Perbedaan Efektif Dan Efisien

Posted on

Mungkin banyak sebagian orang bahkan kita pribadi yang belum tahu apa itu Efektif dan efisien. Efektif dan efisien merupakan sebuah dua kata yang sedikit membingungkan, sedangkan di antara keduanya kalimatnya mungkin terdengar mirip, namun memiliki artian yang berbeda.

Didalam dunia kerja bahkan Bisnis, kata efektif dan efisien mungkin sering sekali digunakan, Penggunaan dua kata tersebut untuk mengukur kinerja seseorang, apakah efektif, atau efisien.

Namun tetapi suatu pekerjaan akan bisa di katakan sukses jika berjalan dengan cara yang efektif dan efisien, pernahkah kita berfikir lebih mendalam apa perbedaan antara efektif dan efisien.

Supaya tidak saling tertukar kedua kata tersebut maka kami akan membahas perbedaan efektif dan efisien secara detail.

Mari simak penjelasannya di bawah ini :

Pengertian Efektif Dan Efisien

Pebedaan-Efektif-Dan-Efisien

Sebuah kata agar dapat menjadi Efektif Dan efisien adalah, keinginan setiap organisasi maupun individu, karena dengan mencapai kedua hal tersebut maka kita harus memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga kita lebih produktif dalam bekerja.

Tetapi kalau tidak ada pemahaman yang benar tentang arti efektif dan efisien, tentu kita tidak akan dapat mencapai kedua hal tersebut, berikut masing – masing penjelasan dari kedua makna tersebut :

Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Pengertian Efektif adalah cara mencapai sesuatu tujuan dengan pemilihan cara yang benar dan tepat dari beberapa alternatif, yang kemudian mengimplementasikan pekerjaan tersebut dengan tepat sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang maksimal.

Dengan kata lain, Efektif adalah sebuah usaha untuk mendapatkan target, tujuan, atau hasil yang diharapkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu, tanpa memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan.

Pekerjaan yang efektif berhubungan dengan suatu perencanaan, penjadwalan dan pengeksekusian keputusan yang tepat, guna suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya berhasil dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian dari kata Efisien yaitu, sebuah cara untuk mencapai tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal, atau sedikit mungkin namun hasilnya dapat mencapai target yang maksimal. Kuncinya adalah dapat mengolah sumber daya dengan baik dan hemat sehingga dana, waktu dan tenaga tidak banyak terbuang.

Adapun kata lain efisien memiliki arti mengerjakan sesuatu dengan rasio terbaik antara hasil dan sumber daya. Efisien juga mengharuskan seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan tepat waktu.

Pekerjaan efisien sendiri dapat direncanakan dengan mengevaluasi, membuat perbandingan antara masukan dan pengeluaran yang diterima pada suatu pekerjaan sebelumnya.

Sehingga nantinya dapat menemukan cara yang efisien atau cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan.

Perbedaan Efektif Dan Efisien

PerbedaanEfektifEfisien
ArtiMelaksanakan suatu kegiatan sesuai tujuan dan targetMelaksanakan suatu kegiatan dengan optimal sesuai tujuan dan target (cepat, tepat, hemat)
Memperhatikan HasilIyaIya
Memperhatikan Waktutidakiya
Memperhatikan Usahatidakiya

Perbedaan Efektif

  1. Efektif merupakan perlakuan yang sesuai dengan apa yang di inginkan.
  2. Efisien ialah bekerja yang menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa adanya pemborosan.

Perbedaan Efisien

  1. Efisien adalah hemat biaya tenaga atau pun waktu untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih maksimal lagi.
  2. Efektif adalah dapat mencapai tujuan yang maksimal dari apa yang di harapkan,

Jadi setiap proses yang efektif belum tentu efisien, bahkan sebaliknya suatu proses yang di katakan efisien belum tentu juga efektif, oleh karena itu betapa pentingnya menyelaraskan antara efektif dan efisien ini agar setiap tujuan organisasi atau pun pribadi dapat tercapai dengan baik.

Contoh Efektif Dan Efisien

Pada umumnya, seseorang menginginkan sesuatu hal yang efektif dan efisien. Namun tetapi keduanya tidak selalu beriringan, walau pun terkadang dapat efektif namun tidak efisien, sedangkan efisien namun tidak efektif, sehingga tidak bisa di katakan efisien dan tidak juga efektif.

Disini kami akan mengambil contoh “Dina hendak mengunjungi Kalimantan di waktu libur kuliah”. Disini kami akan menjelaskan beberapa contoh penerapan mana yang efektif dan mana yang efisien.

Contoh Penerapan Efektif

Jika Dina berangkat ke Kalimantan menggunakan pesawat terbang, maka Dina harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.800.000 dengan waktu perjalanan 3 jam.

Dengan begini, Dina melakukan aktivitas yang efektif, tetapi tidak efisien. Hal ini dikarenakan Dina mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menempuh perjalanan ke Kalimantan.

Contoh Penerapan Efisien

Apabila Dina berangkat ke Kalimantan menggunakan Bus Bisnis seharga Rp. 150.000 dan jarak waktu yang di tempuh Dina 17 jam.

Maka dapat pula dikatakan bahwa Dina melakukan suatu perjalanan yang efisien, tetapi kurang efektif. Hal ini dikarenakan Dina memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tujuannya.

Contoh Penerapan Efektif dan Efisien

Jika Dina menginginkan sesuatu yang efektif dan efisien. Dina juga harus memikirkan harga transportasi yang terbilang cukup murah dengan waktu yang terbilang cepat juga.

Dengan demikian, mungkin Dina dapat menggunakan transportasi yang berupa kereta api, yang harganya lebih murah dan durasi waktu tidak terlalu lama juga.

Tips Bekerja Yang Efektif Dan Efisien

Sebagai orang yang menjadikan kinerja sebagai salah satu poin yang sangat penting maka tips tentang bekerja atau pun beraktifitas agar efektif dan efisien adalah hal yang wajib kita diketahui.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi referensi agar bisa bekerja secara efektif dan efisien. Sebenarnya tips di bawah yang akan kami sampaikan tidak merta tentang pekerjaan, tapi bisa kamu gunakan di beberapa kondisi misalnya bagaimana belajar efektif dan efisien, sebenarnya hampir sama cuma beda konteks saja.

Berikut adalah tips bekerja efektif dan efisien :

Menggunakan Skala Prioritas

Sering sekali didalam kehidupan sehari-hari kita dipertemukan dengan kondisi yang harus memilih sebuah pilihan diantara beberapa pilihan yang penting.

Jika demikian maka menggunakan skala prioritas adalah hal yang wajib kamu pertimbangkan, dengan mempertimbangkan pilihan yang hasilnya segera dibutuhkan bisa membantu kamu dalam menetukan pilihan mana yang bisa kamu ambil.

Aspek ini adalah bagian dari bekerja efektif, sesuai dengan yang benar-benar kamu butuhkan.

Menggunakan Dasar Tingkat Kesulitan

Ketika kamu sudah memilih pilihan yang harus segera kamu kerjakan, maka tahapan selanjutnya adalah menetapkan bagian dari pekerjaan yang bisa dikerjakan dilihat dari tingkat kesulitaanya.

Delegasi

Saat rencana sudah disusun, pilihan sudah ditentukan dan diurutkan bedasarkan tingkat kesulitan, maka selanjutnya adalah eksekusi.

Nah ketika kita berhadapan dengan kondisi seperti seringnya cara kita berpikir adalah pola-pola How.

Maksudnya? Yup itu tentang bagaimana pekerjaan itu bisa diselesaikan. Ilustrasi sederhana, misalkan kamu akan membuka sebuah restoran Padang, kamu sebernarnya tidak harus memahami semuanya.

Boleh-boleh saja, tapi tidak wajib bahkan sebaiknya tidak, malah jika kamu berusaha memahami semuanya mulai dari belanja, memasak, meracik bumbu, mengelola, buka cabang dan seterusnya bisa menimbulkan masalah.

Secara hasil akan jauh lebih efektif dan efisen ketimbang kamu kerjakan sendiri.

Susun Rencana

Kebaikan yang tidak terencana akan mudah dikalahkan dengan kejahatan yang terencana.

Ungkapan ini jelas mengggambarkan gimana begitu pentingnya memulai sesuatu dengan perencanaan. Dengan adanya perencanaan paling tidak bisa mengurangi resiko kesalahan.

Memang tidak ada jaminan, tapi sebagian besar sesuai yang direncanakan biasanya memiliki hasil yang lebih baik dari pada tanpa direncanakan.

Penutup

Sebenarnya terkait efektif dan efisien siapapun itu baik individu, organisasi, bahkan perusahaan dapat menerapkannya secara sekaligus, dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Namun diantara kedua kalimat tersebut tidak selalu berjalan bersama, terkadang bisa efektif namun tidak efisien, atau efisien tapi tidak efektif, atau lebih parah lagi tidak efisien dan tidak efektif.

Mudah-mudahan dengan penjelasan di atas semoga kita dapat memahami dengan benar bagaimana sebenarnya makna dari kata efektif dan efisien. Semoga bermanfaat

Baca Juga :