Politik Adalah

Posted on

Politik Adalah – Sering sekali kita mengucapkan kata Politik atau mendiskusikan tentang politik baik di dalam kehidupan sehari-hari ataupun di media sosial.

Politik Adalah

Pembahasan mengenai Political ini tidak dapat dipungkiri dan dipisahkan dari kehidupan di lingkungan bermasyarakat, karena pada umumnya Political adalah istilah yang sangat berhubungan langsung dengan kepemimpinan di suatu daerah atau negara.

Namun, sebagian besar dari kita masih banyak yang tidak mengetahui tentang arti political yang sesungguhnya. Bagi kalian yang belum memahaminya, yuk kita simak penjabaran yang ada dibawah ini.

Politik Adalah?

Politik adalah sebuah fase untuk membangun atau membentuk posisi kekuasaan di dalam lingkungan masyarakat yang berguna sebagai upaya untuk pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kondisi masyarakat.

Atau tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kaitannya dengan masalah yang terjadi di masyarakat atau negara. Pengertian dari Political tersebut adalah perpaduan dari definisi yang berbeda dari sifat politiknya, yang biasa disebut sebagai ilmu Political

Political juga dapat dilihat sebagai seni dan studi untuk mendapatkan kekuasaan terlepas dari apakah itu dicapai secara konstitusional atau tidak konstitusional.

Macam – Macam Politik

Pada umumnya, terdapat berbagai sistem politik yang sangat sering kita jumpai di dalam masyarakat. Namun, hanya beberapa saja yang paling sering digunakan, yaitu sebagai berikut :

  • Traditional Autocracy Political System
  • Totalitarian Political System
  • Authoritarian Political System
  • Oligarchy Political System
  • Democratic Political System

Selain beberapa macam politik yang sudah dituliskan di atas. Namun, terdapat beberapa sistem politik lain yang telah digunakan di beberapa negara. Akan tetapi, lima Political System yang ada di atas merupakan sebuah Political System yang paling sering digunakan.

Baca Juga :
Contoh Sejarah Politik
Macam Macam Ideologi
Dampak Modernisasi

Perilaku Political

Secara umum, terdapat beberapa perilaku Political yang bisa disimpulkan sebagai bentuk dari adanya respons publik terhadap sistem politik di dalam suatu negara. Di bawah ini merupakan beberapa macam perilaku political, yaitu :

1. Radikal

Kata radikal sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun untuk perilaku politik radikal itu sendiri diartikan sebagai perilaku yang mencerminkan ketidakpuasan dengan situasi yang ada dan menginginkan perubahan yang cepat dan juga mendasar.

Kebanyakan orang dengan perilaku radikal ini memiliki kemauan yang sangat keras dan tidak mudah untuk diajak berkompromi. Sehingga adanya perilaku ini dapat menimbulkan kontroversi jika tidak ditangani dengan hati-hati dan penuh perhatian.

2. Liberal

Perilaku politik liberal ini menunjukkan sikap masyarakat yang bebas dan juga maju. Adanya perilaku ini tercermin di dalam diri masyarakat yang ingin berubah dengan cepat dan juga bertahap.

Perubahan yang diinginkan umumnya bertujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan dasar hukum yang kuat dan legal.

3. Konservatif

Perilaku konservatif adalah cerminan perilaku yang menunjukkan kepuasan dengan situasi politik saat ini. Adanya perilaku ini cenderung mencoba bertahan dari perubahan yang terjadi.

4. Moderat

Perilaku politik moderat ini menunjukkan kepuasan dari suatu kelompok dengan situasi politik yang ada. Perilaku ini mencerminkan masyarakat yang mampu berpikir ke depan, namun belum dapat menerima perubahan secepat seperti perilaku radikal.

5. Status Quo

Perilaku politik status Quo ini adalah perilaku dari orang yang merasa sangat puas dengan kondisi politik yang ada. Perilaku ini mencoba untuk menjaga kondisi yang ada agar tidak berubah.

Tujuan Dari Adanya Politik

Dengan mengacu pada definisi politik yang ada di atas, maka kita semua dapat mengetahui apa saja tujuan dari politik. Dibawah ini merupakan beberapa tujuan dari politik umum :

  1. Bertujuan untuk selalu berupaya agar kekuasaan yang di masyarakat dan juga pemerintah dapat dicapai, dikelola serta diterapkan sesuai dengan aturan hukum yang ada.
  2. Untuk selalu mengupayakan agar kekuasaan yang terdapat di dalam masyarakat dan juga pemerintah agar memperoleh, mengelola, dan juga mengimplementasikan demokrasi secara menyeluruh.
  3. Bertujuan untuk berusaha keras guna menerapkan dan juga mengelola kebijakan yang ada di dalam masyarakat serta pemerintah sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku di Republik Indonesia Serikat.

Sementara itu, tujuan dari political yang ada di Indonesia, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Bertujuan untuk menaja hak-hak yang dimiliki oleh semua warga negara Indonesia tanpa pengecualian dan juga melindungi kewajiban melalui implementasi pemerintahan untuk mengatur keamanan.
  • Bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan dari semua orang yang ada Indonesia.
  • Guna memastikan implementasi sistem pendidikan berjalan dengan baik untuk memajukan bangsa dan juga negara.
  • Guna menjamin keamanan dan juga kedamaian, serta kehidupan sosial yang seimbang di dalam dan juga luar negeri.

F.A.Q

Apa itu Political?

Politik adalah sebuah fase untuk membangun atau membentuk posisi kekuasaan di dalam lingkungan masyarakat yang berguna sebagai upaya untuk pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kondisi masyarakat.

Bentuk-bentuk dari Political yaitu?

1. Federalist Political System
2. Capitalist Political System
3. Political System of Liberalization
4. Political System of Nationalism

Tujuan dari Politik di Indonesia yaitu?

1. Bertujuan untuk menaja hak-hak yang dimiliki oleh semua warga negara Indonesia tanpa pengecualian dan juga melindungi kewajiban melalui implementasi pemerintahan untuk mengatur keamanan.
2. Bertujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan dari semua orang yang ada Indonesia.
3. Guna memastikan implementasi sistem pendidikan berjalan dengan baik untuk memajukan bangsa dan juga negara.

Itu dia ulasan ringkas dari pembahasan kali ini, semoga membantu kalian yang ingin masuk ke dunia politik yaaa. Terimakasih