Pengertian, Materi, dan Rumus Persamaan Linier

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan ini akan dibahas tentang rangkuman materi persamaan linier smp kelas 10 atau 11. di dalam sistem persamaan linier dua variabel ataupun tiga variabel terdapat bentuk dan rumus persamaan linier, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini

Pengertian Persamaan Linier

Faktanya persamaan linier sama seperti dengan persamaan aljabar, artinya yaitu sebuah sistem hitung dalam ilmu matematika dan bisa dapat di gambarkan dengan bentuk garis lurus dalam sebuah gambar grafik. Lalu sistem persamaan linier di sebut juga dengan sistem persamaan garis.

Namun bagaimanakah cara nya atau metode nya untuk mengerjakan sisitem persamaan linier? Nah maka dari itulah untuk pembahasan kali ini kita akan membahas soal persamaan linier, dan bagaimanakah cara nya untuk mengerjakan soal persamaan linier secara singkat, tepat, dan lengkap.

Pengertian kalimat terbuka, persamaan dan persamaan linier

  1. Kalimat Terbuka

Pengertian dari kalimat terbuka sendiri ialah sebuah kalimat yang memiliki variabel atau memuat variabel

  1. Persamaan

Pengertian dari persamaan sendiri ialah sebuah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan sama dengan (=)

  1. Persamaan Linier

Pengertian dari persamaan persamaan linier sendiri ialah sebuah persamaan yang setiap suku nya mengandung konstanta dengan variabel nya yang berderajat satu atau tunggal dan persamaan ini, bisa di gambarkan dengan sebuah gambar grafik dalam sistem koordinat kartesius.

Dan suatu persamaan akan tetap bernilai benar atau EKWICALENT (< = >), maka ruas yang kiri dan ruas yang kanan di tambah atau di kurang dengan bilangan yang sama.

Rumus Persamaan Linier

y = mx + b

Contoh Bentuk Persamaan Linier :

y = -x+5

y = -05x+2

Contoh persamaan linier dalam bentuk grafik:

 persamaan linier

Nah dari contoh gambar di atas kita bisa mengambil kesimpulan yaitu m atau gradien nya adalah=0,5 dan b garis yang bewarna merah atau di sebut dengan titik potong sumbu y nya yaitu=2

Lalu ada 4 metode yang di pakai untuk mengerjakan persamaan linier apa saja? Pembahasan nya di bawah ini:

Metode Pengerjaan Persamaan Linier

  1. Metode subsitusi

Pengertian dari metode subsitusi sendiri yaitu sebuah metode pengerjaan persamaan linier dengan cara mengganti salah satu peubah nya dari satu persamaan dengan peubah yang di peroleh dari persamaan linier yang lainnya.

  1. Metode Eliminasi

Pengertian dari metode eliminasi sendiri iyalah sebuah metode pengerjaan sistem persamaan linier dengan cara mengeliminasi kan atau dengan cara menghilangkan salah satu peubah nya dengan cara menambah kan nya atau dengan cara mengurang nya dengan menyamakan koefisien nya yang akan di hilangkan tanpa memperhatikan nilai positif nya maupun nilai negatif nya.

Dan apabila peubah nya yang akan kita hilangkan bertanda sama,maka cara untuk mengeliminasi nya yaitu menggunakan sistem operasi pengurangan. Dan sebaliknya jika peubah nya yang akan kita hilangkan bertanda berbeda,maka cara untuk mengeliminasi nya menggunakan operasi penjumlahan.

  1. Metode Campuran ( Eliminasi dan Subsitusi )

Pengertian dari metode campuran sendiri iyalah sebuah metode pengerjaan dengan 2 cara mau eliminasi atau subsitusi karna boleh menggunkan yang mana saja tapi setelah di ketahui nilai dari salah satu nya misal eliminasi telah di ketahui maka selanjut nya masukan nilai itu ke dalam metode subsitusi atau sebalik nya.

  1. Metode Grafik

Pengertian dari metode grafik sendiri iyalah sebuah metode pengerjaan dengan cara menggambar 2 buah garis persamaan pada grafik kartesius,lalu himpunan nya di hasilkan dari titik potong kedua garis tersebut. Dan perlu kalian tau saat ingin menggambar titik sumbu kartesius nya harus sama dan konsisten.

Demikian lah penjelasan soal rumus persamaan linier, pengertian, dan metode – metode cara mengerjakan nya semoga bermanfaat…

Materi Terkait: