Perbedaan DNA Dan RNA

Posted on
Perbedaan DNA dan RNA

Perbedaan DNA Dan RNA – DNA dan RNA bukan istilah yang asing lagi ditelinga kita, terlebih lagi bagi seseorang yang sedang mendalami ilmu Biologi. Bahkan kedua istilah tersebut sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

Meskipun kedua istilah tersebut memiliki kesamaan fungsi dan kegunaannya, namun kedua istilah ini memiliki beberapa perbedaan yang perlu kalian ketahui.

Apa saja yaaa perbedaannya? Yuk kita simak bersama-sama pembahasan dari DNA dan RNA beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya, seperti dibawah ini.

Definisi Deoxyribonucleic Acid (DNA)

DNA (deoxyribonucleic acid) atau disebut sebagai asam deoksiribosa nukleat (ADN) adalah sebuah molekul identitas yang terdapat didalam tubuh dari setiap makhluk hidup yang biasa disebut sebagai gen keturunan dari orang tuanya.

Didalam sebuah DNA banyak sekali tersimpan materi yang bertugas untuk membentuk kromosom-kromosom dan juga informasi genetika yang terdapat didalam tubuh dari setiap makhluk hidup.

Baca Juga : Perbedaan Mitosis Dan Meiosis

Deoxyribonucleic acid (DNA) menjadi sebuah kode genetik yang nantinya akan bertugas untuk menentukan bagaimana bentuk dari suatu organisme baru, atau dengan kata lain DNA ini mempunyai kode untuk membuat RNA.

Fungsi Deoxyribonucleic Acid (DNA)

Pada dasarnya, DNA berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan atau penentu dari karakteristik Bilogis suatu makhluk hidup yang sesuai dengan apa yang telah diatur oleh koneksi pada molekul yang sangat spesifik.

Namun, tidak hanya itu saja fungsi dari DNA itu sangat luas, yaitu sebagai berikut :

  • Bertugas sebagai pembawa informasi genetik yang berasal dari generasi ke generasi.
  • Berfungsi sebagai pengontrol kehidupan secara langsung dan tidak langsung.
  • Sebagai temapat untuk menghasilkan protein didalam tubuh.
  • Berfungsi sebagai pewarisan sifat dari orang tuanya.
  • Bertugas sebagai katalis secara otomatis atau penggandaan diri.
  • Sebagai pengarah sintetis dari suatu RNA yang terdapat pada sebuah proses kimia atau transkripsi.

Definisi Ribonucleic Acid (RNA)

Ribonucleic Acid (RNA) adalah sebuah makromolekul yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menyalurkan informasi genetik dalam mengkode, dekode, regulasi, dan ekspresi gen yang lainnya.

Umumnya RNA ini terdapat pada bagian sitoplasma, terkhususnya di daerah ribosom. RNA ini terbagi menjadi dua macam golongan yakni RNA genetik serta RNA non-genetik.

RNA Genetik yang dimaksud disini adalah sebuah RNA yang berperan seperti DNA sebagai penyalur informasi genetik. Sedangkan, pada RNA Non-genetik adalah sebuah RNA yang bertugas pada saat terjadinya proses sintesis protein saja.

Baca Juga : Perbedaan Difusi Dan Osmosis

Fungsi Ribonucleic Acid (RNA)

Umumnya, terdapat beberapa fungsi dari RNA didalam tubuh dari setiap makhluk hidup yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menyalurkan sebuah informasi genetika.
  • Berperan sebagai proses sintesa protein.
  • Mampu menduplikat dan meregulasi suatu gen yang ada didalam tubuh manusia.
  • Berfungsi sebagai prantara dari DNA dan protein didalam sebuah proses ekspresi dari suatu genetik, sebab berlaku untuk semua organisme hidup.

Perbedaan Antara DNA Dengan RNA

Perbedaan DNA Dan RNA

Sekarang sudah dapat kita simpulkan bahwa, terdapat beberapa perbedaan yang mendasari kedua istilah Biologi ini, yaitu diantaranya adalah :

Deoxyribonucleic Acid (DNA)Ribonucleic Acid (RNA)
Berfungsi sebagai pengendalia dari suatu ktivitas genetis.Berfungsi sebagi pengendali dari suatu sintesis protein saja.
Umumnya hanya terdapat pada inti sel saja.Umumnya terdapat pada beberapa organel sel.
DNA adalah sebuah gugus asam amino yang berbentuk rantai ganda.RNA adalah sebuah gugus asam aminoyang berbentuk rantai pendek.
Gugus Gula yang menjadi penyusun dari sebuah DNA adalah Deoksirobosa.Gugus Gula yang menjadi penyusun dari RNA adalah Ribosa.
Didalam DNA terdapat 3 basa Nitrogen yaitu Purin, Pirimidin, dan juga Gugus Fosfat.Didalam RNA hanya terdapat 2 basa Nitrogen yaitu Purin dan juga Pirimidin.
Kadar didalam DNA bersifat statis sebab tidak dipengaruhi oleh aktivitas sintesis protein.Kadar didalam RNA dapat berubah karena adanya sebuah aktivitas sintesis protein.

Baca Juga : 10 Perbedaan Dikotil Dan Monokotil

Apa itu DNA dan juga RNA?

DNA atau Asam Ribonukleat adalah sebuah materi yang membentuk suatu kromosom-kromosom yang menyimpan informasi genetik didalam tubuh dari setiap makhluk hidup. Sebaliknya, RNA adalah makromolekul yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menyalurkan informasi genetik.

Apa saja penyusun dari DNA dan juga RNA?

DNA adalah sebuah polimer yang terdiri dari satuan-satuan berulang yang disebut sebagai Nukleotida. Sedangkan, RNA tersusun dari grup fosfat dan juga gula ribosa yang membentuk sebuah pita heliks tunggal serta gugus protein sebagai mata rantainya, yang terdiri dari Cytosin, Guanin, Urasil dan juga Adenin.

Apa fungsi dari Asam Nukleat yang terdapat didalam DNA dan juga RNA?

Asam Nukleat yang terdapat didalam DNA dan RNA sangat berperan penting sebagai pembawa dari informasi genetik serta berfungsi sebagai penentu sifat dari suatu makhluk hidup.

Sekian pembahasan dari artikel kali ini mengenai Perbedaan DNA dan RNA didalam sebuah organel sel, semoga ulasan kali ini membantu kalian semua untuk memahaminya.