Polimer Adalah – Pengertian, Jenis Jenis, Contoh, dan Kegunaannya

Posted on

Polimer Adalah – Pada pembahasan kali ini akan membahas pengertian, jenis jenis, fungsi, kegunaan, dan contohnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian

Polimer berasal dari 2 kata yakni poly dan meros, atau bisa disebut merupakan sejumlah molekul besar yang terdiri dengan unit unit berulang yaitu monomer. Sekalipun biasanya adalah sebuah organik, kemudian ada juga banyak polimer inorganik.

Contoh yang terkenal pada polimer yaitu plastik dan DNA

Jenis Jenis

1. Polimer Alam – Terdapat dialam

PolimerMonomerSumber
Karet AlamIsoprenaGetah pohon karet
AmilumGlukosaBeras, Gandum, Sagu
ProteinAsam AminoWol, Rambut, Sutera
Asam NukleatNukleotidaDNA, RNA
SelulosaGlukosaKapas, Kayu

2. Polimer Sintetis – Tidak Terdapat dialam

PolimerMonomerSumber
PolietilenaEtenaBungkus Plastik
PolipropilenaPropenaBotol Plastik, Tali Plastik
PVCVinil KloridaPelapis Lantai, Pipa Paralon
PolistirenaStirenaStyrofoam
PTFE (Teflon)TetrafluoroetenaGasker, Panci Anti Lengket

polimer

3. Jenis Pada Susunan Monomer

  1. Homopolimer
    Homopolimer merupakan suatu polimer yang disusun pada satu jenis monomer.
    Contohnya: polietilena (etena), polipropilena (propena), polistirena (stirena), PVC (vinil klorida), PVA (vinil asetat), poliisoprena (isoprena), dan PAN (akrilonitril).
  2. Kopolimer
    Kopolimer merupakan suatu polimer yang disusun pada dua jenis atau lebih monomer.
    Contohnya: nilon 6,6 (heksametilendiamina + asam adipat), dakron (asam tereftalat + etilena glikol), SBR (stirena + butadiena), dan ABS (akrilonitril + butadiena + stirena).

4. Jenis Berdasarkan Sifat

  1. Termoplas
    Termoplas merupakan suatu polimer yang melunak ketika sedang dipanaskan, dan bisa dicetak ulang menjadi bentuk lainnya. Hal ini disebabkan karena struktur termoplas yang terdiri pada rantai-rantai panjang dan memiliki gaya interaksi antar molekul lemah. Sifat lainnya dari termoplas yaitu ringan, kuat, dan transparan. Contohnya : termoplas yaitu polietilena, polipropilena, PET, dan PVC.
  2. Termoset
    Termoset merupakan suatu polimer yang telah memiliki bentuk permanen dan tidak bisa lunak ketika dipanaskan. Hal ini disebabkan karena adanya banyak ikatan kovalen yang kuat pada rantai-rantai molekul. Pemanasan pada termoset akan suhu yang terlalu tinggi bisa memutuskan ikatan-ikatan rantainya dan bisa membuat termoset terbakar.
    Contohnya: termoset yaitu bakelit dan melamin.
  3. Elastomer
    Elastomer merupakan suatu polimer yang elastis, bentuknya bisa ditarik, tetapi bisa kembali pada bentuk semula ketika saat menariknya dilepaskan. Hal ini disebabkan karena struktur pada elastomer yang terdiri pada rantai-rantai yang saling menumpang yang adanya ikatan silang (cross-link) dapat menarik kembali rantai-rantai tersebut pada susunan awalnya.
    Contohnya : elastomer yaitu karet alam (poliisoprena) kemudian karet sintetis SBR.

Kegunaan

Kegunaan sangat banyak yang bisa ditemukan pada kehidupan sehari – hari. Polimar bisa merupakan senyawa polieseter, vinil, nilon, poliakrilat, dan polipropilena. Berikut dibawah ini kegunaan dan manfaatnya :

1. Polietilena

Polietilena adalah sebuah polimer adisi yang merupakan monomer etilena. Polietilena ini tidak memiliki bau, tidak berwarna dan juga tidak beracun.

Polietilena telah banyak dipakai dalam membuat kantong plastik, jas hujan, botol plastik, dan pembungkus lainnya. Polietilena adalah plastik yang sering sekali digunakan.

2. Polipropilena

Polipropilena adalah sebuah polimer adisi yang merupakan monomer propilena, hampir sama dengan polietilena, tetapi jenis ini lebih kuat. Polimer satu ini telah digunakan dalam membuat benang untuk karpet, seprai, dan baju.

3. Poli vinilklorida (PVC)

Poli vinilklorida adalah polimer adisi yang merupakan monomer vinil klorida. Poli vinilklorida ini paling banyak dibuat kedua setelah jenis polietilena. PVC banyak digunakan dalam membuat pipa, pelapis lantai, jalan kereta api, kantong sampah dan juga kaset.

4. Poliakrilonitril

Poliakrilonitril adalah sebuah polimer adisi yang merupakan monomer akrilonitril. Ini biasa disebut sebagai orion yang telah digunakan dalam membuat baju, kaus kaki, dan karpet.

Akrilonitril adalah sebuah senyawa turunan asam akrilat (2-propenoat), CH2=CH-COOH. Sudah banyak polimer yang diproduksi pada bahan dasar asam akrilat.

Contohnya yaitu poli (metil akrilat) (PMMA) dikenal sebagai nama dagang flexiglass, yakni plastik bening, keras, dan ringan untuk dipasang pada kaca jendela pesawat terbang dan lampu bagian belakang mobil. PMMA adalah sebuah adisi yang merupakan monomer metil akrilat.

5. Teflon

Teflon adalah nama dagang pada politetra fluoroetilena yang sifatnya tahan panas dan tidak lengket. satu ini telah banyak digunakan pada alat – alat masak, keranjang dan pelapis tangki pada pabrik berbahan kimia.

6. Polistirena

Polistirena adalah sebuah adisi yang telah digunakan pada pembuatan tangkai sikat gigi dan karet busa.

7. Bakelit

Bakelit adalah sebuah kondensasi yang berasal dari metanal dan fenol. Polimer ini sifatnya tahan panas dan telah digunakan dalam membungkus alat–alat listrik.

8. Poliester

Poliseter adalah merupakan monomer ester. Contoh pada poliester yaitu dakron yang dapat dipakai dalam serat tekstil.

Demikian pembahasan pengertian, jenis-jenis dan contohnya, kemudian kegunaannya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pembahasan, semoga bermanfaat🙂

Artikel Lainnya :