Percobaan Igenhousz

Posted on

Percobaan Igenhousz – Apa yang dimaksud dengan Igenhousz?, Dari pertanyaan itulah, kita akan mengulas mengenai tentang Igenhousz, mungkin diantara kalian ada yang sudah mengetahui & paham mengenai tentang Igenhousz.

Screenshot_1

Tetapi tidak dapat dipungkiri juga masih banyak diantara kalian yang masih belum mengetahui & paham mengenai tentang Igenhousz, oleh sebab itu artikel ini dibuat agar kalian yang belum mengetahui & memahami tentang Igenhousz.

mari kita simak bersama-sama mengenai tentang Igenhousz yang tertera dibawah ini.

Pengertian Igenhousz

Igenhousz adalah Suatu percobaan yang berfungsi untuk meneliti proses fotosintesis, yang digunakan sebagai dalil untuk membuktikan bahwa tumbuhan sejatinya memerlukan sebuah cahaya agar bisa berfotosintesis & menghasilkan sebuah oksigen ketika proses fotosintesis berlangsung.

Tokoh Penemuan Igenhousz

Screenshot_2

 

Pada gambar diatas ini adalah Seorang Ilmuwan yang menemukan Teori Percobaan “Igenhousz“, beliau bernama Jan Igenhousz.

Beliau merupakan Seorang Ilmuwan yang berasal dari Negara Belanda.

Dalam penelitiannya Beliau menggunakan Tumbuhan Air Hydrilla verticillata yang dimasukan ke dalam suatu Bejana berisi sebuah Air.

Pada bejana tersebut kemudian ditutup menggunakan sebuah Corong Terbalik, lalu pada atasnya diberikan Tabung Reaksi yang di isi Air sampai penuh, kemudian bejana tersebut beliau letakkan di bawah Sinar Matahari.

Screenshot_3

Setelah beberapa waktu kemudian muncul lah gelembung-gelembung udara dari tumbuhan air tersebut. Pada gelembung udara inilah menandakan adanya suatu Gas yang dihasilkan.

Setelah beliau teliti dari gas ini adalah Oksigen. Dan dalam penelitian itu lah Jan Igenhouz menunjukkan bahwa “Cahaya sangat penting dalam membantu Respirasi suatu Tanaman & Gas yang dihasilkan oleh tanaman adalah Oksigen.

Dari penelitiannya inilah Jan Igenhousz dikenal sebagai Penemu Fotosintesis.

Eksperimen Proses Fotosintesis

Fotosintesis adalah Sebuah reaksi kimia yang penting dalam kehidupan di Dunia ini. Dalam proses fotosintesis tanaman memanfaatkan Sinar Matahari, Karbondioksida & air untuk menciptakan energi makanan pada tumbuhan itu sendiri.

Kemudian Makhluk Hidup juga bergantung pada suatu tanaman untuk menjadi makanan, dan untuk mengubah Karbondioksida menjadi Oksigen, yang berada pada makhluk hidup tersebut.

Pada Eksperimen Fotosintesis ini membuat kita bisa melihat bagaimana tanaman merespon pada sebuah kondisi cahaya yang berbeda-beda dengan cara yang sederhana.

Efek Warna Fotosintesis

Sebuah Tanaman menggunakan warna yang berbeda dalam berkembang, yaitu :

1. Cahaya Merah digunakan untuk meningkatkan Pertumbuhan & Perkembangan pada tumbuhan.

2. Cahaya biru digunakan untuk membantu membuat daun yang sehat pada tumbuhan.

Sebagai contoh :

dengan menumbuhkan Tanaman Toge di jendela dibawah gelas transparan dengan warna yang berbeda, kita bisa mengetahui warna mana yang paling efektif dalam pertumbuhan tanaman toge tersebut.

Banyak Atau Sedikit Sinar Matahari

Cahaya berperan penting untuk kesehatan tanaman dalam proses fotosintesis, mungkin kalian akan berpikir kalau paparan cahaya yang lama adalah hal yang bagus bagi kesehatan tanaman.

Pada percobaan sebuah eksperimen yang kalian lakukan, kalian bisa mengekspos Tanaman Tomat Muda dengan jumlah cahaya yang berbeda selama 3 minggu setelah membentuk kesimpulan, tentang kondisi mana yang terbaik bagi tanaman terhadapat cahaya yang berbeda-beda.

Dalam menguji teori kalian dalam sebuah eksperimen tersebut :

tempatkan sebuah tanaman di luar (terkena langsung sinar matahari) & tanaman yang satunya lagi dibawah sebuah lampu LED dengan menyala sepanjang waktu, lalu tanaman yang lainnya dibawah lampu LED dengan menyala selama 6 jam sehari, dan terakhir letakkan tanaman di ruangan yang gelap tanpa cahaya.

Pada selama 2 minggu ke depan, siramlah tanaman kalian dengan jumlah air yang sama & catatlah setiap perubahan bentuk panjang & penampilan pada setiap tanaman tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai tentang Percobaan Igenhousz beserta Pengertian, Tokoh Penemu Igenhousz & Eksperimen Igenhousz

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait Lainnya :

Proses Fotosintesis – Reaksi, Hasil, Rumus, Faktor yang Mempengaruhi

Ciri Ciri Khusus Tumbuhan – Gambar, Habitat, Dan Fungsinya