Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Posted on

Perusahaan Multinasional Di Indonesia – Multinational Company merupakan suatu perusahaan yang umumnya dapat beroperasi di dalam dua atau lebih negara sekaligus.

Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Umumnya, perusahaan ini berasal dari negara yang menyandang status Negara Maju, yang kemudian membuka cabang perusahaannya di dalam Negara Berkembang.

Keberadaan hubungan internasional yang kini telah diimplementasikan, menjadi salah satu hal positif yang mendasari keberadaan dari fenomena MNC ini.

Negara Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang terdapat cabang-cabang dari perusahaan Nasional atau disebut sebagai Multinational Company. Berikut ini contoh Perusahaan Multinasional Di Indonesia.

Ciri – Ciri Perusahaan Multinational

Terdapat beberapa karakteristik dari Multinational Company yang menjadi pembeda antara Perusahaan ini dengan Perusahaan yang lainnya, yaitu :

  • Merupakan suatu kegiatan yang mampu menghasilkan pendapatan melampaui batas negara.
  • Terdapat manajemen global untuk koordinasi berbagai cabang yang tersebar di banyak negara.
  • Mempunyai kendali atas teknologi serta modal yang digunakan.
  • Memiliki sistem modal ventura, lisensi serta waralaba dengan sistem manajemen yang melampaui batas negara.
  • Umumnya mempunyai subkontraktor untuk aktivitas produksi
  • Mempunyai berbagai cabang di luar negeri.
  • Umumnya memilih bentuk usaha tertentu, seperti usaha manufaktur.
  • Visi dan juga Misi yang bersifat mendunia.
  • Dalam melaksanakan usahanya, maka perusahaan ini akan menerima karyawan baru dari daerah sekitarnya.

Baca Juga :
Tugas HRD
Visi Dan Misi
Tugas Resepsionis

Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Secara umum, terdapat beberapa contoh dari Perusahaan Multinasional yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut :

1. Garuda Food

GarudaFood merupakan salah satu Multinational Company yang menghasilkan berbagai macam makanan dan juga snack. Produk-produk yang dihasilkan oleh GarudaFood sudah berhasil mendominasi pasar di berbagai negara.

GarudaFood juga sudah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan cara mengakuisisi pabrik gula yang bernama Fuhua Jing Jiang Yonghe.

2. Unilever Indonesia

Pada dasarnya, Unilever Indonesia adalah cabang dari Unilever Company. Unilever Indonesia adalah perusahaan multinasional yang memiliki banyak cabang serta kantor di berbagai belahan dunia.

Hampir semua produk rumah tangga dan juga kecantikan dibuat oleh Unilever Company, sehingga perusahaan ini sangat terkenal di kalangan masyarakat.

2. LG

Sekitar tahun 1947, LG adalah salah satu perusahaan kimia pertama di Korea. LG adalah bentuk kolaborasi antara keluarga Heo dan Koo, yang pada dasarnya telah berkompetisi selama beberapa generasi serta memiliki sejumlah bisnis besar keluarga.

Perusahaan yang satu ini kemudian mulai berekspansi ke sektor elektronik dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya. LG telah tumbuh dan berkembang di Indonesia sejak tahun 90an.

3. Martha Tilaar

Martha Tilaar adalah salah satu perusahaan yang sudah termasuk kedalam kategori Multinational Company dengan adanya bukti bahwa ia sudah tersebar luas di sepuluh negara Asia Pasifik.

Bisnis ini mulanya dirintis oleh Dr. Martha Tilaar yang didalamnya memanfaatkan bahan-bahan alami yang asli berasal dari Indonesia serta sudah menjadi poin penting tersendiri sehingga bisa bersaing dipasar global.

4. KFC

KFC adalah perusahaan waralaba dari Yum! Brand, Inc ini sudah terkenal dan telah menjadi salah satu merek makanan paling populer di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali dibangun di Louisville, AS.

Kentucky dari AS sebenarnya dibangun oleh Kolonel. Harland Sanders untuk pertama kalinya. Produksi ayam goreng adalah salah satu jenis produk KFC yang paling populer. Di Indonesia, KFC sendiri sudah memasuki pasar Indonesia sejak 1979.

5. Semen Indonesia

Semen Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN pertama di Indonesia yang telah menyandang status sebagai Multinational Company. BUMN ini telah berhasil mengakuisisi perusahaan asing dan juga berhasil untuk melakukan kegiatannya di ASEAN dan juga di Asia Selatan.

6. Levi

Siapa sih yang tidak kenal dengan brand satu ini yang sudah menghasilkan berbagai produk jeans dengan kualitas tinggi? Ya, Levi merupakan salah satu perusahaan yang sudah didirikan sejak tahun 1880 oleh Levi Strauss, di Genoa, Italia.

Biasanya celana jeans yang satu ini dipakai oleh para angkatan laut. Celana Levi memiliki sebutan bleu de Genes yang berarti Biru Genoa. Levi juga sudah mempunyai ribuan pekerja yang tersebar luas di berbagai negara.

7. SidoMuncul

Sido Muncul merupakan nama perusahaan yang sangat terkenal di telinga masyarakat, yang mana perusahaan ini awalnya berasal dari industri jamu rumahan yang terdapat di kota Semarang.

Saat ini, perusahaan tersebut sudah memasuki pasar ASEAN, Timur Tengah, Hongkong hingga ke negeri Afrika. Setidaknya sudah terdapat 250 produk unggulan dari Sido Muncul yang diterima dengan baik dalam pasar global.

8. Indomie

Indomie merupakan perusahaan bahan makanan instan Indonesia yang sudah terkenal di berbagai negara. Bahan makanan andalan bagi setiap anak-anak kos di Indonesia sudah dipasarkan di 80 negara dunia.

Pabrik produksinya tersebar di berbagai negara mulai dari Kenya, Nigeria, Arab dan masih banyak lagi.

F.A.Q

Apa itu Perusahaan Multinasional?

Multinational Company merupakan suatu perusahaan yang umumnya dapat beroperasi di dalam dua atau lebih negara sekaligus. Umumnya, perusahaan ini berasal dari negara yang menyandang status Negara Maju, yang kemudian membuka cabang perusahaannya di dalam Negara Berkembang.

Ciri utama dari Perusahaan Multinasional ini yaitu?

1. Merupakan suatu kegiatan yang mampu menghasilkan pendapatan melampaui batas negara.
2. Terdapat manajemen global untuk koordinasi berbagai cabang yang tersebar di banyak negara.
3. Mempunyai kendali atas teknologi serta modal yang digunakan.
4. Memiliki sistem modal ventura, lisensi serta waralaba dengan sistem manajemen yang melampaui batas negara.

Tujuan dari Multinational Company adalah?

1. Memperoleh pangsa pasar baru dari negara lain.
2. Mewujudkan efisiensi biaya pa saat investasi dapat mengurangi biaya produksi.
3. Pengurangan risiko produksi dan penjualan dengan cara mencari lokasi baru di negara lain.

Itulah Informasi singkat mengenai Perusahaan Multinasional yang berada di Indonesia. Semoga menambah wawasan baru untuk kita semua.