Pidato Persuasif

Posted on

Pidato Persuasif – Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh pidato persuasif tentang lingkungan dan menjelaskan tentang apa itu pidato persuasif berikut contohnya.

Contoh pidato persuasif tentang lingkungan Remaja dan sampah . Sebelum kita membahas tentang contoh pidato , saya akan menjelaskan tenatang apa itu pidato persuasif .

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa ada 4 jenis pidato, yaitu pidato informatif, pidato rekreatif, pidato deskriptif, dan pidato persuasif. Kali ini akan saya menjelaskan tentang pidato persuasif.

Apa Itu Pidato Persuasif ?

Pidato persuasif adalah pidato yang merayu atau mengajak kepada sesuatu. Rangkaian kata pada pidato persuaif harus disusun semaksimal mungkin , sehingga dalam melakukan pidato kita dapat menarik para pendengar yang hadir dalam acara yang sedang berlangsung serta merayu mereka untuk mengikuti keinginan orang yang sedang melaksanakan pidato .

Menurut majalahpendidikan.com pidato persuasif juga harus memberi gambaran untuk menarik pendengar agar dapat mengitkuti apa yang si pidato jelaskan.

Poin terpenting dari pidato persuafiat yaitu bukan memaksa untuk harus mengikuti , tetapi mengajak dan memberi argumen yang baik dan positif , sehingga di akhir pidato para pendengar dengan secara otomatis akan mengukiti dan mealukan hal hal yang di jelaskan dalam pidato tersebut .

Jadi kalian yang ingin membuat pidato persuasif, kalian haruslah merangkai kata di setiap paragraf tersebut dengan alur yang tepat.

Di awali dari salam pembuka, kemudian paragraf pembuka tentang rasa syukur, selanjutnya bagian tentang masalah yang ingin disampaikan dan seterusnya hingga langkah langkah yang baik dan positif untuk memecahkan suatu problema .

Sebelum mengenal tentang contoh pidato persuasif baiknya kita kenalai juga struktur pidato persuaif . Berikut penjelasannya :

Baca Juga : Majas Paradoks

Struktur Pidato Persuasif

Berikut ini saya akan memberi info tentang struktur pidato persuasif .

Pada umumnya pidato persuasif memiliki 3 struktur dasar, yaitu :

  • Diawali dengan salam pembuka
  • Pendahuluan diisi dengan gambaran dari isi pidaoto yang ingin di sampaikan
  • Isi pidato miliputi tujuan sasaran, tujuan dan rencana .
  • Penutip berisi kesimpulan harapan dan salam penutup

Struktur diatas tidak termasuk dalam salam pembukaan syukur kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW dan rasa terima kasih kepada hadirin yang hadir .

Agar Berpidato dapat berjalan dengan lancar, tentunya harus mempersiapkan naskah atau bahan untuk berpidato secara lengkap .

Berikut kumpulan contoh pidato perusuasif singkat yang akan kami sampaikan :

Baca juga : Teks Eksposisi

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif penangulangan Sampah

Rendahanya Kesadaran dalam mengolah Sampah
Bapak/Ibu yang saya hormati.
Hadirin yang berbahagia.

Bismillahirahmanirrahim.

Pertama tama Mari kita panjatkan rasa syukur atas kehadirat Allah Swt Semoga kita selalu dalam Pertolongan dan lindungan Allah Swt. Amiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit tentang pentingnya kedaran kita dalam mengolah sampah atau membuang sasmpah agar tidak menjadi limbah .

Hadirin yang saya hormati.

Mungkin selama ini masih banyak warga yng tidak perduli atau terlalu menyepelkan denagn keberadaan sampah di sekitarnya tanpa ada solusi untuk menanganinya . Banyak warja juga yang membuang sampah dengan seenak nya sendiri , seperti di selokan, sungai atau dijalan jalan .

Tetapi masih ada juga sebagian warga yang berfikir untuk mendaur ulang smapah menjadi barang yang bermanfaat dan dapat digunakan . Tetapi tidak semua sampah dapat di daur ulang , Harus memllui beberapa thapan dan hal itu juga memerlukan biaya yang cukup lumayan mahal .

Sampah sangat lah erat berkaitan dengan kesehatan bagi warga sekitar . Karena didalam sampah terdapat berbagai kehidupan seperti microba dan mengundang binatang serangga yang memyebarkan penyakit seperti nyamuk dan lalat .

Apabila pembuangan sampah tidak di dampingi dengan pemusnahan sampah maka di suatu darah atau yang di sebut TPS akan menjai lautan sampah yang dapat membahayakan bagi kesehatan untuk msyarakat yang berada di sekitar TPS tersebut .

Sebab itu sampah harus dikelola dengan baik sampai sekecil mungkin supaya tidak mengganggu kesehatan udara dan tidak mengancam kesehatan masyarakat

Hadirin yang saya hormati.

Pengelolaan sampah yang baik, bukan hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk keindahan lingkungan dan kelestarian alam sekitar. Namun dalam pengelolaan sampah di Indonesia masih belum menggunakan cara yang baik yaitu peleyapan sampah dengan cara membakar di dalam tabung untuk membakar sampah .

Sementara di Indonesia sampai saat ini masih menggunakan cara menumpukan sampah di TPS atau tempat pembuangan sampah akhir tanpa ada solusi terbaik dari pemerintah .

Hadirin yang saya hormati,

Kuncinya adalah disiplin. Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi kedisiplinan. Budaya mereka telah menanamkan disiplin yang tinggi dalam setiap aktivitasnya. Hal itulah yang belum tertanam dalam diri kita, diri masyarakat kita. Kita sudah tahu bahwa membuang sampah ke sungai itu akan berakibat buruk pada lingkungan

Meskipun dalam beberpa daerah sering terkena banjir ketika musim hujan tiba , namun hal ini belum jua menyadarkan masyaraknya untuk membuang sampah pada tempatnya .Setelah selasai bencana banjir merekapun kembali membuang sampah di sembarang tempat . Masyarakat tidak pernah merasa jera dan tidak pernah belajar dari pengalaman yang telah terjadi . Sehingga sering terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari .

Hadirin yang saya hormati,

Melihat ketidak nyamanan ini , marilah kita memulai utnuk sadar akan keberadaan sampah dengan cara membuang lah sampah pada tempat nya dan memberi kenyamanan untuk kehidupan kita sendiri dan orang banyak .

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan . Mohon maaf jika ada kata kata dan tingkah laku yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian .

Billahi taufik wal hidayah.
Wassalamu ‘alaikum warrohmatullahi wa barrokatuh

Contoh Teks Pidato tentang Problematika Remaja

Bergaul Yang Sehat

Bapak/Ibu guru yang saya hormati.
Rekan rekan yang berbahagia.

Bismillahirahmanirrahim.

Pertama marilah kita panjatkan puja puji syukur kepada Allah Swt. Semoga kita selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah Swt. Amiin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sedikit materi tentang permasalahan perilaku menyimpang dikalangan remaja dan cara mengatasinya.

Hadirin yang saya hormati,

Masa-masa remaja merupakan suatu proses masa sulit untuk menuju jenjang ke masa dewasa . Jika kita mampu menjalani masa ramaja dengan menghindari pergaulan yang tidak baik maka kita akan menuju ke masa dewasa yang lebih cemerlang dan kesuksesan .

Masa remaja merupakan masa perkembangan seseorang yang amatlah penting , apabila di masa remaja kita tidak dapat memanfaatkan dengan baik, maka akan mempengaruhi kehidupan dimasa dewasa nantinya .

Oleh sebab itu ramaja harus dapat menyesuaikan dirinya kepada lingkungan yang baik dan juga berjalan di jalur positif . Maka remaja akan berhasil bertumbuh kembang menjadi dewasa yang lebih baik .

Hadirin yang saya hormati.

Istilah kata remaja berasal dari bahasa Latin, yaitu Adolecere yang berarti tumbuh atau berkembang menjadi dewasa. Masa remaja adalah masa dimana proses untuk menjadi dewasa .

Ada tahapan tahapan remaja berubah menjadi dewasa yakni tahap remaja pertama (masa puber), tahap remaja pertengahan (remaja), dan tahap remaja akhir (usia 19 22 tahun). Pada masa perubahan ini biasa nya remaja mengalami masa labil karena mereka bukan lagi anak anak juga belum bisa di sebut dewasa

Karena itu, sekarang ini banyak para remaja yang mencari perhatian lebih untuk eksistensi dirinya di lingkungan sekolah atau masyarakat.

Salah satu ciri remaja yang menonjol adalah sifat keingin tahuannya tinggi, dan selalu mencoba berbagai eksperimen . Kebanyakan remaja tidak menyukai apa yang di kehendaki oleh orangtuanya , sehingga mereka berusaha mencari jati diri mereka sendiri dengan cara mengikuti aktor aktor luar negri .

Remaja yang sangat memprihatinkan penampilannya ialah remaja wanita , kebanyakan dari mereka menyukai berdandan yang tidak wajar layaknya remaja biasa .

Selain itu juga remaja sangat rentan dengan keadaan yang membuat mereka menjadi stres , hilang kendali dan pergaulan yang buruk , Contoh hal nya seperti narkoba dan pergaulan seks bebas akibat lingkungan yang buruk juga .

Hadirin yang saya hormati,

Masa remaja pun diwarnai dengan masa penuh percintaan . Perasaan cinta mulai tumbuh kepada lawan jenis di mulai berkembangnya aspek tubuh yang bertanda kan berkembangnya perubahan wajah atau pun fisik lawan jenis tersebut , baik wanita maupun pria .

Meskipun di dalam islam tidak diajarkan Pacaran , tetapi banyak remaja sekarang ini yang menanamkan benih benih cintanya kepada lawan jenisnya . jika berpacaran dilakukan dalam taraf hal yang wajar mungkin tidak jadi masalah .

Namun jika remaja mengetahui batasan batasan dalam berpacaran. Namun yang berbahaya adalah ketika batasan dan etika itu di langgar karena disebabkannya menonton video video yang tidak wajar . maka akan berbahaya bagi mereka .

Pergaulan bebas sangatlah bertentangan dengan hukum agama Islam. Imam Al-Gazali mengatakan bahwa nafsu seks merupakan nafsu yang paling kuat dan paling membangkang pada akal jika nafsu itu sudah bangkit.
Akibat yang di timbulkan nya sangatlah buruk dan berbahaya bagi remaja .Oleh karena itu sadarlah untuk takut kepada Allah, maka kita akan mampu menahan hawa nafsu tersebut .

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sedang merasakan nafsu berahi, tetapi bisa menahan diri nya , kemudian dia meninggal dunia, dia wafat dalam keadaan syahid.”.

Betapa besar pahalanya jika kita dapat mengendalikan nafsu birahi yang secara alami tumbuh dalam diri kita. Agar kita tidak terjerumus pada perilaku seks bebas, para remaja dapat melakukan hal-hal sebagai berikut.

Pertama, kita harus memperdalam ilmu agama dengan bimbingan guru yang benar sehingga mampu mendekatkan diri kepada Allah Swt .

Kedua, kita harus mampu menjaga pandangan mata . Karena Mata menjadi penyebab sumber kemaksiatan .Bahkan Mata juga bisa menjadi sumber prilaku zina. Oleh karena itu, kita tetap menjaga pandangan mata kita dari sesuatu yang dapat menjerumuskan kita pada perbuatan zina.

Hadirin yang saya hormati,

Tentunya, bangsa ini tidak ingin generasi mudanya hancur dengan moral yang tidak baik . Bangsa ini mengharapkan generasi muda yang ber akhlak baik. Dan kita harus memulainya dari sekarang, di saat usia kita mulai memasuki masa remaja.

Kita dapat memulainya dengan cara bergaul yang sehat , baik dan tidak terjerumus ke pergaulan bebas . Supaya di masa dewasa kelak kita akan menemui kesuksesan dengan usaha kita sendiri .

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah yang dapat saya sampaikan . Mohon maaf jika ada kata kata dan prilaku yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian kepada allah saya mohon ampun .

Billahi taufik wal hidayah.
Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wa barrokatuh.

Demikianlah pembahasan tentah contoh pidato persuasif yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah refrensi bagi para pembaca . Terima kasih!

Baca Juga : Jenis Jenis Majas