Perusahaan Adalah

Posted on

Perusahaan Adalah – Di dalam kehidupan manusia tidak pernah bisa lepas dari yang namanya barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut tentunya ada yang harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu baru bisa digunakan.

Perusahaan Adalah

Nah, proses pengelolaan barang dan juga jasa tersebut umumnya dilakukan di sebuah tempat yang dapat disebut sebagai perusahaan. Namun, apa sih sebenarnya Perusahaan itu? Apa saja jenis-jenisnya?

Nah, bagi para pembaca setia yang belum memahami hal-hal yang ada diatas, santai aja jangan panik. Karena, Rumus.co.id akan menjelaskan mengenai Perusahaan secara rinci di bawah ini.

Perusahaan Adalah?

Perusahaan adalah tempat di mana terjadinya kegiatan produksi dalam bentuk barang dan juga jasa serta sebagai tempat bertemunya semua faktor yang mendukung terjadinya produksi.

Setiap perusahaan ada yang masuk kedalam daftar di pemerintah dan ada yang tidak. Untuk perusahaan yang terdaftar di pemerintahan, mereka umumnya memiliki unit bisnis untuk perusahaannya.

Unit-unit bisnis tersebut umumnya didirikan sesuai dengan jenis dari masing – masing bisnis yang dijalankan. Adanya badan usaha tersebut biasanya dijadikan sebagai status dari perusahaan yang terdaftar di dalam pemerintahan secara sah.

Selain itu, perusahaan dapat diartikan sebagai badan usaha atau unit bisnis yang didalamnya melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi guna menghasilkan produk yang berupa barang dan juga jasa serta mempunyai gedung khusus yang nantinya akan dijadikan sebagai lokasinya.

Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli

Selain definisi dari Perusahaan secara umum, berikut ini merupakan pengertian dari Perusahaan atau badan usaha yang diungkapkan oleh para ahli, yaitu diantaranya adalah :

  • Molengraaff, Perusahaan sering diartikan sebagai keseluruhan dari aktivitas yang dilakukan secara berkesinambungan, bertindak secara eksternal untuk menghasilkan pendapatan dari perdagangan atau pengiriman barang atau masuk ke dalam perjanjian perdagangan.
  • Komar Andasasmita, Perusahaan sering diartikan sebagai mereka yang secara berkesinambungan dan juga terbuka untuk bertindak dalam kualitas tertentu, raih atau mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri.
  • Abdul Kadir Muhammad, Perusahaan merupakan sebuah lokasi atau tempat terjadinya kegiatan proses produksi serta lokasi bertemunya segala faktor produksi.
  • Swastha dan Sukotjo, Company adalah suatu organisasi yang menghasilkan barang menggunakan dan juga mengkoordinasikan sumber daya ekonomi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cara yang menguntungkan.

Baca Juga :
Perusahaan Multinasional Di Indonesia
Ekonomi Internasional
Syarat Pendirian PT

Macam – Macam Company

Pada dasarnya, Company (Perusahaan) dikelompokkan berdasarkan Lapangan Usahanya dan Berdasarkan Kepemilikannya. Berikut ini penjelasan dari kelompok Company, yaitu sebagai berikut ini :

1. Berdasarkan Lapangan Usaha

Jika dilihat berdasarkan lapangan usahanya, Company dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Attractive Company, merupakan badan usaha yang mengambil berbagai hal dari alam secara langsung misalnya seperti produksi garam, pengambilan ganggang laut, pengambilan rumput laut, penangkapan ikan dan lain sebagainya.
  2. Agricultural Company, adalah salah satu unit bisnis yang menangani pengelolaan tanah untuk menjadi lahan yang berguna dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perusahaan ini dibagi menjadi beberapa bidang, misalnya seperti perkebunan, perikanan, pertanian, dan peternakan.
  3. Industrial Company, adalah fasilitas yang mengolah bahan baku menjadi produk setengah jadi yang kemudian digunakan sebagai bahan baku yang nantinya digunakan untuk barang jadi.
  4. Trading Company, adalah unit bisnis yang berurusan dengan bidang penjualan dan pembelian produk. Misalnya seperti toko, supermarket, mini market dan sebagainya.
  5. Service Company, adalah salah satu badan usaha yang menyediakan layanan. Sebagai contoh yaitu jasa perbankan, asuransi, perhotelan, keuangan dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Kepemilikannya

Jika dilihat berdasarkan kepemilikannya, Company dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Perusahaan milik negara, suatu bentuk bisnis yang diaktifkan dan juga didirikan oleh negara atau pemerintah.
  • Koperasi, salah satu perusahaan yang diaktifkan dan didirikan oleh anggota.
  • Perusahaan swasta, suatu bentuk bisnis yang dikapitalisasi dan juga didirikan oleh sekelompok orang luar yang datang dari luar negeri.

Fungsi dari Perusahaan

Secara umum terdapat beberapa fungsi dari Perusahaan yang perlu diketahui oleh kalian yang ingin mendirikan perusahaan, yaitu diantaranya adalah :

  1. Economic Function, dalam fungsi ini artinya Company mempunyai tugas khusus yaitu memantau, menganalisis, dan juga mengkaji semua aspek yang berkaitan dengan ekonomi perusahaan.
  2. Accounting Function, dalam fungsi ini artinya Company berguna untuk melindungi kekayaan yang dimiliki oleh suatu badan usaha, memastikan suatu Company dapat menjalankan prosedurnya dengan baik, melindungi keandalan informasi akuntansi dan mempromosikan efisiensi kerja di perusahaan.
  3. Production Function, dalam fungsi ini Company berperan untuk mewujudkan hingga menambah fungsi dari sebuah barang atau jasa. Dalam proses produksi, tentunya terdapat berbagai macam hal yang dapat disesuaikan dengan bidang perusahaan yang dikelola.
  4. Marketing Function, dalam fungsi ini, perusahaan memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan melalui proses pertukaran yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen. Banyak metode pemasaran yang digunakan oleh setiap perusahaan. Tentu saja, ini tergantung pada kreativitas setiap perusahaan untuk menarik perhatian konsumen.
  5. Personnel Function, fungsi yang satu ini memainkan peran yang sangat penting dalam perlindungan, sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan dapat lebih efektif dan juga efisien serta dapat berjalan secara optimal, seperti apa yang diharapkan.

F.A.Q

Apa itu Perusahaan?

Perusahaan adalah tempat di mana terjadinya kegiatan produksi dalam bentuk barang dan juga jasa serta sebagai tempat bertemunya semua faktor yang mendukung terjadinya produksi.

Ciri – Ciri Perusahaan, yaitu?

1. Badan Usaha
2. Aktivitas di dalam Bidang Ekonomi
3. Berkesinambungan
4. Memiliki sifat yang tetap.
5. Diketahui oleh orang banyak.
6. Memperoleh keuntungan.
7. Adanya aktivitas pembukuan.

Bentuk – Bentuk dari Perusahaan adalah?

1. Company yang memiliki badan Hukum.
2. Company tidak memiliki badan Hukum.
3. Perusahaan Multinasional.

Nah, sekian informasi di atas yang Rumus.co.id sampaikan dalam pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Terimaksih