Pesawat Sederhana

Posted on

Pesawat Sederhana – Tanpa disadari bahwa, didalam kehidupan manusia sehari-hari pasti pernah menggunakan alat-alat yang termasuk kedalam kategori Pesawat Sederhana.

Namun, apa sih sebenernya Pesawat Sederhana itu? Apa saja yang termasuk kedalam kategori Pesawat Sederhana?

Pesawat Sederhana

Untuk mengetahui hal-hal tersebut, mari kita simak penjabaran yang ada dibawah ini mengenai Pesawat sederhana beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Definisi Simple Airplane

Pesawat Sederhana sering diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan manusia tanpa mengurangi usaha yang dilakukan.

Penggunaan dari Simple Airplane yaitu untuk merubah bentuk energi, menambah kecepatan, ubah arah gaya, dan gandakan gaya dengan memanfaatkan perangkat mekanis.

Terjadinya perbedaan antara gaya beban dengan gaya kuasa yang bisa mempermudah pekerjaan yang sedang dilakukan oleh manusia, misanya seperti memindahkan benda dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Baca Juga : Katrol – Pengertian, Rumus, Jenis, Contoh Soal

Macam – Macam Simple Airplane

Pesawat Sederhana

Dalam kehidupan sehari-hari, Pesawat Sederhana yang digunakan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis beserta rumusnya yaitu diantaranya adalah :

1. Tuas atau Pengungkit

Tuas/Pengungkit adalah sebuah pesawat sederhana yang dipakai oleh manusia untuk merubah efek atau hasil dari gaya yang dikerjakan. Sistem kerja dari tuas/pengungkit terdiri atas titik tumpu, beban, serta kuasa yang bervariasi letaknya.

Secara umum, tuas/pengungkit terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Tuas/pengungkit jenis pertama, adalah sebuah tuas dengan titik tumpu yang berada ditengah-tengah antara titik beban dengan kuasa. Misalnya seperti alat pemotong kuku, penjepit jemuran dan masih banyak lagi.
  • Pengungkit/tuas jenis kedua, adalah sebuah tuas dengan titik beban yang terletak diantara titik tumpu dengan kuasa. Misalnya seperti alat yang digunakan untuk memotong kertas di toko fotocopy.
  • Tuas/pengungkit jenis ketiga, adalah sebuah tuas yang titik kuasanya terletak diantara titik tumpu dengan titik beban. Misalnya seperti sekop yang dipakai untuk memindahkan pasir.

Rumus dari tuas/pengungkit

Keuntungan dari memakai tuas/pengungkit ini dapat diketahui dengan membandingkan antara gaya beban (w) dengan gaya kuasa (F), maka dapat dirumuskan seperti berikut :

KM (Keuntungan Mekanik) = w/F atau KM = lk/lb

Keuntungan mekanik itu sendiri tergantung dari panjang lengan, jika lengan yang digunakan semakin panjang, maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.

2. Katrol

Pada prinsipnya, katrol merupakan sebuah roda yang memiliki poros (gandar) dan menggunakan tali atau rantai yang dipasang di sekitar roda sehingga dapat berputar di gandar.

Katrol umumnya digunakan untuk memudahkan manusia dalam mengangkat beban seperti menimba air dari dalam sumur, mengangkat pasir dari dalam lubang dan masih banyak lagi.

Secara umum, katrol terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Fixed Pulley, yaitu salah satu jenis katrol apabila sedang digunakan tidak mengalami perpindahan tempat. Digunakan untuk mengubah arah gaya dan tidak untuk melipatgandakan ukuran gaya. Rumusnya adalah : F = w
  • Pulley Free, yaitu salah satu jenis katrol apabila sedang digunakan posisinya bisa berpindah dengan bebas, karena tidak diletakkan ditempat-tempat tertentu. Biasanya digunakan oleh para pekerja bangunan bertingkat tinggi. Rumusnya adalah : F = 1/2.w
  • Compound Pulleys, yaitu salah satu jenis katrol yang merupakan hasil penggabungan dari katrol tetap dan bebas. Oleh sebab itu, katrol ini juga disebut sebagai katrol ganda. Rumusnya adalah : F = W / jumlah katrol

Baca Juga : Momen Gaya (Torsi) Adalah – Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soal

3. Bidang Miring

Bidang miring merupakan sejenis pesawat sederhana dalam bentuk permukaan datar, tetapi memiliki sudut yang di satu ujungnya lebih tinggi dibandingkan dengan ujung yang lainnya.

Jenis pesawat sederhana ini kerap dipakai untuk memindahkan suatu objek ke tempat yang lebih tinggi. Tentunya, jika ingin memindahkan objek yang sangat sulit berat dengan memanfaatkan bidang miring, maka kita perlu mengetahui berapa banyak usaha yang kita butuhkan.

Rumus dari bidang miring adalah :

Fk x s = W x h

Penjelasan :

Fk = Gaya kuasa (N)
s = Panjang bidang miring (m)
W = Berat benda (N)
h = Tinggi bidang miring (m)

Rumus dari Keuntungan Mekanik menggunakan Bidang Miring dapat dirumuskan dengan :

Keuntungan Mekanik (KM)= W / F = s / h

Contoh Soal Pesawat Sederhana

1. Pada suatu bidang miring yang tingginya sekitar 2 m dan panjang sekitar 6 m. Jika berat objek yang akan dipindahkan adalah sekitar 1.880 N, hitunglah gaya yang diperlukan untuk memindahkan objek tersebut!

Penyelesaian :

Diketahui :

  • Berat objek (W) = 1.880 N
  • Panjang bidang miring (s) = 6 m
  • Tinggi bidang miring (h) = 2 m

Ditanya :

Gaya yang diperlukan untuk memindahkan objek?..

Jawab:

w / F = s / h
1.880 N/F = 6 m / 2 m
1.880 N / F = 3 m
F = 1.880 N / 3
F = 626,7 N

Jadi, besar gaya yang perlukan untuk memindahkan objek adalah 626 N.

2. Jika kalian ingin mengangkat beban yang beratnya sekitar 1.000 N dengan menngunakan tuas yang panjangnya sekitar 300 cm dan lengan beban 50 cm. Hitunglah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban tersebut!

Penyelesaian :

Diketahui :

  • Berat Beban (w) = 2.000 N
  • Lengan Beban (lb) = 100 cm
  • Lengan Kuasa (lk) = 400 cm

Ditanya :

Gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban?..

Jawab :

w . lb = F . lk
2.000 N . 100 cm = F . 400 cm
F  = 2.000 N . 100 cm / 400 cm
F = 500 N

Jadi, gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban menggunakan katrol adalah 500 N.

Baca Juga : Jangka Sorong – Bagian, Ketelitian, Cara Menghitung & Menggunakan

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Pesawat Sederhana?

Pesawat Sederhana sering diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan manusia tanpa mengurangi usaha yang dilakukan.

Apa tujuan dari Penggunaan Pesawat Sederhana?

Penggunaan dari Simple Airplane yaitu untuk merubah bentuk energi, menambah kecepatan, ubah arah gaya, dan gandakan gaya dengan memanfaatkan perangkat mekanis.

Apa yang dimaksud dengan Roda Berporos dalam Pesawat Sederhana?

Roda berporos adalah sebuah roda yang terdiri dari alat pemutar yang dihubungkan dengan menggunakan sebuah gandar yang bisa berputar secara bersamaan. Misalnya seperti setir mobil, ban sepedah dan masih banyak lagi. 

Sekian penjelasan dari ulasan kali ini, semoga menjadi wawasan baru untuk kita semua.