Pola Aliran Sungai

Posted on

Dengan bergantinya waktu, suatu sistem yang mempengaruhi jaringan aliran sungai akan membentuk pengaliran tempat-tempat yang tertentu di antara saluran utama dengan cabang-cabang yang pembentukan suatu pengaliran yang sangat ditentukan oleh faktor geologi.

Pola aliran sungai dapat di klasifikasi kan atas dasar bentuk dan tekstur nya, atau bentuk yang berkembang dalam suatu tahapan topografi dan struktur geologi yang ada dibawah permukaannya.

Adapun saluran-saluran sungai yang berkembang ketika permukaan air di sebut dengan permukaan (surface runoff) meningkat atas dasaran erosi Air.

Sungai merupakan salah satu permukaan bumi yang berupa perairan yang mengalir, ternyata memiliki berbagai macam, diantaranya beberapa aliran sungai Tersebut adalah.

Simak penjelasan pola aliran sungai dibawah ini :

Pengertian

Aliran Sungai adalah sesuatu hal yang mengalir dan akan membentuk pengaliran air ketempat yang tertentu melalui dari berbagai saluran utama maupun cabang-cabang sungai. Adapun bentuk pola aliran sungai tersebut sangat ditentukan oleh faktor geologi, baik tekstur tanah, batuan, kontur tanah, tingkat kemiringan, dan lain sebagainya.

Nah, dari beberapa faktor-faktor tersebut maka dapat terbentuk berbagai macam aliran sungai.

Untuk melihat suatu pola sungai kita dapat memerlukan data seperti :

  • Citra foto
  • Citra non foto
  • Atau Foto dari Udara

Sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Macam Macam Pola Aliran Sungai

Dengan adanya berbagai macam perbedaan di suatu wilayah dengan wilayah yang lainnya sangat ditentukan sekali perbedaan dari kemiringan, topografi, struktur dan litologi batuan dasarnya.

Di bawah ini Beberapa macam pola aliran sungai yang sering dijumpai :

  • Dendritik
  • Radial Sentrifugal
  • Rectangular
  • Trellis
  • Radial Sentripetal
  • Annular
  • Pararel

Maka dari beberapa kategori di atas, akan kami jelaskan satu – persatu :

Dendritik

Dendritik adalah pola aliran yang cabang sungai nya menyerupai struktur pohon, pada umumnya hal yang semacam ini memang dikontrol oleh litologi.

Dengan demikian bisa terdapat pada daerah yang berjenis batuan homogen, dan lereng-lereng yang begitu terjal, sehingga sungai-sungai nya tidak cukup kuat untuk menempuh jalur yang lurus.

Radial

Radial ialah pola sungai yang menyebar dengan aliran airnya secara radial dari suatu titik ketinggian tertentu, seperti puncak, gunung, atau butir intrusi.

Aliran radial ini sering kita dijumpai pada suatu tempat di mana tempat tersebut adalah lingkungan alam yang membentuk kubah (domis) bentuk alam yang semacam ini akan membentuk kombinasi dari pola radial dan annular.

Rectangular

Rectangular adalah sebuah pola aliran yang dikendalikan oleh struktur geologi, seperti struktur kekar (rekahan) atau sesar (patahan), sungai rectangular bisa di tandai oleh salah satu saluran air yang mengikuti struktur kekar dan patahan.

Rectangular biasanya sering di jumpai di suatu wilayah yang wilayahnya ter patahkan, di sebabkan sungai yang mengikuti jalur yang kurang resisten.

Trellis

Trellis adalah pola aliran yang menyerupai bentuk suatu pagar yang umum dijumpai di perkebunan padi atau sawit, adapun han yang semacam ini bisa di tandai sebagai sungai yang mengalir lurus di sepanjang lembah.

Snetripetal

Sentripetal merupakan salah satu pola aliran yang berlawanan dengan menggunakan tanda radial, di mana aliran sungai nya mengalir ke satu tempat yang berupa cekungan (depresi).

Pola aliran sentripetal ini merupakan dari aliran yang umum dijumpai di bagian barat dan barat laut Amerika. Dengan mengingat sungai-sungai yang mengalir ke suatu cekungan, di mana pada musim basah menjadi musim kering.

Annular

Annular adalah pola aliran yang mengarah ke suatu aliran yang akan menyebar secara radial, dari satu titik ketinggian yang tertentu ke arah aliran yang lebih rendah sehingga kembali bersatu di satu titik yang tertentu.

Paralel Atau Sejajar

Paralel yang sistem pengaliran nya adalah suatu aliran yang terbentuk oleh lereng yang curam/terjal, yang dikarenakan morfologi lereng yang terjal maka akan membentuk aliran sungai berbentuk lurus yang mengikuti arah lereng.

Pola aliran paralel terkadang bisa mengindikasikan adanya suatu patahan besar yang memotong ke suatu daerah yang batuan dasarnya berlipat dan kemiringan yang curam.

Nah, itulah sobat tentang penjelasan yang mengenai Macam Macam Pola Sungai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada kita semua mengenai pola aliran sungai.

Terima kasih semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Baca Juga :