Piramida Makanan

Posted on

Piramida Makanan – Apa yang dimaksud dengan Piramida Makanan?, Dari pertanyaan itulah, kita akan mengulas mengenai tentang Piramida Makanan, mungkin diantara kalian ada yang sudah mengetahui & paham mengenai tentang Piramida Makanan.

gambar1

Tetapi tidak dapat dipungkiri juga masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahui & paham mengenai tentang Piramida Makanan, oleh sebab itu artikel ini dibuat agar kalian yang belum mengetahui & memahami tentang Piramida Makanan.

mari kita simak bersama-sama mengenai tentang Piramida Makananyang tertera dibawah ini.

Pengertian Piramida Makanan

Piramida Makanan adalah Sebuah sistem yang menggambarkan untuk menampilkan informasi tentang pengelompokan suatu ekosistem yang membandingkan antara komposisi & jumlah biomassa.

Pada tingkatan piramida makanan, komposisi & jumlah biomassa tersebut dikelompokkan mulai dari Produsen, Konsumen I, Konsumen II & Konsumen III.

gambar2

Pada Ekosistem yang normal, pada sebuah ekosistem produsen mempunyai jumlah yang terbanyak, dan pada jumlah konsumen tingkat I lebih banyak dari jumlah konsumen tingkat II, selanjutnya jumlah konsumen tingkat II lebih banyak dari konsumen tingkat III.

Macam-Macam Piramida Makanan

gambar3

 

Pada contoh gambar di atas merupakan Sistem Piramida Makanan terbagi menjadi 2 macam kelompok, yang berdasarkan dengan ekosistem pada mahluk hidup tersebut, yaitu : Piramida Makanan Ekosistem Darat & Piramida Makanan Ekosistem Air.

1. Piramida Makanan Ekosistem Darat

Piramida Makanan Ekosistem Darat adalah Suatu ekosistem yang mencakup wilayah yang hanya berada di daratan. Dalam kelompok piramida ini, bukan hanya hewan saja yang berperan, tetapi tumbuhan juga ikut berperan penting dalam ekosistem ini.

Karena tumbuhan merupakan komponen utama pada ekosistem daratan ini, tanpa adanya tumbuhan semua makhluk hidup akan mengalami kepunahan.

gambar4

Berikut ini adalah perincian kelompok piramida ekosistem darat :

1. Produsen merupakan Sebuah ekosistem daratan yang biasanya ditempati oleh berbagai macam tumbuhan (Organisme) yang daun dan buahnya dapat dimakan oleh sebagian hewan darat.

2. Konsumen I merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh hewan (Herbivora) yang memakan tumbuhan (produsen). Contoh : Seekor serangga yang memakan sebuah tumbuhan.

3. Konsumen II merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh hewan (Omnivora) yang memangsa seekor serangga, belalang, dll (Konsumen I).

Contoh : Ayam, Katak, Burung, dan lain-lainnya yang sejenis.

4. Konsumen III merupakan sebuah ekosistem yang biasanya ditempati oleh hewan (Karnivora) yang memangsa seekor ayam, burung, dll (Konsumen II).

Contoh : Burung Elang, Harimau, Singa, Serigala, dan lain-lainnya yang sejenis.

2. Piramida Makanan Ekosistem Air

Piramida Makanan Ekosistem Air adalah Suatu ekosistem yang mencakup wilayah yang hanya berada di perairan.

gambar5

Berikut ini adalah perincian kelompok piramida ekosistem air :

1. Produsen I merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Phytoplankton, karena jumlahnya yang sangat banyak, organisme tersebut menjadi makanan utama dari sebagian besar Ikan pemakan phytoplankton.

2. Konsumen I merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Ikan-ikan kecil & Ikan-ikan yang memakan phytoplankton (Produsen).

3. Konsumen II merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Anjing laut & Ikan yang lebih besar, dan mampu memangsa Ikan-ikan kecil.

4. konsumen III merupakan Sebuah ekosistem perairan yang biasanya ditempati oleh Paus pembunuh & Paus biru yang tidak mempunyai pemangsa.

Jenis-Jenis Piramida Makanan

Piramida Makanan dikelompokkan sesuai dengan urutan sebuah siklus rantai makanan yang berada dalam Ekosistem tertentu.

Karena hal ini disebabkan oleh sebuah siklus makanan mahluk hidup yang berbeda. Seperti seekor hewan dengan yang hidup pada habitat yang berada di hutan, gurun, laut, dll.

Dalam hal inilah Piramida Makanan terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. Piramida Biomassa

gambar6

Piramida Biomassa adalah Sistem piramida yang mensatukan massa dari semua organisme yang berada pada suatu habitat tertentu.

Pada piramida ini sebuah organisme diukur berdasarkan massa. Seperti berat dari setiap organisme dapat diukur dalam satuan gram.

Dalam pengukuran berat pada setiap tingkatan trofik berdasarkan dengan berat rata-rata organisme yang dimana menggunakan suatu rumus tertentu untuk memperkirakan jumlahnya.

Piramida biomassa ini sangat akurat dalam menunjukkan suatu hubungan kuantitas biomassa pada sebuah ekosistem yang berdasarkan habitat dari oragnisme tersebut.

Piramida Biomassa terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :

  • Piramida Tegak
  • Piramida Tegak adalah Sistem piramida yang massa produsennya lebih besar, dibandingkan dengan tingkat trofik yang berada di atasnya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem daratan.
  • Piramida Terbalik
  • Piramida Terbalik adalah Sistem piramida yang massa produsennya lebih kecil, dibandingkan dengan massa gabungan dari konsumennya, dan biasanya menggambarkan sebuah ekosistem perairan.

2. Piramida Energi

gambar7

Piramida Energi adalah Sistem piramida yang mengalami suatu penurunan energi pada setiap tingkat trofik yang berada di atasnya.

Pada sistem piramida energi ini, produsen harus memiliki energi lebih besar dibandingkan dengan energi konsumennya.

Semakin kecilnya suatu energi pada tingkat trofik selanjutnya,  dapat disebabkan beberapa faktor, yaitu :

  • Hanya makanan tertentu yang dapat dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
  • Tidak semua makanan yang dicerna trofik selanjutnya menjadi suatu energi, melainkan hanya menjadi kotoroan yang dibuang.

3. Piramida Populasi

gambar8

Piramida Populasiadalah Dimana suatu organisme yang berperan sebagai produsen harus mempunyai populasi yang lebih banyak dibandingkan dengan tingkat trofik yang berperan sebagai konsumen di atasnya.

Pada ujung piramida populasi ini ditempati oleh organisme yang berperan sebagai konsumen III, dan diantara dasar & puncaknya piramida populasi ini, ditempati oleh beberapa tingkatan konsumen lainnya (konsumen I & konsumen II).

Artinya pada suatu populasi pada konsumen I harus lebih banyak daripada populasi pada konsumen II, dan populasi pada konsumen II harus lebih banyak dibandingkan populasi pada konsumen III & seterusnya.

Piramida Populasi ini juga sering, disebut sebagai Piramida Penyeimbang pada populasi setiap organisme tertentu, karena sudah sewajarnya populasi dari kelompok mangsa selalu lebih banyak, daripada sekelompok pemangsanya.

Apabila sebuah populasi sekelompok pemangsa jauh lebih banyak daripada kelompok mangsanya, maka akan terjadi suatu kepunahan terhadap kelompok pemangsa itu sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Piramida Makanan beserta Pengertian, Macam-Macam Piramida Makanan & Contohnya, dan Jenis-Jenis Piramida Makanan.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Gambar, Habitat, Dan Fungsinya

Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Dan Gambarnya

Siklus Hidrologi – Pengertian, Proses, Macamnya, Gambar, Makalah

Materi Terkait: