Perbedaan Etika dan Moral

Posted on
Perbedaan Etika Dan Moral

Perbedaan Etika dan Moral – Istilah dari Etika dan Moral sangat sering kita dengar yakni digunakan untuk menggambarkan tindakan atau perbuatan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun keduanya memiliki makna yang sama menurut pandangan orang awam. Namun, terdapat perbedaan yang mendasari antara keduanya.

Mengingat betapa pentingnya menaati Etika dan Moral didalam lingkungan masyarakat, yuk kita simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Etika?

Etika adalah sebuah norma atau peraturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam berperilaku dilingkungan masyrakat yang berhubungan dengan baik dan buruknya sifat seseorang.

Secara etimologis, asal mula kata Etika ini dari bahasa Yunani Kuno yakni “Ethikos” yang berarti muncul dari suatu kebiasaan. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan Etika mempunyai sudut pandang yang Normatif yang mana objeknya adalah manusia dan kelakuannya.

Baca Juga : Tujuan Otonomi Daerah

Karakteristik Etika

Terdapat beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakan Etika dengan jenis norma yang lainnya, yaitu antara lain :

  • Etika akan tetap berjalan walaupun tidak ada orang lain yang melihatnya.
  • Norma yang satu ini bersifat absolut ataupun mutlak.
  • Didalam etika terdapat sudut pandang yang dilihat dengan batin manusia.
  • Didalam etika sangat berhubungan tindakan atau perilaku dari manusia.

Jenis – Jenis Etika

Setelah menyimak penjelasan yang ada diatas Etika dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Jenis Etika Filosofis

Secara umum, Etika Filosofi yaitu salah satu etika yang berasal dari aktivitas dan cara berpikir yang dilakukan oleh manusia. Pada etika jenis ini terbagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu :

  1. Empiris, yaitu sebuah cabang ilmu filsafat yang membahas tentang sesuatu yang ada.
  2. Non-Empiris, yaitu cabang ilmu filsafat yang berusaha melalui sesuatu yang sudah ada seperti menanyakan hal yang ada dibalik semua gejala permasalahan yang sudah ada.

2. Jenis Etika Teologis

Pada umumnya, Etika Teologis dapat kita temukan pada setiap agama. Misalnya pada agama Kristen, Etika Teologis merupakan salah satu jenis etika yang berasal presuposisi-presuposisi mengenai Allah atau Yang Ilahi.

Baca Juga : Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Apa itu Moral?

Moral diartikan sebagai hukum yang sudah diterapkan kepada setiap masing-masing individu dalam rangka bersosialisiasi, sehingga akan terjalin rasa untuk saling hormat dan menghormati satu sama lain.

Tidak hanya itu saja, moral juga dapat dikatakan sebagai hal yang berkaitan dengan tingkah laku manusia seperti akhlak, budi pekerti, dan mental, yang membentuk karakter manusia itu sendiri sehingga mereka dapat menilai tentang hal yang baik dan buruk.

Macam – Macam Moral

Setelah kita menyimak penjelasan yang ada diatas, Moral akan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

  1. Moral Ketuhanan, yaitu salah satu Moral yang berhubungan dengan hal keagamaan berdasarkan dengan ajaran tertentu.
  2. Moral Kesusilaan, yaitu salah satu Moral yang berhubungan dengan kesusilaan yang dipatuhi oleh masyarakat setempat.
  3. Ideologi, adalah salah satu Moral yang berhubungan dengan semangat kebangsaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga negara.
  4. Moral Disiplin dan Hukum, adalah semua hal yang berkaitan dengan kode etika dan juga aturan hukum yang berlaku.

Baca Juga : Perbedaan Debit Dan Kredit

Perbedaan Moral dan Etika

Setelah melihat beberapa penjelasan yang ada diatas, kita dapat menyimpulkan perbedaan apa saja yang terdapat pada Etika dan Moral, yaiti sebagai berikut :

Etika Moral
Etika adalah ilmu filsafat yang mempelajari tentang baik buruknya sesuatu.Moral adalah sebuah kebiasaan yang muncul didalam kehidupan masyarakat.
Akal dan pikiran menjadi sumber yang paling mendasar dari Etika.Masyarakat itu sendiri yang menjadi sumber paling mendasar dari Moral.
Etika tidak selalu diikuti dengan Moral.Moral harus diikuti dengan Etika.
Dalam Etika bersifat Filosofis.Dalam Moral bersifat Praktis.
Apa yang dimaksud dengan Etika dan Moral?

Kata Etika ini dari bahasa Yunani Kuno yakni “Ethikos” yang berarti muncul dari suatu kebiasaan. Sebaliknya, Kata Moral berasal dari bahasa latin yaitu “moralis” yang berarti karakter, tata cara atau perilaku yang tepat.

Apa hubungan antara Etika dan Moral?

Etika dan Moral sangat berhubungan erat dan tidak bisa dipisahkan, sebab kedua unsur ini memiliki makna yang hampir sama yaitu adat dan kebiasaan.

Mengapa kita harus mempelajari tentang Etika?

Karena didalam Etika kita diajarkan untuk dapat membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang buruk.

Sekian pembahasan dari artikel kali ini tentang Perbedaan Etika dan Moral, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi para pembaca..