Perkembangbiakan Tumbuhan

Posted on

Hallo sobat kali ini kami dari rumus.co.id akan membahas artikel tentang Perkembangbiakan Tumbuhan – lengkap dengan pengertian, contoh, ciri – ciri, struktur, jenis dan fungsinya supaya mudah di pahami.

Perkembangbiakan Tumbuhan – merupakan salah satu metode dalam perkembangbiakan tanaman yang akan di bentuk dengan peranan dan lapisan sel yang memiliki bagian utama supaya dapat membetuk struktur benih sebgai kelompok tanaman akan menghasilkan batang dan cabang yang baru, dari berbagai strukturnya. langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Tumbuhan

Perkembang-Biakan-Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu ciri kehidupan tanaman untuk melestarikan lingkungannya karena dapat membetuk karakteristik yang dari berbagai jenis tanaman.

Dalam hal ini juga sebagai reproduksi tanaman yang terjadi secara aseksual atau tanpa penggabungan sel pada tanaman yang dapat berkembangbiakan yang akan dilakukan dengan menggunakan bagian tanaman.

Baca Juga:  Akar Serabut

2 Cara Perkembangbiakan Tumbuhan

dari pembahasan di atas maka terdapat dua cara untuk Perkembangbiakan tanaman diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Perkembangbiakan Vegetatif

Vegetatif adalah salah satu jenis reproduksi makhluk hidup yang akan terjadi tanpa pertemuan sel jantan dan betina dan hanya satu induk yang berasal dari bagian tubuh ibunya sehingga memiliki sifat yang mirip dengan induknya.

Berikut cara perkembangbiakan vegetatif adalah.

A. Tunas

Tunas adalah bagian dari tanaman yang baru saja muncul dari perkembangan tanaman dan akan membetuk tunas yang terletak di atas permukaan tanah / medium sehingga dapat dipasangkan dengan daun muda sebagai calon bunga.

Contohnya: pisang, bambu, nanas dan lai sebagainya.

B. Akar tinggal (Rhizoma)

  • Ilustrasi akar tempat tinggal
  • Ilustrasi akar tempat tinggal (rhizoma)
  • Akar tempat tinggal strain yang sepenuhnya terlokalisasi.

Contohnya:

Tanaman dengan akar kunyit, jahe, lengkuas, tebu, jahe.

C. Spora

Spora adalah salah satu sel (bisa berupa sel haploid atau diploid) yang dapat dibungkus dari lapisan sel-sel yang tidak aktif dan hanya tumbuh di lingkungan dengan memenuhi persyaratan tertentu yang spesifik untuk setiap tanaman,.

Misalnya: lumut, pakis.

D. Umbi lapis

Umbi lapis adalah salah satu jenis tanaman umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun sangat rapi dan tegas dalam roset.

Misalnya: bawang merah, bawang putih dan bawang mombay.

E. Stek daun

Stek daun adalah salah satu cara untuk memperbanyak tanaman vegetatif buatan dengan menumbuhkan bagian dari daun pada tanaman yang akan menjadikan tanaman baru.

Contohnya: bebek kelapa, kaktus, Sri Fortune, Wijayakusuma, begonia, bahasa hukum / Sansevieria dan lidah buaya.

Baca Juga: Fungsi Xilem

2. Perkembangbiakan Generatif

Perkembangbiakan Generatif adalah salah satu jenis yang dapat melakukan perkembangbuakan tanaman berbunga dalam pemuliaan generasi bunga yang dimulai dengan penyerbukan.

Maka penyerbukan akan diikuti oleh pemupukan dan akan menghasilkan kandidat tanaman baru yang akan ditanam atau jatuh ke tanah dengan tumbuhan diantaranya.

Berikut adalah janis perkembangbiakan generatif adalah:

A. Mencangkok

Mencangkok adalah salah satu metode yang dapat dilakukan pada tanaman dari berkambium (Dicot) dengan mempercepat proses pemuliaan dan memiliki sifat buah yang sama dengan induknya dan pohonnya tidak terlalu tinggi.

B. Menyambung

Menyambung adalah salah satu jenis yang dapat menghubungkan dua tanaman yang terletak di bagian atas dengan tanaman yang lebih baik dan jenis yang sama harus dipilih dengan menggabungkan dua karakteristik tanaman yang berbeda.

C. Menempel tunas ( okulasi )

Okulasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tanaman dengan menempelkan sepotong kulit pohon dengan pucuk dari batang atas ke sepotong kulit pohon sehingga dapat tumbuh bersama menjadi tanaman yang baru.

D. Stek Batang

Stek natang adalah salah satau metode perbanyakan tanaman yang menggunakan bagian tubuh tumbuhan (akar, daun, batang).

E. Merunduk

Merunduk adalah salah satu metode dengan ditekuk ke bawah dan kemudian ditutup dengan tanah dan akan menumbuhkan akar yang kuat sehingga dapat dipotong secara terpisah.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Janis Penyerbukan Pada Tanaman

Penyerbukan juga dapat disebabkan dengan adanya pengaruh dari luar seperti angin, binatang, air dan manusia diantaranya adalah sebgai berikut.

Angin (anemogami) → sebagai serbuk sari kering / ringan dan mahkota bunga kecil
Hewan (zoidiogami) → sebagai serangga, burung, kelelawar dan akan menghasilkan madu atau bau
Air (hidrogami) → sebagai tanaman yang pada habitatnya ada di dalam air
Orang: tanaman vanili, salak

Penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.

Penyerbukan sendiri (autogami): serbuk sari yang jatuh di kepala putik

Penyerbukan dalam (Geitonogamy): Pollen yang jatuh di kepala putik lain dengan membetuk bunga pada tanaman

Penyerbukan silang (alogami): serbuk sari yang jatuh pada putik bunga lain dari berbagai tanaman dan akan membetuk tanaman sebagai jenis tanamannya

Penyerbukan hibrid: serbuk sari yang jatuh di kepala piston dengan berbagai jenis / tipe.

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai Perkembangbiakan Tumbuhan lengkap dengan teknik dan contohnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Tumbuhan Yang Hampir Punah