Pithecanthropus Erectus

Posted on

Pithecanthropus Erectus – Indonesia merupakan salah satu negara dengan sejarah yang cukup panjang mengenai manusia purba. Salah satunya yaitu Pithecanthropus erectus, yang sudah tersebar sangat luas di zaman kuno.

Pithecanthropus Erectus

Informasi ini didapatkan ketika penemuan fosil manusia purba. Nah, untuk spesies Pithecanthropus yang sama memiliki banyak seklai jenisnya di Indonesia yang tersebar luas di berbagai daerah.

Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan membahas mengenai Pithecantropus Erectus beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Sejarah Penemuan Dari Pithecanthropus Erectus

Pithecanthropus erectus merupakan salah satu jenis manusia purba Indonesia yang fosilnya pertama kali dijumpai didalam sebuah kebudayaan dari masyarakat modern.

Fosil Pithecanthropus erectus pertama kali dijumpai oleh seorang ahli paleoantropologi yang bernama Dr. Eugene Dubois di berbagai tempat, misalnya seperti di Trinil-Ngawi serta di Kedungbrubus-Madiun dari tahun 1890 hingga tahun 1892.

Fosil yang ditemukan oleh Dubois terdiri dari rahang bawah, tulang paha, tengkorak, molar atas dan juga bawah, fosil tersebut dijumpai didekat tepi sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah.

Dari hasil penemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pithecanthropus Erectus sebagai manusia kera yang bisa berdiri dengan tegap. Dari fosil-fosil tersebutlah, Dubois dan para sejarawan lainnya menyimpulkan bahwa terdapat beberapa karakteristik dari tipe orang purba ini.

Karakteristik Dari Phitecanthropus Erectus

Pithecanthropus Erectus

Berikut ini terdapat beberapa kriteria dari manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus, diantaranya adalah :

  • Pithecanthropus erectus mempunyai volume otak sekitar 900 ccm.
  • Memiliki tinggi badan sekitar 165 hingga 180 cm.
  • Berat badannya sekitar 80 kg hingga 110 kg.
  • Memiliki bentuk wajah yang hampir menyerupai monyet.
  • Mempunyai bentuk dagu yang lebih kecil sementara mulutnya menjulur.
  • Memakan tumbuh-tumbuhan dan bergantung dengan alam.
  • Memiliki bentuk ubun-ubun yang lebih datar.
  • Pada bagian belakang kepala memiliki bentuk yang lebih menonjol.
  • Terdapat tonjolan tepat pada bagian kening yang melintang disepanjang pelipis.
  • Memiliki bentuk tulang pipi yang cukup tebal.
  • Mempunyai bentuk tubuh yang tegap.
  • Terdapat gigi dan juga rahang yang besar serta kuat.
  • Manusia purba jenis ini mempunyai hidung yang cukup besar.

Jika dilihat dari beberapa kriteria fisik pithecanthropus erectus yang ada diatas, manusia purba jenis ini mempunyai perawakan tubuh seperti kera atau monyet.

Mereka sangat berkontribusi besar terhadap perkembangan dari evolusi manusia. Meskipun, saat ini manusia jenis ini sudah termasuk kedalam genus “Homo”, tetapi manusia ini dahulunya tinggal di wilayah Jawa.

Baca Juga :
Manusia Purba
Meganthropus Palaeojavanicus
Homo Wajakensis

Kebudayaan Pithecanthropus Erectus

Dibawah ini terdapat beberapa jenis alat dari hasil kebudayaan yang dipunyai oleh manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus, yaitu diantaranya adalah :

1. Kapak Genggam

Kapak Genggam merupakan salah satu kapak yang bentuknya tidak besar, akan tetapi ukuran dari kapak ini lebih kecil dibandingkan dengan kapak jenis lainnya. Jenis dari kapak ini sudah menyebar hingga ke berbagai wilayah di nusantara dan masih terus dikembangkan hingga saat ini.

2. Kapak Perimbas

Kapak jenis ini mempunyai bentuk yang sedikit lebih cembung dan sering digunakan oleh manusia purba pithecanthropus untuk memotong sebuah benda. Jenis dari kapak ini pertama kali ini ditemukan oleh seorang ilmuwan sekitar tahun 1935 sebagai alat pemotong atau penetak.

3. Alat Penetak

Alat ini sering disebut sebagai kapak, akan tetapi bentuknya sedikit lebih besar dan hanya dapat dipakai untuk memotong benda-benda tertentu. Secara umum, alat ini digunakan oleh manusia purba jenis Pythropanthropes untuk menebang kayu, pohon dan lain sebagainya.

4. Pahat Genggam

Manusia purba dahulu melakukan kegiatan pertanian ini agar memperoleh keuntungan dari hasil alam yang lebih banyak. Alat yang digunakan untuk menggemburkan tekstur tanah adalah pahat genggam.

Tidak hanya itu saja, alat ini juga sering dipakai untuk mencari ubi-ubian atau hal yang lainnya karena alat ini memiliki permukaan yang sangat tajam.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pithechanthropus Erectus?

Pithecantrhropus erectus merupakan sebuah nama yang berasal dari tiga kata, yaitu pithecos yang berarti kera, anthropus yang berarti manusia, dan erectus yang berarti tegak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pithecanthropus erectus berarti “manusia kera yang dapat berjalan dengan tegak”.

Bagaimana cara Pithecanthropus Erectus bertahan hidup?

1. Mereka hidup dengan cara mengumpulkan makanan (food gathering). 
2. Pithecanthropus hidup dengan cara berburu ataupun menaggkap ikan di sungai. 
3. Tidak hanya menangkap ikan, tetapi mereka juga berburu binatang di sepanjang lembah dari tempat tinggal mereka.

Hasil budaya dari Phithecanthropus Erectus yaitu?

1. Kapang genggam
2. Kapak perimbas
3. Kapak penetak
4. Pahat genggam
5. Alat-alat yang terbuat dari tulang
6. Alat serpih

Nah, itu dia informasi yang Rumus.co.id sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.