Perbedaan Mitosis Dan Meiosis

Posted on
Perbedaan Mitosis Dan Meiosis

Perbedaan Mitosis Dan Meiosis – Mitosis dan Meiosis adalah istilah yang sangat asing ditelinga kita, terutama orang awam. Penggunaan kedua istilah ini merujuk pada proses reproduksi yang terjadi pada tumbuhan.

Meiosis dan Mitosis adalah sama-sama bentuk dari proses pembelahan yang terjadi pada sel. Namun keduanya memiliki perbedaan dalam prosesnya. Apa saja yaaa perbedaannya? Yuk simak pembahasan dibawah ini.

Definisi Mitosis

Mitosis adalah sebuah proses reproduksi atau pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel somatik. Dimana sel ini bereproduksi dengan cara melalui tahapan yang dapat terbilang teratur dan menghasilkan dua sel anakan.

Masing-masing dari sel yang dihasilkan oleh proses mitosis memiliki jumlah kromosom dan sifat yang cenderung sama dengan sel induknya. Proses pembelahan yang terjadi pada Mitosis terdari dari beberapa tahap yaitu fase profase, metafase, anaphase, telofase.

Ciri Ciri Proses Mitosis

Secara umum terdapat beberapa karakteristik yang terdapat pada proses Mitosis yang dapat kalian pahami, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Pembelahan pada proses mitosis hanya akan terjadi sebanyak satu kali.
  2. Sel yang dihasilkan dari proses mitosis berjumalah dua buah sel anakan.
  3. Jumlah kromosom sel yang dimiliki oleh anak akan sama dengan jumlah kromosom sel yang ada pada induknya.
  4. Sifat yang dimiliki oleh sel anak sama dengan sifat induknya.
  5. Proses pembelahan sel ini terjadi pada sel-sel somatik (sel tubuh).
  6. Pembelahan sel ini bertujuan untuk memperbanyak sel-sel seperti pertumbuhan atau perbaikan dari sel yang rusak.
  7. Tahapan dari proses mitosis ini terdiri dari interfase, profase, metafase, anafase, dan telofase. Tetapi, umumnya tahapan tersebut akan kembali ke tahap semula.

Baca Juga : Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Tahapan Proses Mitosis

Pada umumnya, Mitosis akan melalui 4 Fase didalam proses pembelahan selnya untuk memperoleh sel anakan, yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Prophase, dimana fase terdapat perubahan yang terjadi pada Sitoplasma dan juga Nukleus yang mengakibatkan bunga kormatin menjadi lebih pendek dan menebal.
  • Metaphase, dimana fase ini akan membuat kromosom yang ada pada mitosis tersebar kebagian tengah dari sel tersebut serta kromosom ini akan tersusun dengan rapi yang terletak disepanjang bidang Equator.
  • Anaphase, ini adalah fase ke tiga dimana didalamnya terdapat Sentromer yang akan membelah diri untuk menjadi dua kromantid dan masing-masing dari kromantid tersebut akan terbentuk dan mulai belaku sebagai kromosom yang baru.
  • Telophase, dimana fase ini sudah terbentuk membran nucleus yang baru. Selanjutnya benang spindel akan mulai menghilang dan dua buah nucleus baru akan mengakibatkan terjadinya pembelahan di bagian tengah sel.

Definisi Meiosis

Meiosis merupakan sebuah proses pembelahan sel yang terjadi pada sel-sel kelamin dari sebuah oragnisme yang melakukan proses reproduksi dengan cara generatif ataupun seksual.

Pembelahan meiosis biasanya dikenal juga sebagai proses dari pembelahan sel yang terjadi secara reduksi, sebab proses ini akan menghasilkan sel anak yang memiliki jumlah kromosom yang hanya setengah dari induknya.

Ciri Ciri Proses Meiosis

Secara umum terdapat beberapa karakteristik yang terdapat pada proses Meiosis yang dapat kalian pahami, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Proses ini hanya terjadi pada sel kelamin.
  2. Jumlah sel yang terdapat pada anaknya yaitu 4.
  3. Kromosom yang terdapat pada proses ini memiliki ukuran 1/2 dari induknya.
  4. Pada proses ini akan mengalami dua kali pembelahan.
  5. Proses ini membutuhkan jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pembelahan sel mitosis.

Baca Juga : Perbedaan Difusi Dan Osmosis

Tahapan Terjadinya Meiosis

Pada proses Meiosis terdapat dua tahapan pembelahan sel yang terjadi melalui beberapa tahap, yaitu diantaranya adalah :

Tahapan Meiosis 1

Pada tahapan ini terdiri dari beberapa fase yang harus dilalui oleh pembelahan Meiosis, yaitu diantaranya adalah :

  • Prophase, salah satu fase dimana Kromosom pada meiosis sudah mulai terbentuk melalui Kromantid serta sudah terbentuk juga Spindel, sedangkan pada fase ini Membran Nukleus akan mulai terpisah.
  • Metaphase, salah satu fase dimana benang Spindel akan tersebar dari unjung ke ujung hingga menempel pada bagian Sentromer yang ada pada Kromosom.
  • Anaphase, salah satu fase dimana Kromosom akan ditarik ke bagian ujung yang berlawanan serta setiap isi dari Kromosom Diploid akan selalu menjadi Diploid.
  • Telophase, salah satu fase dimana Kromosom yang ditarik sudah sampai dibagian ujung yang berlawanan.
  • Sitokinesis, salah satu fase dimana Kromosom akan mulai terpisah serta akan memperoleh dua sel baru.

Tahapan Meiosis 2

Secara umum, tahapan ini cenderung sama dengan tahapan dari Meiosis yang pertama, yaitu diantaranya adalah :

  • Profase, salah satu fase dimana Kromantid sudah mulai melekat pada sentromer.
  • Metafase, salah satu fase dimana bagian equator sudah mulai memiliki kromosom beserta dengan benang spindel yang membentang dari kutub yang bagian ujungnya melekat disetiap sentromer.
  • Anafase, salah satu fase dimana Kromosom akan ditarik oleh kutub-kutub yang berlawanan pada tahapan ini nah pada bagian inilah kromosom diploid akan berubah menjadi diploid.
  • Telofase, salah satu fase dimana Kromosom-kromosom yang ada sudah sampai ke bagian kutub yang terdiri dari empat inti. Sedangkan pada setiap inti dari keempat inti tersebut akan mendapatkan setengah pasang dari kromosom dan juga 1 duplikat DNA.
  • Sitokinesis, salah satu fase dimana Sel-sel yang terdapat pada pembelahan sel akan mulai mengalami pemisahan yang akhirnya memperoleh empat sel Haploid.

Baca Juga : Contoh Tumbuhan Dikotil

Perbedaan Meiosis dan Mitosis

Setelah kita menyimak beberapa penjelasan diatas, kita dapat mengetahui apa saja perbedaan yang terdapat pada proses reproduksi Mitosis dan Meiosis, yaitu diantaranya :

MitosisMeiosis
Terjadi pada semua sel tubuh.Terjadi pada sel gonad.
Memiliki satu tahapan pembelahan dalam satu siklus.Memiliki dua tahapan pembelahan dalam satu siklus.
Tidak memiliki pasangan kromosom homolog.Memiliki pasangan kromosom homolog.
Tidak adanya pertukaran segmen kromosom.Adanya pindah silang segmen kromosom.
Terjadi pada sel romantik.Terjadi pada sel gonad.
Fase Mitosis terdiri dari profase, metafase, anafase dan telofase.Fase Meiosis terdiri dari profase I dan II, metafase I dan II, anafase I dan II, telofase I dan II.
Bertujuan untuk masa pertumbuhan.Bertujuan untuk mempertahankan diploid.
Sel anak bersifat diploid atau 2n.Sel anak bersifat haploid atau n.
Setiap pembelahan satu sel akan menghasilkan dua sel baru.Setiap pembelahan satu sel akan menghasilkan empat sel baru.
Apa perbedaan dari pembelahan sel Mitosis dan Meiosis?

Mitosis adalah proses pembagian sel dimana hasilnya adalah dua sel anak. Sebaliknya, Meiosis adalah adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat gamet.

Apa tujuan dari proses pembelahan sel Mitosis dan Meiosis?

Mitosis bertujuan untuk masa pertumbuhan dari satu makhluk hidup. Sedangkan Meiosis bertujuan untuk mempertahankan adanya diploid yang terdapat disetiap tubuh organisme.

Apa perbedaan antara Haploid dan Diploid?

Didalam sel Diploid terdapat dua set lengkap (2n) dari kromosom. Sebaliknya, dalam sel Haploid hanya terdapat setengah dari jumlah kromosom (n) diploid.

Sekian informasi pada kesempatan kali ini tentang Perbedaan Mitosis dan Meiosis, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk para pembaca.