Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Posted on
Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Perbedaan Cuaca Dan Iklim – Iklim dan Cuaca adalah dua unsur yang berbeda. Namun tak sedikit pula diantara kita masih menganggap bahwa dua unsur tersebut sama.

Bagi para yang belum mengetahui apa saja perbedaan yang terdapat didalam kedua unsur ini, mari kita simak pembahasan yang terdapat dibawah ini.

Apa itu Cuaca?

Cuaca dapat diartikan sebagai suatu keadaan dari atmosfer bumi yang berlangsung dalam periode waktu yang sangat singkat dan terjadi disuatu daerah yang sangat sempit atau wilayah lokal.

Keadaan ini bisa terjadi akibat adanya sebuah perbedaan antara kelembapan udara serta suhu yang terdapat disebuah daerah dengan daerah yang lainnya.

Meteorologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengamati adanya perubahan cuaca. Didalam Negara Indonesia terdapat beberapa cabang ilmu yang mengamati tentang cuaca seperti Klimatologi, Meteorologi dan juga Badan Geofisika (BMKG) yang pusatnya berada diwilayah Jakarta.

Baca Juga : Konsep Geografi Lengkap Dengan Pengertian dan Contoh

Contoh Cuaca :

  1. Sudah seminggu ini cuaca yang terjadi di Kota Bandar Lampung sedang tidak stabil.
  2. Di Afrika Selatan, sebagian wilayah di Negara ini mempunyai cuaca yang panas dan berangin sejuk.
  3. Sejak bulan Mei hingga bulan September Indonesia sedang dilanda cuaca yang panas.

Apa itu Iklim?

Iklim adalah sebuah keadaan yang diamati berdasrkan hasil hitungan rata-rata cuaca yang sedang terjadi pada suatu wilayah yang cukup luas dan juga memerlukan jangka waktu yang lumayan lama.

Umumnya, perubahan Iklim akan terjadi selama 10 hingga 30 tahun, hal ini dipengaruhi oleh letak Topografi dan Geografi yang terdapat pada suatu wilayah yang menyebabkan adanya perbedaan sinar matahari terhadap wilayah tersebut.

Letak matahari yang berada disebuah wilayah khatulistiwa akan mengakibatkan wilayah ini mempunyai Iklim Tropis. Namun, pada daerah yang hanya terkena sedikit sinar matahari akan mempunyai Iklim Subtropis.

Contoh Iklim :

  • Sebuah negara yang memiliki Iklim Subtropis akan mengalami musim salju.
  • Di Afrika Selatan terdapat beberapa iklim yang berbeda karena hal ini dipengaruhi oleh ketinggian dan juga arus laut.
  • Dunia ini memiliki dua perbedaan iklim yaitu Iklim Tropis dan Subtropis.

Baca Juga : Iklim Matahari

Unsur Pengaruh Dari Iklim dan Cuaca

Secara umum, ada beberapa unsur yang mem

1. Cahaya Matahari

Sebagai unsur yang pertama, matahari merupakan pusat dari sebuah sistem tata surya, dimana semua planet yang ada dibumi ini mengelilingi matahari pada porosnya yang dikenal dengan Rotasi.

Sebaliknya, bumi yang berputar mengelilingi matahari dikenal dengan Revolusi. Kedua hal itu lah yang menyebabkan adanya perubahan iklim dan cuaca.

2. Tekanan Udara

Sebagai unsur yang kedua, Tekanan Udara adalah ukuran dari beratnya massa udara yang terdapat pada suatu daerah. Untuk mengukur massa udara kita dapat memakai sebuah alat yang dikenal dengan sebutan Barometer.

3. Suhu Udara

Adanya perbedaan tingkat radiasi cahaya matahari yang masuk kedalam permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perbedaan suhu udara terhadap daerah yang satu dengan yang lainnya.

4. Angin

Adanya angin karena dipengaruhi oleh tekanan udara yang terjadinya pada suatu wilayah. Apabila terdapat tekanan udara yang berbeda di antara dua derah maka udara yang terdapat disalah satu derah tersebut akan berpindah kederah lain yang memiliki tekanan udara cukup rendah.

5. Awan

Awan merupakan sekumpulan uap air atau kristal yang berjumlah cukup besar dan berada dilapisan atmosfer. Ketika musim kemarau berlangsung kita jarang menemui kumpulan awan. Sebaliknya, jika musim hujan kita akan sering menemukan awan yang terbentuk.

6. Curah Hujan

Hujan merupakan sebuah proses mencairnya awan yang kemudian turun kepermukaan bumi dalam bentuk air. Tingkat curah hujan yang berlangsung di suatu daerah akan diukur dengan memakai alat yang dinamakan dengan Obrometer.

Baca Juga : Tekanan Gas – Pengertian, Hukum, Rumus, Alat Ukur Dan Contohnya

Perbedaan Iklim dan Cuaca

Setelah kita menyimak beberapa penjelasan yang ada diatas, kita dapat menyimpulkan perbedaan apa saja yang terdapat dalam kedua hal ini, yaitu diantaranya :

Cuaca Iklim
Cuaca memiliki cakupan daerah yang terbatas.Iklim memiliki cakupan daerah yang luas.
Waktu berlangsungnya cuaca hanya 24 jam.Waktu berlangsungnya iklim selama 11 tahun.
Bersifat cepat berubah dan tidak stabil.Bersifat sangat stabil dan sangat sulit berubah.
Cuaca lebih mudah untuk diprediksi.Iklim sangat sulit untuk diprediksi.
Apa itu Iklim dan Cuaca?

Iklim yaitu suatu keadaan yang diamati berdasrkan hasil hitungan rata-rata cuaca yang sedang terjadi pada suatu wilayah yang cukup luas. Berbeda dengan Cuaca, Cuaca yaitu suatu keadaan sebuah atmosfer bumi yang berlangsung dalam periode waktu yang sangat singkat dan terjadi disuatu daerah yang sangat sempit.

Apa yang menjadi penyebab dari terjadinya Perubahan Iklim dan Cuaca?

Perubahan Cuaca dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu dan kelembapan udara pada suatu wilayah. Sebaliknya, Perubahan Iklim diakibatkan karena semakin tingginya konsentrasi dari CO2 dan gas lainnya pada atmosfer yang mengakibatkan efek gas rumah kaca.

Alat apa yang dipakai untuk mengukur Tekanan Udara dan Curah Hujan?

Alat yang dipakai untuk menghitung Tekanan Udara dan Curah Hujan adalah Barometer dan Obrometer.

Sekian penjelasan dari ulasan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan baru bagi kita semua.