Cara Menghitung Rumus Percepatan Gaya Fisika

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus percepatan gaya pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas rumus persamaan linier. Di dalam percepatan gaya terdapat beberapa percepatan gaya seperti gaya gesek, gaya gravitasi, gaya usaha, gaya massa dan yang lainnya.

Pengertian Gaya

Percepatan sebenarnya bisa bernilai positif maupun negatif, karna bila nilai percepatan nya positif maka hal ini menunjukkan bawa kecepatan benda yang mengalami percepatan positif akan bertambah atau di percepat. Namun sebalik nya bila bernilai negatif maka hal ini menunjukkan bawha kecepatan dari benda nya menurun atau di perlambat.

Dan dalam kehidupan sehari – hari kita bisa melihat contoh dari percepatan bernilai positif yaitu seperti hal nya buah apel yang jatuh dari pohon nya lalu apel tersebut di pengaruhi oleh gaya gravitasi. Lalu contoh dari percepatan yang bernilai negatif yaitu seperti hal nya mobil yang sedang melaju kencang lalu seketika di rem maka akan terjadi gaya gesek yang bernilai negatif.

Hukum 1 Newton menyatakan :  “ benda yang tadi nya dalam keadaan diam akan mempertahankan keadaan nya untuk tetap diam dan benda yang sedang bergerak lurus beraturan akan cenderung mempertahankan keadaan nya untuk bergerak lurus beraturan dan dalam arah yang sama selama tidak ada gaya yang bekerja padanya. “

Hukum Newton 2 menyatakan : “ percepatan sebuah benda yang di beri gaya iyalah sebanding dengan besar gaya nya dan berbanding terbalik dengan massa benda nya. “

Rumus Percepatan Gaya

Selanjut nya kita akan membahas soal bagaimana cara menghitung percepatan gaya dan bagaimanakah rumus percepatan gaya yang di ambil dari hukum newton

Rumus dalam bentuk hukum newton 2  : 

F = m x a

Dan rumus untuk gaya nya yang lebih dari satu maka : 

rumus percepatan gaya

Keterangan :

  • F = gaya ( N )
  • m = massa benda ( kg )
  • a = percepatan dari benda ( m/s2 )

Contoh Soal Percepatan Gaya

  1. Jika suatu benda di beri gaya 20 N, benda tersebut memiliki percepatan 4m/s2. Maka carilah berapakah percepatan yang di alami benda tersebut jika benda tersebut di beri gaya sebesar 25 N ?

Caranya adalah pada kasus ini, di ketahui massa nya tetap, dan ketika di beri gaya F1 = 20 N, benda tersebut langsung mengalami percepatan a1 = 4 m/s2, maka massa dari benda tersebut iyalah :

Jawab :
m = F1 : a1 = 20 N : 4 m/s2 = 5 kg

Dan saat di beri gaya F2 sebesar 25 N, maka percepatan yang di alami benda tersebut iyalah menjadi :

a2 = F2 : m2

     = 25 N : 5 kg

     =5 kg di jadikan percepatan maka -> 5 m/s2

Jadi, percepatan dari benda tersebut iyalah 5 m/s2

  1. Di suatu tempat di bumi memiliki percepatan gravitasi pada permukaan bumi sebesar 10 m/s2. Dan jika R adalah jari – jari bumi, maka tentukan lah berapa percepatan gravitasi bumi tersebut pada tempat yang berjarak 0,5 R dari permukaan bumi ?

Jawab :

Di ketahui = r1 = R -> r2 = ( R + 0,5 R ) = 1,5 R

                      g1 = 10 m/s2

Di tanya = g2 ?

Percepatan gravitasi bumi = g2 = ( r1/r2 )2 x g1

                                                      g2 = ( R/1,5R )2 x 10 m/s2

                                                      g2 = 10 m/s2 : 2,25

                                                      g2 = 4,44 m/s2

Jadi, percepatan gravitasi bumi tersebut iyalah 4,44 m/s2

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus percepatan gaya beserta contoh soal dan cara menghitung percepatan gaya semoga bermanfaat…

Baca Juga : 

Materi Terkait: