalnya, keadaan sumber air tanah tidak dijumpai pada semua tempat atau kemacetan lalu lintas juga tak dijumpai di semua tempat. Oleh sebab itu, untuk mengamati gejala dan fenomena terbesar tersebut diperlukan alat bantu misalnya peta.

Tujuan lain penggunaan prinsip penyebaran mampu mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya dengan menyeluruh. Selain adanya prinsip distribusi bisa digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang datang.

Contoh prinsip distribusi (penyebaran)

  1. Persebaran flora dan fauna di Indonesia
  2. Persebaran potensi air yang berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat lainnya
  3. Persebaran penduduk transmigran di Indonesia yang tak merata

2. Prinsip Interelasi

Adanya hubungan saling keterkaitan antar gejala dalam ruang. Hubungan saling keterkaitan itu bisa terjadi antar fenomena fisik,antar fenomena sosial, dan antara fenomena fisik serta fenomena sosial. Misalnya yaitu , terjadi banjir pada wilayah hilir adalah salah satu penyebab rusaknya hutan di wilayah hulu akibat perilaku manusia.

Contoh prinsip interelasi (keterkaitan)

  1. Kekeringan terjadi sebagai dampak adanya fenomena La Nina
  2. Fenomena banjir sebab adanya penebangan hutan pada wilayah hulu
  3. Kondisi iklim Indonesia yang dipengaruhi letak geografis Indonesia
  4. Penduduk pesisir pantai banyak yang menjadi nelayan sebab dekat dengan wilayah lautan

3. Prinsip Deskripsi

Penjelasan tentang adanya gejala maupun fenomena geografi. Persebaran dan hubungan gejala atau fenomena geografi bisa diungkapkan antara lain pada bentuk data, grafik, dan peta. Ketiga bentuk perngungkapan fenomena itu akan lebih jelas jika diberikan pemaparan atau penjelasan dengan memakai rangkaian kalimat.

Contoh prinsip deskripsi (penggambaran)

  1. Angka pengangguran pada provinsi Jawa Timur
  2. Grafik peta lempeng tektonik dunia
  3. Peta wilayah lautan pada kawasan Asia Tenggara
  4. Gambar persebaran curah hujan di negara Indonesia

4. Prinsip Korologi

Pengkajian gejala mauppun fenomena geografi secara menyeluruh atau komprehensif dalam ruang tertentu (spatial). Dalam prinsip korologi tiap gejala ataupun fenomena geografi dikaji melalui cara memadukan prinsip-prinsip tersebaran, interelasi, dan deskripsi. Hasil pengkajian melalui perinsip korologi menunjukkan bahwa adanya perbedaan-perbedaan gejala, fenomena, serta fakta antar wilayah. Oleh seba itu, akan memberikan corak tertentu hingga tampak adanya kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk.

Contoh prinsip korologi (gabungan)

  1. Untuk meneliti masalah hujan diteliti mengenai persebaran curah hujan di negara Indonesia, penyebab adanya perbedaan curah hujan di berbagai daerah serta dampak yang ditimbulkan dari tingginya curah hujan pada wilayah tertentu
  2. Guna meneliti masalah pada suhu udara maka harus di teliti mengenai perbedaan suhu udara pada pedesaan dan perkotaan, penyebab akan timbulnya pedesaan beserta pengaruh banyaknya pepohonan di desa pada suhu udara di wilayah pedesaan dibanding perkotaan

Berbagai fenomena geosfer bsa dikaji dalam geografi melalui enam pertanyaan pokok, yaitu what, where, when, why, who, dan how. Ke 6 pertanyaan ini dikenal dengan prinsip 5w 1h.

  1. What guna mengetahui peristiwa apa yang terjadi
  2. Where guna mengetahui dimana peristiwa terjadi
  3. When guna mengetahui kapan peristiwa terjadi.
  4. Why guna mengetahui kenapa peristiwa itu bisa terjadi.
  5. Who guna mengetahui siapa yang terlibat dalam peristiwa yang terjadi.
  6. How guna mengetahui bagimana solusi atas peristiwa yang terjadi.

Demikianlah Pembahasan mengenai prinsip geografi, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :