Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan

Posted on
Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan

Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan – Serupa tapi tak sama, istilah ini lah yang sangat cocok digunakan untuk menggambarkan Ilmu dan Pengetahuan. Kedua istilah ini pasti sudah sering terdengar ditelinga kita semua.

Namun, tak jarang juga dari kita yang menganggap bahwa Ilmu dan Pengetahuan itu adalah dua unsur yang sama. Padahal kedua unsur ini memiliki perbedaan yang sangat mendasarinya.

Ingin tahu apa saja perbedaan dari Ilmu dan Pengetahuan? Yuk kita simak bersama-sama ulasan kali ini mengenai Ilmu dan Pengetahuan beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.

Definisi Ilmu

Ilmu adalah sebuah pengetahuan mengenai suatu hal yang sudah disusun secara sistematis berdasarkan dengan berbagai fakta, baik berupa pengetahuan yang bersifat natural atau social yang berlaku secara umum dan juga sistematis.

Definisi lain adalah Ilmu merupakan sebuah pengetahuan yang sudah di atur berdasarkan dengan apa yang telah tertata atau di urutkan seacara menyluruh dan juga sistematis.

Baca Juga : Perbedaan Ekonomi Makro Dan Mikro

Contoh Dari Ilmu

Bahasa ialah salah satu contoh dari Ilmu, oleh sebab itu bahasa berlaku secara umum dan sistematis. Siapa, kapan, dan di mana pun, apabila ada seseorang yang ingin mempelajari suatu bahasa, harus melalui beberapa tahapan, seperti berbicara, mendengar, membaca, dan menulis.

Hal ini lah yang membuktikan bahwa bahasa adalah sebuah ilmu yang mempunyai sifat umum dan sistematis yang dijadikan sebagai dasar atau acuan.

Jadi, siapa yang dimaksud denga guru bahasa? Guru bahasa adalah ilmu bahasa itu sendiri, sedangkan untuk pengajarnya adalah pengampu atau pemangku atau penghubung dari ilmu bahasa.

Definisi Pengetahuan

Pengetahuan dapat dikatakan sebagai informasi yang telah diketahui oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang kebenarannya masih belum duji dan dikaji lebih mendalam lagi. 

Secara umum, Pengetahuan adalah suatu hal yang kita ketahui baik itu terhadap suatu objek atau hal lainnya, sehingga pengetahuan sangat mungkin untuk menjadi ilmu apabila sudah melalui proses pengujian dan dikaji kebenarannya.

Contoh Dari Pengetahuan

Salah satu contoh dari Pengetahuan adalah praktek dukun atau ilmu supranatural, dimana seorang pelaku dari kegiatan tersebut di sebut sebagai paranormal, dapat dikatakan bahwa ini bermanfaat dan benar adanya.

Namun, karena kegiatan ini sifatnya masih Individu/Kelompok atau tidak systematis, apabila ada seseorang yang ingin mempelajarinya memerlukan guru khusus. Dalam hal ini Guru dijadikan sebagai acuan yang harus di ikuti.

Jadi kesimpulannya adalah, Pengetahuan dapat di jadikan sebagai ilmu apabila sudah di melalui proses pengujian dan sistematis sehingga setiap orang dapat mempelajarinya dengan terbuka atau secara umum.

Perbedaan Ilmu Dan Pengetahuan

Dibawah ini terdapat beberapa aspek yang dapat kalian pahami untuk melihat perbedaan apa saja yang terdapat didalam Ilmu dan Pengetahuan, yaitu diantaranya adalah :

1. Menurut Sifatnya

Ilmu dapat dikatakan bersifat umum dan menyeluruh, oleh karena itu, sebuah ilmu merupakan pengetahuan yang bisa dipelajari oleh siapa saja dan bisa dikaji lebih lanjut lagi.

Sedangkan, Pengetahuan justru lebih bersifat personal atau tertutup, hal ini berarti bahwa pengetahuan hanya milik seseorang atau sekelompok orang.

Dimana pengetahuan diperoleh karena hasil usaha yang dilakukan oleh seseorang secara sadar atas pemahamannya terhadap sebuah ilmu yang ia dapatkan.

2. Menurut Informasi Yang Diolah

Jika dilihat dari informasi yang didapat ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan dalam proses pengolahan informasi tersebut. Dalam Ilmu justru lebih cenderung kepada pengolahan informasi atau segala sesuatu dengan menggunakan teori, cara, dan, metode ilmiah tertentu lainnya.

Sedangkan, pada Pengetahuan hanya dapat mengetahui sebuah informasi atau segala sesuatu secara terbatas atau dapat dikatakan bahwa pengetahuan hanya sekedar menerima informasi saja.

Baca Juga : Perbedaan Mitosis Dan Meiosis

3. Berdasarkan Dengan Metode Pembuktian

Perbedaan yang paling menonjol dari kedua unsur ini adalah Metode Pembuktian. Didalam Ilmu, metode pembuktiannya bersifat objektif, sebab sebuah ilmu harus memberikan kepastian terhadap objek yang sudah dikaji dan tentunya dapat diyakini dengan benar keabsahannya.

Sedangkan, didalam Pengetahuan, metode pembuktiannya bersifat subjektif karena hal ini hanya diambil dari pemikiran seseorang atau sekelompok orang saja. Pengetahuan yang belum melalui proses pengujian dari kebenarannya dapat dikatakan hanya asumsi dari manusia itu sendiri.

4. Berdasarkan Objek Yang Disampaikan

Objek kajian dari suatu ilmu harus dilakukan dengan memakai sebuah penelitian dengan menggunakan metode tertentu agar dapat mengurangi kesalahan yang terjadi.

Kepastian dan kebenaran yang diperoleh dari suatu ilmu bersifat tidak terbantahkan sebab sudah melalui proses pengkajian.

Hal tersebut sangat berbeda dengan pengetahuan, karena didalam pengetahuan hanya menyajikan sebuah informasi yang kebenarannya masih belum melalui proses pengujian dan juga belum dikaji.

5. Berdasarkan Kebenarannya

Salah satu perbedaan yang cukup menonjol antara ilmu dan pengetahuan adalah menurut hasil kebenarannya. Sebuah ilmu sudah dapat dipastikan kebenarannya karena sudah melalui proses penelitian yang didukung oleh beberapa fakta-fakta.

Sedangkan dalam sebuah pengetahuan, kebenarannya masih belum dapat dipastikan karena masih belum melalui proses penelitian secara ilmiah.

Dari hasil penjelasan yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa beberapa perbedaan dari Ilmu dan Pengetahuan tersebut akan saya sajikan dalam bentuk tabel, yaitu :

PerbedaanIlmuPengetahuan
KebenarannyaBerfifat umum dan menyeluruh.Bersifat tertutup atau personal.
Informasi Yang DiolahPengolahan Informasi menggunakan teori, cara, dan, metode ilmiah. Hanya dapat mengetahui sebuah informasi atau segala sesuatu secara terbatas.
KarakteristikMempunyai sebuah sistem yang sudah disusun secara sistematis.Masih belum disusun secara sistematis.
JangkaunIlmu memiliki jangkaun yang lebih luas.Pengetahuan memiliki jangkauan yang terbatas.
Metode PembuktianMenggunakan metode pembuktian yang bersifat objektif.Menggunakan metode pembuktian yang bersifat subjektif.

Baca Juga : Perbedaan Bangsa Dan Negara

Apa yang dimaksud dengan Ilmu dan Pengetahuan?

Ilmu dapat diartikan sebagai pengetahuan mengenai suatu objek yang disusun secara bersistem serta berdasarkan dengan metode tertentu. Sedangkan, Pengetahuan diartikan sebagai informasi yang telah diketahui oleh seseorang atau sekelompok orang yang kebenarannya masih belum duji lebih mendalam lagi. 

Apa saja ciri dari Ilmu?

1. Mempunyai suatu dasar yang menjadi pembenaran.
2. Penyusunannya bersifat sistematik.
3. Bersifat intersubjektif.

Dari mana Ilmu dan Pengetahuan itu berasal?

Ilmu kerap disamakan dengan sains yang berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “science”. Kata “science” itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu dari “scio”, atau “scire” yang yang berarti pengetahuan.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini tentang Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan, semoga membantu dan menambah wawasan baru bagi para pembaca.